Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Jangan asal pilih, inilah jenis jenis olahraga sesuai usia

Membantu meningkatkan kekuatan otak seiring bertambahnya usia dan juga meningkatkan kekuatan otot dan koordinasi yang dapat membantu mencegah terjatuh ketika Anda berusia lanjut. Setiap fase kehidupan memiliki porsinya masing-masing, begitu juga dengan berolahraga.
Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.094.407 orang


Jangan asal pilih, inilah jenis jenis olahraga sesuai usia

Olahraga sangat baik untuk Anda, berapapun usia Anda. 

Berolahraga memiliki berbagai manfaat dari meningkatkan kepercayaan diri seorang anak di sekolah,  membantu meningkatkan kekuatan otak seiring bertambahnya usia dan juga meningkatkan kekuatan otot dan koordinasi yang dapat membantu mencegah terjatuh ketika Anda berusia lanjut. 

Setiap fase kehidupan memiliki porsinya masing-masing, begitu juga dengan berolahraga.

Olahraga untuk anak-anak  

Kebanyakan anak-anak akan mendapatkan waktu berolahraga yang mereka butuhkan hanya dengan menjadi anak-anak. Mereka berlarian, memanjat dan bermain di taman bermain, dan melakukan banyak kegiatan lainnya. 

Pastikan anak Anda memiliki banyak kesempatan untuk berlari, melompat, dan bermain setiap hari. Mereka harus mendapatkan setidaknya 1 jam aktivitas fisik setiap hari.

Olahraga untuk remaja 

Masa remaja adalah waktu yang tepat untuk seorang anak memilih olahraga favoritnya. Olahraga seperti badminton, sepakbola, bola basket, dan lainnya dapat dilakukan oleh remaja. Seperti anak-anak kecil, seorang remaja juga membutuhkan setidaknya 1 jam aktivitas fisik setiap hari.

Olahraga untuk usia 20-an 

Ketika Anda berusia 20-an, tubuh Anda dalam masa keemasan, Anda dapat melakukan olahraga apapun pada rentang usia ini. Anda harus mencoba berolahraga setidaknya 30 menit sehari sebanyak 5 hari seminggu. 

Ingat juga bahwa, seiring bertambahnya usia, Anda kehilangan kekuatan otot dan tulang. Jadi pastikan untuk rutin melakukan olahraga dari sekarang. Dengan begitu Anda dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan kehilangan massa otot yang terlalu masif pada usia lanjut.

Olahraga untuk usia 30-an  

Di usia 30-an, tubuh kita mulai kehilangan otot karena usia. Oleh karena itu latihan beban sangat penting pada masa ini. Anda dapat melakukan olahraga angkat beban untuk meningkatkan massa otot

Selain olahraga angkat beban, Anda dapat melakukan olahraga seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang atau melakukan Yoga. Lakukan variasi olahraga agar Anda tidak jenuh dan dapat mempertahankan kebiasaan berolahraga.

Olahraga untuk usia 40-an  

Pada masa ini adalah waktu dari hidup Anda yang paling penting untuk menjalani rutinitas olahraga. Tubuh kita secara alami mulai menurun di usia pertengahan. Otot-otot kita mulai kehilangan massa dan elastisitas. 

Sehingga dapat memperlambat metabolisme dan membuatnya lebih mudah untuk menambah berat badan. Pada usia 40an, baik pria maupun wanita mulai mengalami penurunan kadar hormon

Sehingga menyebabkan kenaikan berat badan, terutama di sekitar perut.Kenaikan berat badan dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.  Olahraga adalah cara terbaik untuk melawan semua perubahan ini. 

Anda dapat melakukan olahraga kardio seperti jalan pagi, berenang, atau melakukan senam.

Olahraga untuk usia 50-an 

Pada usia 50-an, Anda mungkin mulai mengalami lebih banyak rasa sakit dan nyeri setiap hari. Jangan biarkan ini menghentikan Anda dari berolahraga. 

Anda dapat menyesuaikan program latihan dengan menjalani kegiatan-kegiatan dengan intensitas rendah seperti berjalan, bersepeda, atau berenang yang tidak memberikan beban berat pada persendian Anda. 

Olahraga untuk usia 60-an 

Pada rentang usia ini Anda dapat mulai fokus pada meningkatkan fungsi koordinasi untuk pencegahan jatuh. Anda dapat melanjutkan latihan aerobik. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. 

Anda juga dapat melakukan latihan angkat beban atau latihan resistensi 2 hingga 3 kali seminggu untuk menjaga otot dan tulang tetap kuat. Dan mulailah bekerja dengan keseimbangan

National Institutes of Health merekomendasikan latihan harian untuk membantu Anda meningkatkan dan menjaga keseimbangan Anda. Latihan ini dapat dilakukan dengan berdiri dengan satu kaki, mengangkat kaki, dan berjalan dengan tumit menyentuh lantai terlebih dahulu. 

Lakukan hal-hal ini sekarang untuk mengatasi masalah keseimbangan di kemudian hari.

Olahraga untuk usia 70-an +

Di usia 70-an dan seterusnya, Anda perlu mempertahankan kekuatan dan fleksibilitas Anda. Dengan melakukan olahraga yang sesuai, dapat memberi Anda lebih banyak waktu untuk dapat mandiri. Anda dapat melakukan olahraga aerobik setiap minggu, apakah itu senam, berjalan, atau menari. 

Gunakan resistance band untuk menjaga otot tetap kuat. Terus lakukan latihan keseimbangan agar tidak jatuh. Luangkan waktu ekstra untuk pemanasan dan pendinginan agar Anda tidak mengalami cedera. Dan ingatlah untuk melakukan peregangan setiap hari untuk mempertahankan fleksibilitas Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit