Hydromyelia - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 585.043 orang


Apa itu Hydromyelia

Hydromyelia adalah dilatasi abnormal dari kanal tulang belakang pusat, yang biasanya berkomunikasi dengan ventrikel keempat. Syrinx adalah rongga berisi cairan baik di dalam sumsum tulang belakang (syringomyelia) atau di dalam batang otak (syringobulbia).

Sebuah syrinx digambarkan sebagai adanya tidaknya komunikasi ke jalur cairan serebrospinal (CSF).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Mengenai Hydromyelia

Hydromyelia mengacu pada pelebaran abnormal dari kanal sentral medula spinalis yang menciptakan rongga di mana cairan serebrospinal (umumnya dikenal sebagai cairan spinal) dapat menumpuk.

Ketika cairan tulang belakang menumpuk maka kondisi mungkin memberikan tekanan abnormal pada sumsum tulang belakang dan merusak sel-sel saraf dan hubungannya.

Gambaran klinis dalam syringomyelia dapat bervariasi. Gejala khas yang ditemukan adalah hilangnya sensorik tersuspensi yang terlepas dari sensasi nyeri dan suhu yang dikompromikan dengan getaran utuh dan rasa posisi sendi.

Gambaran motorik terkait termasuk mielopati, yang menyebabkan spastisitas dan kelemahan dengan tanda-tanda neuron motorik yang lebih rendah pada tingkat lesi dan tanda-tanda neuron motorik atas di bawah tingkat syrinx.

Syrinx dapat bermanifestasi dengan rasa sakit, termasuk nyeri radikuler, nyeri leher, dan sakit kepala. Pergerakan tidak sadar ditandai pada 22% pasien dengan syringomyelia dan syringobulbia, termasuk tortikolis, mioklonus, tremor, distonia, miokimia, sinkronisasi pernapasan, dan aktivitas otot mulut


Apa yang menyebabkan Hydromyelia ?

Penyakit hydromyelia diduga terkait dengan penyumbatan atau gangguan dalam aliran CSF. Kondisi ini sangat berbahaya, karena aliran CSF yang tepat dan tekanan terkait diperlukan untuk melindungi otak dan sumsum tulang belakang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Cedera yang merupakan salah satu kondisi yang mendasarinya selama perkembangan otak dan sumsum tulang belakang di dalam rahim dapat menyebabkan masalah dengan aliran CSF.

Ada juga hubungan yang kuat antara hydromyelia dan malformasi Chiari. Ini adalah jenis cacat lahir yang mempengaruhi struktur otak.

Mereka sering menyebabkan otak kecil - daerah di belakang otak yang mengontrol gerakan - dan kadang-kadang juga batang otak bergerak ke bawah dan mengerumuni ruang yang disediakan untuk sumsum tulang belakang.

Ini memblokir aliran CSF. Kondisi lain yang terkait dengan hydromyelia meliputi: 1.tumor sumsum tulang belakang 2.arachnoiditis, yaitu radang selaput arachnoid yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang 3.meningitis, yaitu radang selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan 4.sumsum tulang belakang 5.sumsum tulang belakang tertambat, yang mengacu pada perlekatan 6.

Jaringan yang melibatkan daerah terendah dari sumsum tulang belakang, yang mencegahnya bergerak di kanal tulang belakang seperti seharusnya.


Apa saja gejala Hydromyelia ?

Hydromyelia ringan tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, seiring perkembangannya, hal itu dapat menyebabkan:

  • hilangnya perasaan di tangan dan lengan
  • nyeri leher
  • nyeri pada pergelangan
  • kelemahan otot di tangan, lengan, dan bahu
  • nyeri kaki atau kekakuan

Tanpa perawatan, kelemahan dan kekakuan biasanya menjadi lebih buruk dan pada akhirnya dapat membuat gerakan menjadi sulit.

Cara mendiagnosis penyakit Hyrdromyelia antara lain:

  • Riwayat media
  • Blood test
  • MRI (Magnetic Resonance Imaging)
  • CT-scan (Computed Tomography)
  • X-Ray

Bagaimana cara mencegah Hydromyelia ?

Pembedahan dapat meredakan gejala secara permanen atau sementara, tetapi juga dapat menyebabkan sejumlah komplikasi parah. Dalam beberapa kasus, hydromyelia dapat sembuh dengan sendirinya tanpa intervensi medis.

Penyebab pasti dari syringomyelia tidak jelas; namun hal itu diyakini disebabkan karena terhalangnya aliran cairan serebrospinal (CSF). Individu yang terkena mengembangkan gejala perlahan dari waktu ke waktu.


Bagaimana cara menangani Hydromyelia ?

Beberapa kasus hydromyelia asimptomatik dapat dipantau secara ketat tanpa pengobatan. Beberapa kasus hydromyelia diselesaikan tanpa pengobatan. Namun, jika ada gejala signifikan yang tidak membaik atau bahkan memburuk, anak Anda mungkin perlu pembedahan untuk memperbaiki aliran CSF.

Jenis operasi meliputi:

  • Shunting. Sistem drainase dengan katup digunakan untuk mengalirkan CSF dari ventrikel otak ke rongga perut.
  • Dekompresi fossa posterior. Sebagian kecil tulang di bagian belakang tengkorak bagian bawah dan tulang belakang leher (laminektomi) diangkat untuk menghilangkan tekanan.
  • Ventrikulostomi ketiga. Sebuah lubang dibuat di bagian bawah ventrikel ketiga otak Anda untuk mengalihkan aliran CSF.

Jika anak Anda benar-benar membutuhkan pembedahan, dokter akan menentukan pendekatan terbaik berdasarkan tingkat keparahan kondisi anak tersebut dan apa yang mungkin menyebabkannya.

Dokter juga akan mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk usia anak Anda dan kesehatan secara keseluruhan, untuk memastikan mereka memilih opsi teraman.

Terapi fisik juga dapat membantu mengelola gejala hidromelia dengan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pada lengan atau kaki.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit