Kebiasaan Sehat

Kenali Daun Sirih dan Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Mar 16, 2019 Update terakhir: Mar 5, 2020 Tinjau pada Apr 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Daun Sirih dan Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan

Saat mendengar kata daun sirih, apa yang terlintas di pikiran Anda pertama kali? Ya, pasti pikirann Anda langsung tertuju pada para nenek-nenek jaman dahulu yang sedang mengunyah sesuatu di mulutnya sehingga mulutnya akan terlihat bewarna kekuningan. 

Memang benar ‘menyirih’ sudah menjadi suatu tradisi yang mengakar kuat di sebagian besar wilayah Indonesia dan sudah dilakukan dari jaman dahulu oleh para nenek-nenek dan mungkin masih banyak dilakukan juga di jaman modern sekarang ini terutama di desa-desa atau kampung tertentu. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain digunakan untuk ‘menyirih’, ternyata daun sirih juga banyak dipakai sebagai obat-obatan dalam dunia pengobatan herbal. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat ajaib dari daun sirih untuk tubuh dan kesehatanmu.

Apa itu daun sirih?

Daun sirih termasuk dalam golongan tanaman Piperaceae atau pepper, berbentuk seperti hati, berwarna hijau agak mengkilap, dan rasanya menyerupai cengkeh. Sirih merupakan salah satu tanaman “abadi” karena dapat hidup untuk waktu yang lama. 

Daun sirih tumbuh di beberapa negara di Afrika, Madagascar dan Asia, yaitu India, Malaysia, Sri Lanka, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, daun sirih sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang sudah digunakan sejak berabad-abad lalu secara turun temurun. 

Menurut University of Calcutta, daun sirih memiliki kemampuan untuk membunuh radikal bebas dan mencegah penuaan sel, namun selain daunnya, bagian lain dari sirih terutama biji dan batangnyan ternyata tidak baik bagi kesehatankarena dapat menyebabkan kanker. Hanya daunnya sajalah yang aman, berkhasiat baik, dan bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat daun sirih bagi keseahtan

Di dalam daun sirih terdapat berbagai macam zat kandungan seperti tannin, chavicol, phenyl, propane, sesquiterpene, cyneole, alkaloid, gula, dan minyak esensial. Khasiatnya pun sangat banyak, di antaranya sebagai zat anti jamur, zat anti bakteri, bekerja seperti expectorant (obat batuk), dan termasuk makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual. 

Umumnya cara mengonsumsi daun sirih adalah dengan mengunyahnya langsung atau diseduh menjadi teh. Berikut ini ialah manfaat daun sirih yang baik untuk kesehatan, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Mengobati penyakit asma

Penyakit yang memiliki gejala sesak napas atau napas yang tersengal-sengal ini ternyata mampu dan ampuh diobati oleh daun sirih. Caranya mudah, Anda hanya perlu siapkan 4-5 lembar daun sirih, rebus daun tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja.

Minum rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2-3 gelas sehari. Dengan begitu, penyakit asma Anda secara bertahap akan semakin membaik.

2. Menyembuhkan radang tenggorokan

Radang tenggorokan walaupun bukan termasuk penyakit yang serius, namun pastinya tetap menganggu mood dan kesehatan Anda. Nah, untuk menyembuhkan radang tenggrokan, Anda bisa meminum rebusan dari daun sirih ini.

Anda hanya tinggal merebus 4-5 lembar sirih, lalu minum air rebusannya. Gejala seperti suara yang serak, perih saat menelan dan batuk-batuk pun dijamin akan mereda dengan cepat. 

Namun, perlu diingat bahwa air rebusan ini hanya perlu Anda minum ketika sakit tenggorokan saja. Bila Anda sudah merasa baikan, Anda bisa menghentikan minum rebusan air daun sirih ini. 

3. Mengobati penyakit mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sering dan paling rentan terkena infeksi dan peradangan. Hal ini disebabkan karena mata sering terbuka dan banyak allergen serta polutan yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, yang membuat mata menjadi gatal, merah dan terasa pedih dan sakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Namun, jangan khawatir karena rebusan daun sirih dapat bermanfaat untuk mengobati iritasi pada mata dan mengurangi rasa sakit. Caranya juga tergolong mudah, ambil 1-2 lembar daun suruh, rebus dengan air mendidih 1gelas lalu diamkan sampai tidak panas lagi.

Setelah itu, kompres matamu dengan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukanlah beberapa kali sampai matamu terasa lebih sehat dan segar.

4. Melancarkan menstruasi dan merawat organ intim kewanitaan

Bagi Anda yang sering mengalami masalah terlambat datang haid, maka Anda bisa mencoba mengonsumsi rebusan air daun sirih selama haid berlangsung. Bila Anda juga mengalami masalah akan kebersihan organ intim kewanitaan seperti keputihan, Anda bisa membasuh orgam intim dengan air rebusan daun sirih.

Caranya, rebus 5 -10 lembar daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaanmu.

Karena khasiat daun sirih yang sangat baik untuk organ intim kewanitaan, maka tidak heran bila di pasar umum dan supermarket sekarang ini banyak sekali merek-merek besar yang menawarkan air pencuci organ intim kewanitaan dengan ekstrak sirih.

Cukup banyak bukan manfaat daun sirih bagi kesehatan, apalagi untuk Anda kaum wanita. Yuk, kembali ke obat-obatan herbal dan rasakan sendiri manfaat alaminya bagi tubuh dan kesehatan.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Betel leaf: Revisiting the benefits of an ancient Indian herb. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3892533/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app