Hematoma Vagina- Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 30, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.087.166 orang

Hematoma vagina merupakan kumpulan darah yang terkumpul di jaringan lunak vagina atau vulva, yang merupakan bagian luar vagina. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah di dekatnya pecah, biasanya disebabkan oleh cedera

Darah dari pembuluh yang rusak ini bisa bocor ke jaringan di sekitarnya dan menyebabkan memar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gejala hematoma vagina dan jenis perawatan yang tersedia, mari simak artikel berikut ini…

Penyebab Hematoma Vagina

Hematoma vagina, seperti halnya pada semua hematoma, merupakan hasil dari cedera. Vagina mengandung banyak pembuluh darah, terutama jika dibandingkan dengan area lain dari tubuh.

Beberapa hal dapat melukai vagina, termasuk:

  • jatuh
  • hubungan seksual yang kuat
  • olahraga berdampak tinggi

Jenis hematoma ini juga dapat terjadi selama persalinan normal, baik karena tekanan karena mendorong atau cedera dari alat medis, termasuk forsep. Memiliki episiotomi juga dapat menyebabkan hematoma vagina. 

Hal ini mengacu pada luka bedah di dekat lubang vagina yang membuat bayi lebih mudah untuk melewatinya. Hematoma vagina yang disebabkan oleh persalinan mungkin tidak muncul sampai satu atau dua hari setelah melahirkan.

Gejala Hematoma Vagina

Pada umumnya, jika hematoma vagina berukuran kecil , kondisi ini tidak akan menyebabkan gejala apa pun. Akan tetapi pada hematoma yang lebih besar dapat menyebabkan:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01
  • Nyeri dan bengkak. Anda mungkin bisa merasakan atau melihat massa yang ditutupi oleh kulit berwarna ungu atau biru, mirip dengan memar.
  • Buang air kecil yang menyakitkan atau sulit. Jika massa menekan uretra Anda atau menghalangi lubang vagina Anda, Anda mungkin kesulitan buang air kecil. Tekanan ini juga bisa membuat buang air kecil menyakitkan.
  • Jaringan menggembung. Hematoma yang sangat besar kadang-kadang meluas ke luar vagina

Diagnosa Hematoma Vagina

Untuk mendiagnosis hematoma vagina, dokter akan mulai dengan melakukan pemeriksaan dasar vulva dan vagina untuk memeriksa tanda-tanda hematoma yang terlihat.

Bergantung pada hasil pemeriksaan, dokter dapat menganjurkan beberapa pemeriksaan lanjutan termasuk USG atau CT scan untuk melihat seberapa besar hematoma dan apakah hematoma tersebut tumbuh.

Hematoma vagina kadang-kadang dapat menyebabkan perdarahan yang berbahaya. Segera konsultasikan diri ke dokter meskipun hematoma tampak kecil.

Pengobatan Hematoma Vagina

Ada beberapa pilihan perawatan untuk hematoma vagina, tergantung pada seberapa besar ukuran hematoma dan apakah hematoma tersebut menyebabkan gejala.

Hematoma kecil, biasanya berdiameter di bawah 5 sentimeter. Pada jenis ini, penanganan dapat ditangani dengan penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Anda juga dapat menerapkan kompres dingin ke area tersebut untuk mengurangi pembengkakan.

Jika Anda memiliki hematoma vagina yang lebih besar, dokter mungkin perlu mengeringkannya dengan cara operasi. Untuk melakukan prosedur ini, dokter akan memberi anestesi lokal kemudian membuat sayatan kecil pada hematoma dan menggunakan tabung kecil untuk mengalirkan darah yang terkumpul. 

Setelah darah hilang, dokter atau ahli medis akan menjahit daerah itu. Anda mungkin juga diberi antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Hematoma yang sangat besar, atau hematoma yang terletak jauh di dalam vagina, mungkin membutuhkan sedasi yang lebih berat dan operasi yang lebih luas.


Referensi

Davis, C. eMedicinehealth (2017). Hematoma.

Holl, et al. (2018). Pathophysiology and Nonsurgical Treatment of Chronic Subdural Hematoma: From Past to Present to Future. World Neurosurgery, 116, pp. 402-411.

MayoClinic (2018). Disease and Conditions. Intracranial Hematoma.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit