Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Ibu Jari Terkilir - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 619.408 orang

Ibu jari tangan terkilir terjadi ketika ligamen (urat) yang menghubungkan tulang-tulang di dalam sendi terluka. Ligamen berfungsi untuk menjaga tulang Anda tetap di tempatnya saat sendi bergerak. Ibu jari memiliki beberapa ligamen yang dapat membantu persendian pada ibu jari agar dapat berfungsi dengan baik.

Ligamen kolateral ulnaris adalah ligamen yang mengalami masalah saat ibu jari tangan terkilir. Ligamen ini terletak di pangkal ibu jari. Robekan pada ligamen ini bisa terasa sangat menyakitkan dan mungkin membuat ibu jari menjadi tidak stabil. Robekan pada ligamen ini juga dapat membuat Anda kesulitan untuk memegang benda menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS* ongkir untuk pembelian minimal Rp50.000!

Blackmores celery 7000 120 1

Apa yang menyebabkan ibu jari tangan terkilir?

Ibu jari yang terkilir biasanya terjadi ketika ligamen yang menopang ibu jari meregang melampaui batas sehingga menyebabkan ligamen kolateral ulnaris robek. Robeknya ligamen biasanya terjadi ketika ada dorongan pada ibu jari ke ke arah belakang, menjauhi telapak tangan. Ibu jari menjadi terkilir biasanya setelah jatuh dengan tangan yang terentang. Ibu jari juga dapat terkilir saat melakukan olahraga yang menggunakan tangan seperti, bola voli, rugby, atau bola basket.

Gejala ibu jari terkilir

Saat ibu jari Anda terkilir, biasanya Anda akan merasakan sakit, tidak nyaman, dan kekakuan di pangkal ibu jari di dekat telapak tangan. Anda mungkin kesulitan mengambil atau menjepit benda, atau nyaris tidak bisa menggerakkan ibu jari Anda.

Anda juga akan mengalami bengkak dan memar di sekitar pangkal ibu jari Anda. Rasa sakit dan bengkak biasanya memudar setelah beberapa minggu jika Anda mengistirahatkan ibu jari dan menggunakan es untuk mengurangi pembengkakan.

Bagaimana saya bisa mencegah ibu jari terkilir?

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ibu jari terkilir:

  • Berolahraga hanya ketika Anda mendapatkan istirahat yang cukup.
  • Kenakan semua peralatan keselamatan yang disarankan saat Anda berolahraga.
  • Melakukan peregangan otot selama beberapa menit sebelum Anda mulai berolahraga.
  • Kenakan sepatu olahraga yang pas agar Anda tidak tersandung.

Bagaimana penanganan yang tepat untuk mengatasi ibu jari terkilir?

Untuk mengetahui secara pasti bahwa ibu jari Anda terkilir, dokter pertama-tama akan menggerakkan ibu jari ke berbagai arah untuk memeriksa ligamen apa yang mengalami kerusakan

Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan foto rontgen ibu jari dan tangan Anda untuk melihat kerusakan pada ligamen kolateral ulnaris, tulang, atau otot Anda, terutama jika dokter Anda mencurigai bahwa Anda mengalami patah tulang. Dokter mungkin akan mengambil foto rontgen kedua ibu jari untuk membandingkan ibu jari yang terkilir dengan ibu jari yang normal.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS* ongkir untuk pembelian minimal Rp50.000!

Blackmores celery 7000 120 1

Dokter Anda mungkin juga melakukan X-ray stres. Dalam tes ini, dokter memberi tekanan pada ibu jari Anda saat pengambilan foto rontgen untuk melihat bagaimana UCL yang rusak terlihat ketika sedang diregangkan. Dokter Anda mungkin menyuntikkan anestesi lokal ke ibu jari Anda sebelum memulai pemeriksaan ini.

Penanganan ibu jari yang terkilir

Segera periksakan diri Anda ke dokter setelah mengalami cedera pada ibu jari. Membiarkan kondisi ibu jari tangan yang terkilir tanpa melakukan pengobatan apapun dapat menyebabkan Anda kehilangan fungsi ibu jari secara permanen.

1. Perawatan non-bedah

Sesaat setelah ibu jari Anda terkilir, gunakan metode PRICE:

  • Press / berikan tekanan pada area yang terkilir untuk mengurangi pembengkakan.
  • Rest / Istirahat: Istirahatkan ibu jari Anda agar gejalanya tidak semakin memburuk.
  • Ice / Es: Berikan kompres es pada ibu jari Anda untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak.
  • Compression / Kompresi: Perban ibu jari Anda menggunakan perban elastis 
  • Elevation / Elevasi: Jaga agar posisi tangan Anda berada di atas jantung Anda untuk mengurangi pembengkakan.

2. Perawatan bedah

Anda mungkin perlu menjalani operasi jika ligamen kolateral ulnaris Anda robek atau jika pemasangan gips tidak membantu. Operasi ini dapat memperbaiki atau menempelkan kembali ligamen dan jaringan atau tulang apa pun yang mungkin telah retak atau robek dari sendi ketika ibu jari Anda mengalami cedera.

Setelah menjalani operasi, Anda perlu melakukan check up sekitar satu minggu dan kemudian Anda perlu mengenakan gips selama tiga hingga empat minggu sampai Anda dapat menggerakan ibu jari Anda kembali.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit