Kebiasaan Kebersihan Bagi Anak-Anak

Dipublish tanggal: Mei 27, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kebiasaan Kebersihan Bagi Anak-Anak

Kebiasaan Kebersihan Bagi Anak-Anak

Kebiasaan kebersihan yang baik dimulai sejak dini
Memiliki kebiasaan higienis yang baik melibatkan lebih dari sekedar mencuci tangan. Mengajari anak-anak Anda untuk memiliki rutinitas kebersihan yang sehat ketika mereka masih muda dapat menciptakan kebiasaan yang bertahan sepanjang hidup mereka. Gunakan panduan artikel berikut  ini, dan ajari anak-anak Anda kebiasaan kebersihan yang baik.

Mencuci rambut
Sebagian besar anak kecil dapat mencuci rambut mereka dua atau tiga kali per minggu. Mencuci rambut terlalu sering dapat mengeringkan kulit kepala muda, membuatnya lebih rentan terhadap ketombe.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ketika anak-anak memasuki usia remaja dan remaja, efek hormon pubertas mulai terasa, terkadang membuat rambut mereka berminyak. Mencuci rambut dengan sampo mungkin tidak diperlukan setiap harinya.

Mandi
Anak-anak kecil kemungkinan dapat menyukai kebiasaan mandi atau membencinya. Pastikan anak tahu untuk memasukkan kain ke dalam air sabun sebelum menggosok bagian tubuh dan kemudian ke dalam air bilasan sebelum diulang.

Perawatan kulit
Balita dan anak-anak prasekolah masih membutuhkan orang tua untuk membantu mereka merawat kulit. Noda kulit seperti yang biasa terjadi pada usia ini:

  • ruam
  • benjolan
  • kopeng

Sebelum anak Anda berpakaian setelah mandi, bantu mereka memeriksa kulit mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk memastikan tidak adanya kelainan kulit yang perlu diobati.

Perawatan kulit untuk remaja
Seperti rambut mereka, kulit remaja menjadi lebih berminyak karena pubertas. Sejumlah obat penghilang jerawat dijual di pasaran, tetapi orang terkadang dapat mengabaikan manfaat dari hanya mencuci dengan air dan sabun ringan. 

Ajari anak remaja Anda untuk mencuci muka dua hingga tiga kali sehari dan untuk menghindari memencet jerawat. Sedangkan untuk rias wajah, pastikan anak Anda tahu bahwa berbagi alat rias wajah dapat menyebarkan infeksi dan bahwa tidur dengan rias wajah dapat mendatangkan malapetaka pada kulit mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kebersihan mulut
Membersihkan gigi dan gusi dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, termasuk bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit jantung di kemudian hari. Anak Anda harus menyikat dan menggunakan benang floss setidaknya dua kali sehari, jika tidak setiap kali selesai makan. Anak-anak yang lebih besar dapat membawa perlengkapan sikat gigi di ransel mereka sehingga mereka dapat menyikat di sekolah.

Perawatan ketiak
Mencuci ketiak dan memakai deodoran menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh para remaja.  Keringat mulai menjadi bau badan pada usia yang berbeda, tetapi sering mulai sekitar 9 atau 10 tahun.

Bicaralah dengan anak Anda tentang pentingnya mencuci di bawah lengan mereka, terutama setelah latihan olahraga. Tergantung pada seberapa banyak anak Anda berkeringat, Anda mungkin ingin memilih antiperspiran, bukan hanya deodoran. Deodoran mengendalikan bakteri dan menambahkan aroma, sementara antiperspirant juga membantu meminimalkan keringat.

Mencuci tangan
Mencuci tangan adalah bagian integral dari kebersihan yang baik. Mencuci sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di tanah atau dengan hewan peliharaan, dan setelah berhubungan dengan seseorang yang sakit adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman. Beri tahu anak Anda tentang pentingnya menggosok tangan dengan sabun.

Kuku
Kuku adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Kuman yang hidup di bawah kuku anak Anda dapat dengan mudah dipindahkan ke mata, hidung, dan mulut mereka. 

Bantu anak Anda dalam menyikat kuku yang baik dan menggosok kotoran dari bawah kuku mereka sebelum tidur. Menggunting kuku mingguan akan membantu menghilangkan kotoran dan mengurangi kemungkinan kuku yang tumbuh ke dalam.

Toileting
Ajari mereka untuk membersihkan secara menyeluruh dari depan ke belakang area genital dan mencuci tangan mereka setelah selesai. Kebiasaan sehat ini akan membantu meminimalkan iritasi dan mencegah infeksi.

Siklus menstruasi
Begitu anak perempuan mulai memakai riasan dan mulai menstruasi, ada beberapa kebiasaan higienis khusus untuk kebutuhan mereka. Dorong putri Anda untuk menyimpan grafik siklusnya sehingga dia akan tahu kapan harus menyediakan produk-produk kesehatan wanita. Siklus menstruasi mungkin tidak teratur untuk dua tahun pertama, jadi bantulah dia belajar untuk dipersiapkan.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Top hygiene tips for your tween. (2014, October 15). Retrieved from (https://health.clevelandclinic.org/2014/10/top-hygiene-tips-for-your-tween/)
Teaching your child good personal hygiene. (n.d.) Retrieved from TeensHealth: (https://health.clevelandclinic.org/2014/10/top-hygiene-tips-for-your-tween/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app