Ketahui Keampuhan Daun Sirih Untuk Mengobati Mimisan

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Keampuhan Daun Sirih Untuk Mengobati Mimisan

Beberapa orang dapat mengalami mimisan saat terlalu lama berada di bawah matahari, kelelahan berolahraga, atau terbentur bola saat bermain. Biasanya, daun sirih paling banyak diandalkan untuk membantu menghentikan perdarahan akibat mimisan. Namun, apakah benar manfaat daun sirih bisa mengobati mimisan? Kira-kira ini mitos atau fakta, ya?

Benarkah daun sirih dapat mengobati mimisan?

Mimisan adalah istilah umum yang digunakan oleh masyarakat awam saat seseorang mengalami perdarahan di lubang hidung. Penyebab mimisan sendiri ada banyak, misalnya karena terjadi cedera pada hidung, alergi, kadar trombosit menurun, atau faktor lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mimisan tidak dapat disepelekan karena bisa menjadi pertanda bahwa ada penyakit atau gangguan tubuh lainnya. Oleh karena itulah, mimisan harus segera diatasi supaya perdarahannya lekas berhenti. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk orangtua kita mempercayai bahwa daun sirih berkhasiat untuk mengobati mimisan. Ternyata, hal tersebut benar dan terbukti oleh berbagai penelitian yang telah dilakukan. Daun sirih ditemukan berpengaruh positif terhadap proses percepatan penyembuhan luka pada tubuh.

Baca Selengkapnya: Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Bagaimanakah cara kerjanya ?

Mimisan dapat dikatakan sembuh apabila darah dari hidung berhenti mengalir. Normalnya, tubuh sudah memiliki fungsi sistem tersendiri untuk menyembuhkan luka dengan menghentikan pendarahan melalui proses pengentalan darah. Setelah itu, luka secara alami akan menutup saat darah berhenti mengalir. 

Daun sirih mengandung berbagai zat, salah satunya tannin yang dapat membantu mempercepat proses perhentian keluarnya darah. Selain itu, manfaat daun sirih juga dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh Anda. Semakin kuat imun, maka semakin cepat pula penyembuhan lukanya.

Namun, banyak juga masyarakat yang tidak mempercayai hal ini dan menganggap bahwa daun sirih justru berbahaya bila digunakan untuk mengobati mimisan. Pasalnya, mereka menganggap ujung daun sirih yang runcing dan tajam akan berbahaya bila dimasukkan ke dalam hidung dan menambah luka di dalam hidung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada juga masyarakat yang lebih memilih untuk tidak menggunakan daun sirih saat mengobati mimisan. Mereka lebih menyarankan penderita mimisan untuk menyondongkan tubuhnya ke depan agar darah yang keluar tidak masuk ke saluran pernapasan

Ada juga yang menyuruh untuk mengompres hidung dengan es. Kemudian bagian hidung dilap atau diseka dengan handuk basah agar darah cepat berhenti mengalir.

Berbagai cara berbeda yang dipilih masyarakat mungkin membantu, namun tidak menghilangkan fakta bahwa memang manfaat daun sirih terbukti ampuh untuk membantu menghentikan pendarahan pada mimisan. Dengan ketentuan, diperhatikan pula kebersihan dan higienitas daun sirih yang digunakan serta caranya saat memasukkan ke hidung haruslah hati-hati.

Berbagai manfaat lain daun sirih bagi luka

Daun sirih diketahui memiliki sifat antibakteri, anti-peradangan, dan analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Kombinasi ketiga sifat tersebut akan membuat daun sirih lebih cepat menyembuhkan luka. Sebab, sifat-sifat tadi akan membuat tubuh terhindar dari infeksi atau iritan lain, sehingga luka lebih cepat membaik. 

Selain itu, daun sirih juga memiliki manfaat seperti antidiabetik, melindungi hati, mencegah hipertensi, dan mengandung antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit kronis.

Baca Selengkapnya: 27 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita dan Pria

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan

Untuk meraup manfaat daun sirih dalam mengobati mimisan ternyata sangat mudah dan sederhana. Pertama, ambillah satu atau dua helai daun sirih yang sudah Anda pastikan kebersihannya. Setelah itu, daun sirih tersebut digulung kemudian dimasukan ke dalam hidung yang berdarah. 

Tekan dengan perlahan, tidak perlu menekannya terlalu keras karena justru akan berbahaya. Tunggu beberapa saat sekitar 2-5 menit sampai darah mulai berhenti mengalir.

Jadi, apabila Anda atau orang di sekitar Anda memgalami mimisan, Anda bisa membantunya dengan menyarankan menggunakan daun sirih seperti yang telah dijelaskan di atas. Selain untuk menghentikan mimisan, manfaat daun sirih untuk tubuh juga sangat banyak. Apakah Anda tertarik untuk menanam tanaman sirih di halaman rumah Anda ? 

Baca Juga: Cara Aman Menghilangkan Keputihan dengan Daun Sirih

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Betel leaf: Revisiting the benefits of an ancient Indian herb. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3892533/)
Tedjasulaksana, Regina & Nahak, Maria & Larasati, Ratih. (2017). Effectivity of Betel Leaf (Piper betle L.) Gel Extract in Shortening Bleeding Time After Deciduous Tooth Extraction. Bali Medical Journal. 6. 31. 10.15562/bmj.v6i1.374.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/312510921_Effectivity_of_Betel_Leaf_Piper_betle_L_Gel_Extract_in_Shortening_Bleeding_Time_After_Deciduous_Tooth_Extraction)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app