Ini Dia Trik Jitu Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia

Bila Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia tersebut, maka bisa beralih untuk mencegah nyamuk ada di sekeliling kita dengan cara alami. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu memasang kasa pada jendela rumah, menggunakan kelambu di tempat tidur, mencegah adanya genangan air, menaburkan bubuk pembunuh jentik nyamuk di penampungan air yang sulit dijangkau, menutup rapat tempat penampungan air, dan menanam tanaman yang dibenci oleh nyamuk seperti lavender.
Dipublish tanggal: Sep 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Bila musim hujan telah tiba biasanya diikuti dengan munculnya nyamuk yang semakin banyak. Tidak heran bila banyak para produsen yang menawarkan berbagai macam benda yang dapat menghindari dari serangan nyamuk. 

Mulai dari raket listrik pengusir nyamuk, obat nyamuk bakar, losion anti nyamuk, obat nyamuk listrik dan semprotan anti nyamuk. Meskipun banyak produk yang ditawarkan untuk mencegah serangan nyamuk, ternyata produk tersebut menggunakan campuran bahan kimia yang bisa berbahaya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Padahal untuk mengusir nyamuk tidak harus menggunakan bahan kimia, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan.

Kandungan yang terkenal untuk mencegah dari gigitan nyamuk adalah DEET. Kandungan bahan kimia ini memang bisa mencegah dari serangan nyamuk tetapi memiliki efek negatifnya yaitu jika menghirup atau menelan DEET dalam jumlah banyak akan menimbulkan efek samping terutama pada pernapasan. 

Efek samping tersebut berupa kesulitan bernapas, batuk, muntah, gemetar, sakit perut hingga kejang-kejang.

Sedangkan efek samping jika DEET terkena kulit dalam jumlah yang banyak dan waktu yang berkepanjangan maka dimungkinkan teerjadi iritasi berupa kulit seperti terbakar, melepuh, dan luka permanen pada kulit.

Begitu membahayakannya penggunaan bahan kimia pada alat pengusir nyamuk membuat Anda harus waspada. Bila Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia tersebut, maka bisa beralih untuk mencegah nyamuk ada di sekeliling kita dengan cara alami. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu memasang kasa pada jendela rumah, menggunakan kelambu di tempat tidur, mencegah adanya genangan air, menaburkan bubuk pembunuh jentik nyamuk di penampungan air yang sulit dijangkau, menutup rapat tempat penampungan air, dan menanam tanaman yang dibenci oleh nyamuk seperti lavender. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Yang paling penting, Anda harus selalu menjaga kebersihan di sekeliling tempat tinggal agar tidak dijadikan sarang nyamuk. Selain itu dengan adanya sensor visual dan suhu pada nyamuk dapat dimanfaatkan untuk memancing nyamuk masuk ke jebakan yang Anda buat. 

Jebakan seperti apa yang dimaksud? berikut adalah penjelasannya.

Pancing dengan sinar UV

Salah satu sinar yang dapat menarik nyamuk adalah sinar UV. Sinar UV yang sudah terbukti menarik perhatian serangga dan nyamuk adalah sinar UV-A. Dengan menghadirkan sinar ini maka Anda bisa memasang perangkap untuk mengusir nyamuk dari ruangan. 

 Nyamuk suka warna gelap

Dulu mungkin Anda pernah mendengar wejangan dari orang tua bahwa jangan menggunakan pakaian berwarna gelap agar tidak digigit nyamuk. Memang benar, nyamuk suka dengan warna gelap terutama nyamuk yang menggigit di siang hari. Warna gelap cenderung memiliki suu yang hangat dan disukai oleh nyamuk 

Alasan mengapa nyamuk menyukai warna gelap adalah warna hitam mampu menyerap semua gelombang sinar dan mengubahnya menjadi panas. Oleh karena itu benda yang berada di sekitar objek berwarna hitam akan lebih hangat dibandingkan yang lain. 

Disinilah sensor suhu nyamuk bekerja, dimana nyamuk menyukai area yang hangat. Dengan begitu tidak heran bila nyamuk menyukai warna gelap. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tentu Anda sekarang sudah tahu bahwa nyamuk menyukai sinar UV dan objek berwarna gelap. Oleh karena itu, Anda dapat membuat jebakan sendiri dengan menempatkan objek berwarna gelap dan sinar UV pada bagian tertentu. Ketika nyamuk sudah berdatangan, maka Anda bisa membunuh dengan cara:

  • Memukul nyamuk dengan kedua tangan
  • Membunuh nyamuk dnegan raket listrik
  • Menempatkan lem serangga di dekat sinar UV dan objek berwarna gelap

Mengingat bahayanya gigitan nyamuk membuat Anda harus waspada dengan binatang yang satu ini. Hanya dengan satu gigitan saja, nyamuk yang tercemari dapat menularkan penyakit seperti chikungunya, demam berdarah, malaria, penyakit kuning, hingga virus zika. 

Penyakit-penyakit tersebut bukan penyakit biasa, melainkan butuh penanganan yang intensif agar cepat sembuh. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk melindungi diri dan keluarga dari gigitan nyamuk. 

Hal ini bisa dimulai dengan menjaga lingkungan sekitar rumah agar tidak dijadikan sarang berkembang biak bagi nyamuk. Sebelum menggunakan cara yang mengandung bahan kimia, usahakan terlebih dahulu menggunakan cara yang alami tanpa bahan kimia. 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Prevent Mosquito Bites. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/features/stopmosquitoes/index.html)
Which Natural Mosquito Repellent Works Best?. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/natural-mosquito-repellents-88853)
The 10 best natural mosquito repellents. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325337)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Hati-hati dalam menggunakan obat nyamuk semprot, Ini resikonya!
Hati-hati dalam menggunakan obat nyamuk semprot, Ini resikonya!

Setelah Anda menyemprotkan obat ini ke dalam ruangan Anda, cepat-cepat tinggalkan ruangan tersebut. Pastikan juga Anda telah menutup seprai, sarung bantal, serta makanan agar tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan dari obat semprot tersebut.

Buka di app