Juling - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit

Nistagmus adalah suatu kondisi yang menyebabkan gerakan cepat salah satu atau kedua mata yang tidak disengaja. Nistagmus sering terjadi dengan masalah penglihatan.

Kondisi ini kadang-kadang disebut "dancing eyes".

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Apa Gejala Nistagmus?

Gejalanya meliputi gerakan mata yang cepat dan tidak terkendali. Arah gerakan menentukan jenis Nistagmus:

  • Nistagmus horisontal melibatkan gerakan mata ke sisi.
  • Nistagmus vertikal melibatkan gerakan mata ke atas dan ke bawah.
  • Rotari, atau torsional, Nistagmus melibatkan gerakan memutar.

Gerakan-gerakan ini dapat terjadi pada satu atau kedua mata tergantung pada penyebabnya.

Jenis nistagmus

Nistagmus terjadi ketika bagian otak atau telinga bagian dalam yang mengatur gerakan mata dan posisi tidak berfungsi dengan benar. Labirin adalah dinding luar telinga bagian dalam yang membantu Anda merasakan gerakan dan posisi. Ini juga membantu mengontrol gerakan mata. Kondisi ini bisa bersifat genetik atau didapat.

Sindrom nistagmus infantil
Nistagmus kongenital disebut infantile Nistagmus syndrome (INS). Ini mungkin kondisi genetik yang diturunkan. INS biasanya muncul dalam enam minggu pertama hingga tiga bulan kehidupan seorang anak. Jenis nistagmus ini biasanya ringan dan biasanya tidak disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasarinya. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit mata bawaan dapat menyebabkan INS.

Sebagian besar orang dengan INS tidak perlu perawatan dan tidak memiliki komplikasi di kemudian hari. NamunMasalah penglihatan dapat berkisar dari ringan hingga berat, dan banyak orang memerlukan lensa korektif atau memutuskan untuk menjalani operasi korektif.

Nistagmus akut didapat
Nistagmus akut dapat berkembang pada setiap tahap kehidupan. Ini sering terjadi karena cedera atau penyakit. Nistagmus didapat biasanya terjadi karena peristiwa yang mempengaruhi labirin di telinga bagian dalam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Kemungkinan penyebab Nistagmus didapat meliputi:

Apa saja Diagnosis yang diperlukan?

Jika Anda memiliki nistagmus bawaan, Anda harus berkonsultasi dokter mata yang disebut dokter mata jika kondisinya memburuk.

Dokter mata Anda dapat mendiagnosis Nistagmus dengan melakukan pemeriksaan mata. Mereka akan bertanya kepada Anda tentang riwayat medis Anda untuk menentukan apakah ada masalah kesehatan, obat-obatan atau kondisi lingkungan yang mungkin berkontribusi terhadap masalah penglihatan Anda. Hal yang dokter perlukan terkait pemeriksaan mata antara lain dengan mengukur visi Anda untuk menentukan jenis masalah penglihatan yang Anda miliki

melakukan tes refraksi untuk menentukan kekuatan lensa yang benar yang Anda perlukan untuk mengimbangi masalah penglihatan Anda.

Uji bagaimana mata Anda fokus, bergerak, dan berfungsi bersama untuk mencari masalah yang mempengaruhi kontrol gerakan mata Anda atau membuatnya sulit untuk menggunakan kedua mata bersama-sama

Jika dokter mata mendiagnosis Anda dengan Nistagmus, maka biasanya Anda akan dibawakan konsultan menuju ke dokter spesialis mata. Mereka juga dapat memberi Anda beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan di rumah untuk membantu Anda mengatasi nistagmus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Dokter mata Anda dapat membantu menentukan apa yang menyebabkan Nistagmus Anda. Pertama-tama mereka akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan kemudian melakukan pemeriksaan fisik.

Jika dokter Anda tidak dapat menentukan penyebab nistagmus Anda setelah mengambil riwayat Anda dan melakukan pemeriksaan fisik, mereka akan menjalankan beberapa pemeriksaan. Tes darah dapat membantu dokter Anda menyingkirkan kekurangan vitamin. Tes pencitraan, seperti CT scan, dan MRI dapat membantu dokter menentukan apakah ada kelainan struktural di otak atau kepala yang menyebabkan nistagmus.

Terapi Nistagmus

Perawatan untuk nistagmus tergantung pada apakah kondisinya bawaan atau didapat. Nistagmus bawaan tidak memerlukan perawatan, meskipun yang berikut dapat membantu meningkatkan penglihatan Anda:

  • kacamata
  • lensa kontak
  • peningkatan pencahayaan di sekitar rumah
  • perangkat pembesar

Kadang-kadang, nistagmus bawaan berkurang selama masa kanak-kanak tanpa perawatan. Jika anak Anda memiliki kasus yang sangat parah, dokter mereka mungkin menyarankan operasi yang disebut "tenotomi" untuk mengubah posisi otot yang mengendalikan gerakan mata. Pembedahan semacam itu tidak dapat menyembuhkan Nistagmus, tetapi dapat mengurangi struktur kelainan mata dan meningkatkan penglihatan.

Jika muncul nistagmus, pengobatan akan fokus pada penyebab yang mendasarinya. Beberapa perawatan umum untuk nistagmus yang didapat termasuk:

Nistagmus dapat membaik seiring waktu dengan atau tanpa pengobatan. Namun, Nistagmus biasanya tidak pernah hilang sepenuhnya.

Gejala Nistagmus dapat menyulitkan tugas sehari-hari. yang dapat membatasi mobilitas mereka dan mengharuskan mereka membuat pengaturan transportasi secara teratur.

Penglihatan yang tajam juga penting jika Anda menangani atau mengoperasikan peralatan yang berpotensi berbahaya atau peralatan yang membutuhkan ketelitian. Nistagmus dapat membatasi jenis pekerjaan dan hobi yang Anda miliki.

Tantangan lain dari Nistagmus yang parah adalah menemukan bantuan pengasuh. Jika penglihatan Anda sangat buruk, Anda mungkin perlu bantuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika Anda membutuhkan bantuan, penting untuk memintanya. Penglihatan terbatas dapat meningkatkan peluang cedera Anda.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app