Kanker Tiroid Anaplastik - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 30, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tiroid Anda adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di bagian depan bawah leher Anda. Hormon-hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid dibawa ke seluruh tubuh untuk membantu mengatur panas dan energi.

Kanker tiroid anaplastik adalah salah satu dari empat jenis kanker tiroid. Kanker tiroid anaplastik sangat jarang terjadi. Kanker ini bermetastasis, atau menyebar, dengan cepat ke organ lain. Kanker tiroid anaplastik adalah salah satu kanker paling agresif pada manusia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Apa yang menyebabkan kanker tiroid anaplastik?

Para peneliti masih belum yakin tentang penyebab pasti dari kanker tiroid anaplastik. Kanker ini mungkin merupakan mutasi dari bentuk lain dari kanker tiroid. Kanker tiroid anaplastik juga bisa merupakan hasil dari serangkaian mutasi genetik, meskipun belum ada yang yakin mengapa mutasi ini terjadi. Namun, tampaknya kanker ini tidak diturunkan dalam keluarga.

Hal-hal tertentu dapat meningkatkan risiko terkena kanker tiroid anaplastik, termasuk:

  • Seseorang yang berusia 60 atau lebih
  • Memiliki gondok
  • Mengalami paparan radiasi sebelumnya di daerah dada atau leher

Tanda dan gejala kanker tiroid anaplastik

Kanker tiroid anaplastik merupakan kanker yang cepat bekembang. Hal ini berarti gejala dapat berkembang hanya dalam beberapa minggu. Beberapa gejala pertama yang mungkin Anda temui adalah:

  • benjolan atau nodul di leher
  • kesulitan menelan makanan atau pil obat
  • dada tertekan dan sesak napas saat Anda berbaring telentang

Saat kanker tumbuh dan berkembang, Anda mungkin juga mengalami beberapa hal,sebagai berikut:

Bagaimana cara mencegah terjadinya kanker tiroid anaplastik?

Masih belum ada cara yang diketahui untuk mencegah kanker tiroid anaplastik pada rata-rata orang yang berisiko. Namun, jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan peningkatan kanker tiroid, Anda dapat memilih untuk menghilangkan kelenjar  tiroid Anda untuk mencegah kanker yang berkembang. Keputusan Anda dapat didasarkan pada saran dan arahan dari konselor genetik. 

Bagi orang yang tinggal kurang lebih 10 mil dari pembangkit listrik tenaga nuklir, obat yang disebut potassium iodide dapat diresepkan dan dikonsumsi jika terjadi kecelakaan nuklir. Obat ini dapat membantu mencegah efek radiasi pada kelenjar tiroid.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Diagnosa

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa leher Anda. Jika dokter merasa adanya benjolan yang bisa menjadi tumor, dokter kemungkinan akan merujuk Anda ke ahli endokrin atau onkologi untuk evaluasi lebih lanjut.

Untuk menentukan apakah benjolan tumor tersebut kanker atau tidak, Anda harus melakukan tindakan biopsi. Tindakan ini melibatkan pengambilan sampel jaringan kecil dari tumor menggunakan aspirasi jarum halus dan memeriksanya untuk tanda-tanda kanker.

Jika tumor tersebut ternyata bersifat kanker, langkah selanjutnya adalah mencari tahu stadium dari kanker tersebut. Kanker tiroid anaplastik tumbuh sangat cepat, sehingga hampir selalu didiagnosis pada stadium lebih lanjut.

Tes pencitraan, seperti CT scan pada leher dan dada Anda, akan memberikan dokter Anda gambaran yang lebih baik tentang seberapa besar tumor tersebut. Pemeriksaan tersebut juga akan menunjukkan seberapa jauh kanker telah menyebar.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin juga menggunakan laringoskop fleksibel. Laringoskop adalah tabung panjang dan fleksibel dengan kamera di ujungnya yang dapat membantu dokter menentukan apakah tumor tersebut mempengaruhi pita suara Anda.

Kanker tiroid anaplastik adalah kanker stadium 4. Tahap ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa tahap, sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19
  • Tahap 4A berarti kanker hanya ada di kelenjar tiroid Anda.
  • Tahap 4B berarti kanker telah menyebar ke jaringan di sekitar tiroid dan mungkin sampai ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 4C berarti kanker telah menyebar ke daerah yang jauh, seperti paru-paru, tulang, atau otak dan kelenjar getah bening.

Pengobatan

Kanker tiroid anaplastik membutuhkan pengobatan yang segera karena kanker ini dapat menyebar dengan cepat. Dalam kasus ini, pengobatan kanker hanya fokus pada memperlambat perkembangan kanker dan membuat seseorang yang mengalami kanker merasa nyaman.

Tidak seperti beberapa jenis kanker tiroid lainnya, kanker tiroid anaplastik tidak menanggapi terapi radioiodine atau penekanan hormon perangsang tiroid dengan tiroksin.

Dokter Anda akan mendiskusikan dengan Anda semua opsi pengobatan yang tersedia. Dokter dapat membantu Anda memilih pengobatan yang paling cocok untuk kondisi Anda.

Pilihan pengobatan lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker tiroid anaplastik yaitu:


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smith N, Nucera C. Personalized therapy in patients with anaplastic thyroid cancer: targeting genetic and epigenetic alterations. J Clin Endocrinol Metab. 2015;100(1):35-42. doi:10.1210/jc.2014-2803 (https://doi.org/10.1210/jc.2014-2803)
National Cancer Institute. Anaplastic thyroid cancer. Updated February 27, 2019. (https://www.cancer.gov/pediatric-adult-rare-tumor/rare-tumors/rare-endocrine-tumor/anaplastic-thyroid-cancer)
Columbia University Irving Medical Center. Columbia Thyroid Center. Anaplastic thyroid cancer. (https://columbiasurgery.org/conditions-and-treatments/anaplastic-thyroid-cancer)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app