Halcinonide: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 16, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 21, 2019 Waktu baca: 4 menit

Dermatosis adalah istilah luas yang merujuk pada penyakit kulit apa pun. Klasifikasi ini mencakup semua yang ada di permukaan tubuh seperti kulit, kuku, dan rambut. 

Segala kondisi yang mempengaruhi kulit dapat dikategorikan sebagai dermatosis. Istilah ini tidak termasuk kondisi kulit yang melibatkan peradangan yang akan menjadi dermatitis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Ada ribuan kondisi kulit yang berbeda. Beberapa bentuk dermatosis yang paling umum meliputi jerawat, impetigo, melanoma, lupus, tahi lalat, vitiligo, tinea, alopecia, keriput, kutu kepala, dan lain-lain. 

Dermatosis disebabkan oleh sejumlah alasan yang berbeda-beda. Namun, asal-usul beberapa kondisi kulit masih tidak diketahui. Penyebab paling umum dari dermatosis seperti gangguan autoimun, bakteri, virus, jamur dan genetik.

Pengobatan untuk dermatosis seringkali spesifik dengan kondisi yang mendasarinya. Nah, pada artikel ini akan membahas salah satu pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah dermatosis yaitu dengan obat Halcinonide. 

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping dari obat Halcinonide. Selamat membaca.

Mengenai Halcinonide

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Krim, salep

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Kandungan:

-

Kegunaan dari obat Halcinonide

Obat Halcinonide merupakan obat yang diindikasikan untuk menghilangkan manifestasi inflamasi dan pruritus dari dermatosis yang responsif terhadap kortikosteroid

Obat ini biasa digunakan untuk mengobati gatal-gatal, kemerahan, kulit kering, pengerasan kulit, peradangan, dan ketidaknyamanan pada berbagai kondisi kulit, termasuk reaksi alergi, psoriasis dan eksim (penyakit kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal dan terkadang timbul ruam merah bersisik). 

Obat Halcinonide termasuk dalam kelas obat yang disebut kortikosteroid. Obat ini dapat bekerja dengan mengaktifkan bahan alami di kulit untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal.

Dosis pemberian dari obat Halcinonide

Obat Halcinonide tersedia dalam bentuk salep dan krim untuk dioleskan ke kulit. Berikut pemberian dosis obat Halcinonide yang biasa diberikan:

Dosis Topikal / Kulit untuk Dermatosis kortikosteroid responsif

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4
  • Dewasa: Oleskan krim / lotion / salep 0,1% ke area yang sakit. Obat ini biasanya dioleskan dua atau tiga kali sehari.

Ikutilah petunjuk pada label resep dengan hati-hati sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter, dan minta dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti. Gunakan obat Halcinonide tepat seperti yang diarahkan.

Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Efek samping dari obat Halcinonide

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama.

Seperti halnya dalam penggunaan obat Halcinonide yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Aplikasi yang lama menyebabkan penipisan epidermis,
  • Dermatitis kontak, dermatitis perioral
  • Gatal dan rasa terbakar pada kulit
  • Kulit kering
  • Gangguan papula
  • Depigmentasi ringan
  • Telangiectasia
  • Striae (terutama wajah dan fleksur).
  • Aplikasi pada kelopak mata dan kulit di sekitarnya dapat meningkatkan tekanan intraokular, katarak, glaukoma, borok kornea dan meningkatkan tekanan intrakranial.

Penyerapan sistemik dengan penekanan adrenal dapat terlihat ketika diterapkan pada area yang luas, ketika kulit rusak atau di bawah pembalut oklusif.

Jika setelah menggunakan obat Halcinonide terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Kontraindikasi obat Halcinonide

Sebelum mengonsumsi obat Halcinonide, Anda harus memberi tahu dokter jika Anda sedang atau pernah mengalami beberapa kondisi dibawah ini:

  • Ulkus infeksi (virus, jamur, bakteri) primer
  • Hipersensitif
  • Akne vulgaris

Perhatian dan peringatan pemakaian obat Dermatosis

Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Halcinonide atau riwayat alergi obat-obatan lainnya.

Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Halcinonide.

Sebelum menggunakan obat ini beri tahu dokter mengenai riwayat medis Anda, seperti jika Anda memiliki infeksi atau masalah kulit lainnya atau sirkulasi darah yang buruk, masalah sistem kekebalan tubuh, pernah menderita diabetes atau sindrom Cushing (suatu kondisi abnormal yang disebabkan oleh kelebihan hormon kortikosteroid).

Hati-hati pemberian obat ini pada neonatus, anak-anak, usia lanjut dan penderita kerusakan atau gagal hati.

Hindari obat ini di mata. Jika terjadi kontak pada mata, bilas dengan air. Jangan gunakan topikal Halcinonide pada kulit yang rusak atau terinfeksi. Hindari juga menggunakan obat ini dalam luka terbuka.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter.

Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke ASI saat dioleskan ke kulit. Obat-obatan lain di kelas ini dapat masuk ke ASI ketika diminum. Konsultasikan kembali dengan dokter sebelum menyusui.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak terjadi perbaikan atau terjadi perburukan terhadap kondisi kesehatan kulit Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Halcinonide Topical Drug Information. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682272.html)
Halog Cream (Halcinonide Cream): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/halog-drug.htm)
Halcinonide topical Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/halcinonide-topical.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app