Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Kebiasaan Sehat

Perut Buncit Bikin Tak Percaya Diri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Okt 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Perut Buncit Bikin Tak Percaya Diri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bentuk fisik tubuh menjadi salah satu hal yang menentukan kesan pertama seseorang terhadap orang lain. Selain soal karir dan prestasi cemerlang, tubuh sehat nan ramping akan memberikan nilai tambah positif di benak banyak orang. Namun lain halnya bila Anda mengalami perut buncit, tentu rasanya berbalik 180 derajat menjadi tidak percaya diri. Lantas, apa saja penyebab perut buncit dan bagaimana cara mengecilkan perut dengan cepat tapi sehat? Berikut ulasan lengkapnya.

Peran lemak terhadap fenomena perut buncit

Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis lemak, yakni lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan merupakan jenis lemak yang berada di balik kulit, sehingga tidak memiliki keterkaitan langsung dengan perut buncit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sedangkan lemak viseral adalah jenis lemak yang berada di bagian rongga perut dan memberikan pengaruh signifikan pada perkembangan hormon. Jadi sederhananya, perut buncit sebetulnya merupakan penumpukan lemak viseral yang membuat perut cenderung menonjol ke depan.

Perut buncit bisa diketahui dengan mudah melalui ukuran lingkar pinggang. Pria dapat disebut memiliki perut buncit jika lingkar pinggangnya sudah melebihi 102 cm, sementara perempuan melebihi ukuran 88 cm.

Apa penyebab perut buncit?

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab perut buncit, antara lain:

1. Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa merupakan kondisi di mana tubuh tidak bisa mencerna laktosa dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan perut jadi kembung dan bergas, sehingga tampak membuncit.

2. Iritasi usus

Irritable Bowel Syndrome atau IBS adalah iritasi usus yang terjadi di dalam perut. Kondisi ini dapat mengakibatkan perut kram dan terasa nyeri.

3. Faktor usia

Kalau diperhatikan, pertambahan usia juga rentan membuat ukuran perut ikut bertambah. Faktor usia diyakini membuat otot-otot di bagian perut jadi melemah, sehingga tidak mampu mencegah perut buncit. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Kurang istirahat

Hati-hati, orang yang kurang istirahat ternyata lebih berisiko mengalami perut buncit, lho! Menurut para ahli, orang yang jam tidurnya kurang dari 6 jam cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan, daripada yang tidurnya cukup.

Durasi tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam. Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup supaya tidak mengantuk di siang hari dan menurunkan risiko perut buncit.

5. Ascites

Ascites adalah penumpukan cairan di dalam perut akibat organ hati bermasalah, seperti sirosis hati. Kondisi ini menyebabkan perut tampak membesar dan terasa tidak nyaman.

6. Faktor keturunan

Selain gaya hidup kurang sehat, ternyata pengaruh gen dan hormon juga dapat membuat Anda memiliki perut buncit. Coba lihat anggota keluarga Anda, bila salah satu atau kedua orangtua memiliki perut buncit, maka Anda berisiko tinggi mengalami hal yang sama di masa mendatang.

7. Kebiasaan makan larut malam

Anda sering makan atau sekadar ngemil menjelang tidur alias larut malam? Kalau iya, maka tak heran jika kini perut Anda semakin membuncit dari hari ke hari.

Kebiasaan makan terlalu larut dapat membuat perut lebih lambat mencerna makanan, karena tubuh sudah lelah beraktivitas seharian. Apalagi kalau Anda langsung tidur setelah makan, maka makanan yang barusan dikonsumsi akan semakin lambat dicerna dan bisa menyebabkan perut buncit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca Selengkapnya: 8 Jenis Makanan Penyebab Perut Gendut

8. Stres

Stres berlebihan dapat merangsang produksi hormon kortisol, sehingga mengakibatkan lemak bertumpuk khususnya di daerah perut. Apalagi bila Anda melampiaskan stres dengan makan besar, maka risiko perut buncit tentu akan semakin besar terjadi.

Cara mengecilkan perut buncit dengan cara sehat

Perut yang dibiarkan terus membuncit tentu akan menambah ukuran celana dan baju, apalagi kalau tidak segera ditangani dengan baik. Namun tak perlu bingung, berikut berbagai cara mengecilkan perut buncit yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Latihan push up

Latihan push up dapat membantu menekan otot-otot bagian perut dengan optimal. Kombinasikan dengan berbagai gerakan menyamping ke kiri dan kanan supaya otot-otot perut kian terbentuk dengan sempurna dan menyamarkan perut buncit.

Baca Juga: 16 Manfaat Push Up untuk Pria dan Wanita

2. Istirahat cukup

Kalau ingin terhindar dari perut buncit, hindari kebiasaan tidur terlalu malam atau bahkan begadang. Biasakan istirahat selama 6-8 jam setiap malam supaya hormon tubuh berjalan seimbang dan menghindari risiko perut buncit.

3. Batasi asupan garam

Kunci terpenting untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan membatasi asupan garam. Sebab di dalam tubuh, garam diubah menjadi cairan akibat kandungan natrium.

Semakin banyak asupan garam, maka semakin banyak pula cairan yang terbentuk dalam tubuh. Oleh sebab itu, batasi asupan garam 5 gram sehari atau setara 1 sendok teh sesuai rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI.

4. Makanan sehat

Cara yang paling efektif dalam mengecilkan perut adalah memastikan tubuh selalu menerima makanan sehat. Perbanyaklah asupan sayur, buah, dan makanan mengandung lemak jenuh tunggal supaya perut tidak buncit serta tubuh tetap sehat.

Baca Selengkapnya: Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat dan Sehat

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit