Kesehatan Fisik

Ini yang Terjadi Pada Jantung Saat Anda Minum Alkohol

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Sep 16, 2020 Waktu baca: 1 menit
Ini yang Terjadi Pada Jantung Saat Anda Minum Alkohol

Kebanyakan orang sadar akan efek negatif alkohol pada tubuh. Minum terlalu banyak dapat mengubah kerja otak dan refleks, menyebabkan kenaikan berat badan dan menyebabkan kecanduan. Hubungan yang kompleks antara alkohol dan jantung belum dipahami dengan baik, terutama karena itu bukan asosiasi sederhana.

Seperti halnya obat-obatan, alkohol dapat menjadi baik atau buruk, tergantung pada keadaan. Para ahli berpendapat, kadar moderat  dapat bermanfaat bagi jantung jika Anda belum memiliki gangguan jantung seperti fibrilasi atrium.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan jantung melemah, yang dikenal sebagai kardiomiopati alkohol, atau memicu detak jantung tidak teratur yang kadang-kadang berakibat fatal, yang dikenal sebagai takikardia ventrikel. Minum alkohol terlaku banyak juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan stoke, dan juga dapat menyebabkan ketergantungan, menurut American Heart Association. Juga meningkatkan risiko fibrilasi atriuma atau gangguan irama jantung
Efek alkohol pada jantung

Tidak ada data langsung yang menunjukkan secara tepat apa yang terjadi pada jantung ketika kita minum alkohol. Hal ini karena sebagian besar penelitian bersifat observasional, kata Steven Nissen, MD, ketua departemen kedokteran kardiovaskular di Cleveland Clinic di Ohio. Ini berarti bahwa sejauh ini  studi yang ada tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat langsung.

"Agen yang kuat seperti alkohol mampu melakukan banyak hal pada tubuh," kata Dr Nissen. Tapi ketika orang dewasa minum dalam kadar moderat, ada juga manfaatnya bagi jantung: Alkohol dalam kadar moderat dapat meningkatkan HDL, atau kolesterol "baik". Alkohol dapat bertindak sebagai antikoagulan, membuat darah lebih cair dan terhindar dari penggumpalan.Plus, dapat mengurangi peradangan, yang memainkan peran penting dalam memicu serangan jantung dan stroke.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Alcoholic Cardiomyopathy: Causes, Symptoms, and Diagnosis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/alcoholism/cardiomyopathy)
Atrial fibrillation: Daily alcoholic drink riskier than binge drinking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326731.php)
AFib, Heart Rate, and Alcohol: Can Drinking Affect Your Heart Beat?. WebMD. (https://www.webmd.com/heart-disease/atrial-fibrillation/atrial-fibrillation-alcohol)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app