Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan

Dipublish tanggal: Jul 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan

Daun sirih dikenal sebagai obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi daun sirih juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Manfaat daun sirih untuk kecantikan antara lain ampuh mengobati jerawat, mencegah bau badan, menurunkan berat badan, dan masih banyak lainnya. 

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan

1. Meredakan Jerawat

Daun sirih efektif untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah, dada, dan punggung karena bersifat antijamur dan antibakteri. Sementara minyak esensial di dalamnya akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang meradang.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Cuci daun sirih hingga bersih lalu seduh dengan air panas. Jadikan sebagai masker, tempelkan lembaran daunnya yang sudah layu pada wajah. Airnya juga bisa digunakan untuk mencuci wajah. Perawatan ini bisa diulangi setelah 7 hari.

2. Membersihkan Vagina

Kebersihan daerah kewanitaan harus selalu dijaga. Apabila kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan bermasalah, maka hal ini dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Mencuci bagian vagina tidak cukup hanya dengan air biasa saja. Sebenarnya banyak produk yang menawarkan sabun untuk kebersihan daerah kewanitaan, namun alangkah baiknya bila menggunakan bahan-bahan alami saja. Daun sirih dapat menjadi pengganti sabun untuk membersihkan vagina. 

Cuci lalu rebus daun sirih, diamkan hingga menjadi suhu ruang. Gunakan untuk membilas vagina saat mandi.

Mencegah bau badan

Estradiol dan klavikula dalam daun sirih mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Daun sirih juga bersifat anti bakterial yang mencegah bau tidak sedap pada keringat. 

Konsumsi air rebusan daun sirih, diusahakan 1 gelas setiap hari. Bisa juga dengan cara menempelkan daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

3. Menyegarkan nafas

Minyak esensial alami yang terdapat di dalam daun sirih dapat membantu menyegarkan nafas, melindungi mulut dari kuman penyebab bau mulut, bakteri dan patogen oral. Daun sirh berkhasiat ini juga dapat mencegah kerusakan gigi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setelah menyikat gigi.

4. Menurunkan berat badan

Daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sekresi pencernaan, meningkatkan sistem metabolisme, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semua manfaat berikut penting dalam upaya penurunan berat badan.

Cuci bersih lalu konsumsi air rebusan daun sirih, diusahakan 1 gelas setiap hari.

5. Mencegah rambut rontok

Beberapa penelitian merekomendasikan penggunaan daun sirih untuk mengatasi masalah rambut rontok

Campurkan tumbukan daun sirih dengan minyak kelapa, kemudian oleskan ke seluruh bagian kulit kepala. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan shampoo.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Betel Nut: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/betel_nut/supplements.htm)
Betel leaf: Revisiting the benefits of an ancient Indian herb. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3892533/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app