Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah

Dipublish tanggal: Nov 15, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah putih dan cerah secara alami mungkin menjadi dambaan setiap wanita. Beberapa cara mungkin sudah Anda lakukan untuk memiliki kulit lebih cerah, seperti suntik vitamin C, minum obat, bleaching kulit, hingga menggunakan produk pemutih dengan kandungan bahan kimia yang tinggi. Namun cara-cara tersebut mungkin saja berbahaya bagi kulit Anda meskipun hasilnya terlihat dengan cepat.

Baca juga: Suntik Vitamin C Dapat Mencerahkan Kulit

Iklan dari HonestDocs
Korean Whitening Infusion di Reface Clinic

Korean Whitening Infusion merupakan perawatan yang berguna untuk menjadikan kulit wajah dan tubuh menjadi lebih putih dan cerah

Korean whitening infusion di reface clinic

Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah

Maka dari itu, lebih baik jika Anda menggunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan kulit wajah. Meskipun hasilnya membutuhkan waktu yang lebih lama, namun bahan alami akan lebih aman digunakan. Berikut beberapa daftar bahan alami yang dapat memutihkan kulit wajah Anda, di antaranya:

Beras

Beras memang sudah dikenal sejak zaman dahulu bisa mencerahkan kulit wajah karena mengandung vitamin B1. Cara menggunakan beras untuk memutihkan wajah yaitu menghancurkan segenggam beras hingga menjadi bubuk, lalu bubuk beras tersebut dicampur dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian Anda bisa mengaplikasikannya ke kulit, didiamkan 1 jam, dan kemudian dibilas dengan air hangat hingga bersih. 

Bengkoang

Buah bengkoang memang telah dipercaya dapat mencerahkan kulit, dan karena khasiatnya banyak orang memanfaatkannya sebagai bahan untuk perawatan kulit. Caranya adalah dengan memarut bengkoang, peras dan ambil airnya, lalu dibiarkan selama semalam untuk mendapatkan endapannya. Endapan tersebut dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk memutihkan kulit.

Lemon dan madu

Campuran lemon dan madu juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah. Kandungan vitamin C pada lemon dan antibakteri pada madu juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Anda bisa mencampurkan lemon dan madu kemudian dioleskan ke kulit untuk merawat dan mencerahkan wajah Anda. 

Baca juga: Tips Menggunakan Pelembab Wajah yang Baik dan Benar

Jeruk nipis

Jeruk nipis juga dapat mencerahkan wajah Anda. Jeruk nipis mengandung vitamin C sehingga ampuh mengangkat sel kulit mati secara alami. Cara penggunaannya adalah dengan memeras jeruk nipis, ambil airnya dan dioleskan ke wajah atau bagian kulit lainnya, kemudian ditunggu sampai 30 menit dan dibilas dengan air bersih.

Iklan dari HonestDocs
Korean Whitening Infusion di Reface Clinic

Korean Whitening Infusion merupakan perawatan yang berguna untuk menjadikan kulit wajah dan tubuh menjadi lebih putih dan cerah

Korean whitening infusion di reface clinic

Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menutrisi, mencerahkan, dan melembabkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan buah pepaya, lalu dioleskan ke kulit wajah atau kulit bagian lain dan dibiarkan hingga 30 menit, baru dibilas dengan air hingga bersih.

Kunyit

Kunyit seringkali digunakan sebagai bumbu masakan, pemberi warna kuning, dan sebagai penyedap masakan. Selain itu, ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Kunyit mengandung curcumin yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mengurangi produksi melanin sehingga dapat mencerahkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan memarut setengah bagian kunyit, lalu dibaurkan pada kulit, dibiarkan selama 20 menit, dan dibilas menggunakan air hangat.

Pisang dan madu

Manfaat pisang dan madu ternyata tak hanya baik untuk kesehatan, tetapi campuran pisang dan madu juga bisa mencerahkan kulit Anda. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menghaluskan pisang, mencampurnya dengan madu, dan kemudian dioleskan pada kulit. Biarkan hingga 20 menit lalu dibilas menggunakan air hangat. 

Itulah beberapa bahan alami yang dapat mencerahkan kulit maupun kulit wajah secara alami. Tidak sulit bukan untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah? Dengan menggunakan bahan alami, kulit Anda akan tampak lebih cerah alami, lebih aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya meskipun hasilnya tidak bisa didapatkan secara instan. 

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sharad J. (2013). Glycolic acid peel therapy — A current review. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3875240/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app