Jatamansi: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2020 Waktu baca: 3 menit

Jatamansi merupakan tanaman herbal atau ramuan yang masuk dalam kategori Unani dan Ayurvedic atau obat yang digunakan selama berabad-abad secara tradisional India. Jatamansi memiliki nama ilmiah Nardostachys Jatamansi dan berasal dari pegunungan Himalaya.

Jatamansi juga berasal dari keluarga Verbenaceae, tumbuh pada dataran tinggi sekitar 3000-5000 meter dengan bunga yang berbentuk seperti lonceng berwarna pink. Biasanya jutamansi dapat ditemukan dalam bentuk akar dan bubuk, namun kebanyakan digunakan dalam bentuk minyak hasil penyulingan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Jatamansi memiliki banyak sebutan nama seperti spikenard, nard, nardin, dan muskroot dalam bahasa Inggris. 

Ramuan ini memiliki banyak manfaat untuk acara keagamaan, parfum, dan obat-obatan seperti dapat merawat kulit, mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, menghilangkan bau, dan banyak kegunaan lainnya seperti:

  • Memberikan warna hitam pada rambut
  • Membantu mengurangi hiperaktif pada anak dan rasa gelisah
  • Mengurangi rasa sakit dan pembengkakan
  • Membantu merelaksasi tubuh dan menenangkan pikiran
  • Digunakan sebagai analgestik dan diuretic di Unani
  • Mengobati cacingan

Apa saja kandungan Jatamansi?

Jatamansi memiliki berbagai macam kandungan gizi seperti actinidin, aristolene, karoten, karalen, klalarenol, kumarin, dihidro azulene, asam jatamanshinic, nardol, nardostachone, valerianol, valeranal, valeranone, elemol, virolin, angelivin, oroselol dan yang lainnya.

Kandungan aktif yang dimilikinya meliputi;

  • Jatamansone (valeranone)
  • Calarene
  • Aristolene
  • Valerena-4/7 (11) -diene
  • Desoxo-narchinol-A (DN)

Lalu terdapat berbagai macam zat biokimia yang ditemukan dalam jaramansi seperti asam ursolie, acacin, kanshone A, octacosanol, nardosinone, nardosinonediol, aristolen-9 beta-ol, asam oleanolic, beta-sitosterol.

Selain itu juga mengandung asam klorogenat, asam ferulic, asam syringic dan asam protocatechuic.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Dapatkan Onkologi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 19

Manfaat penggunaan Jatamansi

Banyak ragam manfaat dan kegunaan yang dimiliki jatamansi karena mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda, yaitu:

    • Merawat kulit, Jatamansi merupakan sebuah solusi untuk mengatasi masalah kulit akibat paparan dari debu dan kotoran yang menempel pada kulit. Jatamansi dapat mengobati infeksi jamur dan jerawat pada kulit. Ramuan ini juga dapat mengatasi dermatitis yang membuat kulit menjadi gatal, selain itu juga dapat mengobati psoriasis atau peradangan kronis.
    • Mencegah infeksi, Jamatansi memiliki kandungan sifat anti bakteri yang efektif digunakan untuk mencegah infeksi pada area yang terluka, bukan hanya bekerja dari luar melainkan menuntaskan bakteri sampai ke akarnya. Ramuan ini juga dapat berfungsi mengobati infeksi yang terjadi pada saluran kemih dan ginjal.
    • Mempercepat pertumbuhan rambut, rimpang jatamansi digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menangkal uban. Sebuah penelitan yang dilakukan pada hewan dengan menunjukan hasil bahwa ekstrak jatamansi terbukti dapat mempercepat 30% pertumbuhan rambut
    • Membantu tidur, jatamansi efektif digunakan sebagai obat penenang alami dan mengatasi insomnia. Salah satu penelitian menyatakan bahwa ramuan ini dapat meningkatkan kadar asam butirat gamma amino di otak yang membantu Anda untuk tidur nyenyak.
    • Mengurangi stress, jatamansi memiliki sifat anti stress karena aktivitas dari antioksidannya. Penelitian yang dilakukan pada tikus dengan memberikan ekstrak jatamansi dapat menghambat pembentukan ulkus lambung yang disebabkan oleh stress.
    • Melindungi hati, penelitian menyatakan bahwa jatamansi dapat melindungi organ hati dari dari serangan bahan kimia yang membahayakan. Penelitian lainnya dilakukan pada hewan dengan hasil efektif untuk meningkatkan kelangsungan hidup yang sebelumnya telah diberikan senyawa kimia berbahaya.
    • Meningkatkan daya ingat, jatamansi dikategorikan sebagai tonik otak yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan pada otak. Berdasarkan penelitian, ramuan ini juga dapat mengobati amnesia akibat penuaan.
    • Mengatasi penyakit Parkinson dan Alzheimer, jatamansi dapat digunakan untuk memperlambat cedera yang terjadi pada saraf dan mengurangi masalah koordinasi otot dalam tubuh, juga bekerja seperti obat penghambat kolinesterase yang digunakan untuk penderita Alzheimer.
    • Mencegah kanker, jatamansi secara tradisional telah digunakan untuk melawan kanker karena dapat memberikan efek anti-kanker. Salah studi menyatakan dalam penelitian in vitro bahwa ramuan ini dapat meningkatkan kematian sel dan menghambat siklus sel-sel kanker payudara.

    Efek samping penggunaan Jatamansi

    Penggunaan jatamansi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Konsumsi jatamansi dalam jumlah besar tidak sesuai dosis dapat menyebabkan diare karena jaramansi memiliki sifat anti pencahar.

    Beberapa efek samping seperti  mual, muntah, sering buang air kecil, dan kram perut dapat terjadi pada beberapa orang. Alergi saat mengkonsumsi jatamansi dapat terjadi karena kandungan kimianya.

    Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari penggunaan jatamansi karena dapat memicu terjadinya menstruasi.


    4 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    Nardostachys jatamansi (D.Don) DC.-Challenges and opportunities of harnessing the untapped medicinal plant from the Himalayas. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0378874119304106)
    An Important Indian Traditional Drug of Ayurveda Jatamansi and Its Substitute Bhootkeshi: Chemical Profiling and Antioxidant Activity. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3618914/)
    Nardostachys jatamansi Supplement — Health Benefits, Dosage, Side Effects. Examine.com. (https://examine.com/supplements/nardostachys-jatamansi/)

    Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit

    Pesan Pengiriman Obat Ini

    Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

    Chat di WhatsApp
    Buka di app