Ini Dia Teknologi Baru untuk Perawatan Gigi dan Mulut Anda!

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ini Dia Teknologi Baru untuk Perawatan Gigi dan Mulut Anda!

Gigi merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalam kinerja sistem pencernaan, selain itu juga andil dalam penampilan setiap orang. 

Gigi yang bersih, sehat dan terawat serta rapi akan terlihat lebih menarik senyumannya. Untuk itu, sekarang ini sudah banyak sekali jenis perawatan gigi yang bisa dilakukan untuk memberikan gigi sehat, bersih dan rapi tadi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun, kira-kira jika Anda ingin melakukan perawatan gigi, jenis perawatan apa yang akan Anda pilih ? Tahukah Anda, apa saja teknologi yang digunakan dalam perawatan gigi ? Mari simak ulasannya berikut ini.

High-tech X-ray

X-ray digital digunakan sebagai pengganti radiografi tradisional, karena X-ray ini lebih cepat serta efisien.

Cara kerja x-ray digital

X-eay digital dilakukan dengan meletakkan sensor elektronik/piring fosfor ke mulut pasien guna mengambil gambar yang kemudian dipindai di komputer. 

Gambar tersebut akan disimpan oleh dokter untuk mengontrol dan melihat setelah/sesudah pemeriksaan hari ini. Penggunaan X-ray ini lebih sensitif sensornya sehingga jumlah radiasi lebih sedikit.

Fungsi X-ray digital

  • Menemukan jika terdapat gigi berlubang;
  • Menilai kekuatan tulang penyokong gigi;
  • Melihat tempat peletakkan implan gigi (pemasangan gigi artifisial ke implant dari titanium untuk diletakkan pada rahang); dan
  • Membantu dokter gigi ahli saluran akar gigi guna melihat jika salurannya sudah dibersihkan dengan bersih keseluruhan selama tindakan.

Laser untuk mendeteksi gigi berlubang

Alat yang biasa digunakan dokter untuk melihat jika terdapat gigi berlubang disebut dengan “explorer”. Alat tersebut akan diletakkan bergantian di gigi-gigi Anda ketika kontrol. 

Kemudian dokter akan mengamati dibagian gigi dimana alat itu tersangkut, ini untuk melihat apabila terdapat tanda-tanda gigi yang berlubang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun, sekarang alat tersebut sudah banyak digantikan dengan alat diode laser, yang bisa mendeteksi dan menghilangkan gigi berlubang Anda.  

Setelah dokter menggunakan alat ini, dokter akan menentukan apakah gigi Anda akan dibandingkan kondisi dengan pemeriksaan sebelumnya, atau ditambal atau tindakan lainnya.

Cara kerja lasernya

Saat laser digunakan, apabila terdapat gigi sehat tampak oleh gelombang diode laser, tidak akan tampak warna di monitor, hanya terlihat gelombang rendah. 

Apabila terdapat gigi berlubang, gelombang akan di monitor akan ber sesuai tingkat kerusakannya. Semakin tinggi gelombang di monitor berarti kerusakan gigi semakin parah.

Diode laser bisa mendeteksi kerusakan gigi di permukaan sebelum melihat gigi yang jelas berlubang. Sedangkan X-ray bisa melihat kerusakan pada bagian tengah/dalam gigi.

Computer-assisted design (CAD)/computer-assisted manufacture (CAM)

Teknologi ini untuk membantu mempercepat proses pembuatan serta pemasangan gigi palsu. Umumnya, saat Anda ingin memasang gigi palsu, dokter akan membuat gigi sementara untuk selanjutnya Anda harus menunggu dahulu sebelum mendapatkan gigi palsu permanen. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menggunakan teknologi ini, gigi akan dilubangi sebagai tempat gigi palsu yang bisa langsung difoto oleh komputer. 

Kemudian, gambar tadi akan dipindai oleh mesin dan dibuatkan langsung gigi palsunya. Ini akan menghemat waktu pemasangan gigi palsu bagi Anda.

Perawatan gigi patah

Kasus gigi patah jaman sekarang bisa ditangani segera dengan hasil tampilan yang tampak natural dan bagus. 

Teknologi masa kini akan menangani  gigi yang patah dengan melapisinya menggunakan resin, sehingga tamoak lebih berkilau dan juga tahan lama. 

Lapisan ini berguna untuk merekatkan serta memperbaiki gigi patah tersebut. Warna  resin sendiri memiliki cukup banyak pilihan sehingga bisa dipilih sesuai yang mirip dengan warna asli gigi Anda.

Pasta gigi yang mampu mengembalikan hilangnya mineral

Pasta gigi jenis ini akan membantu menangani gigi berlubang dan gigi sensitif. Pasta gigi ini bisa Anda beli di pasaran.

Perbedaan pasta gigi ini dengan pasta gigi biasanya

Kandungan BioMInF berfungsi mengeluarkan zat kalsium, fosfat, dan fluoride berangsur-angsur selama 8 hingga 12 jam yang akan membentuk mineral fluorapatite. 

Mineral ini bermanfaat dalam membangun, menguatkan serta melindungi struktur gigi Anda. Fluoride juga bisa menangani gigi berlubang. 

Sedangkan, fluoride dalam pasta gigi biasa tidak bekerja efektif sesudah 2 jam Anda menyikat gigi. Seorang Professor bernama Robert Hill dari Queen Mary, University of London yang memimpin penelitian BioMInF, berpendapat jika pasta gigi ini bisa membantu gigi menjadi lebih kuat saar “bertemu” minuman (jus buah,soda,memakan/meminum yang dingin).

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app