Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

Gerakan Olahraga agar Tubuh Lebih Lentur

Update terakhir: OCT 21, 2019 Tinjau pada OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 726.250 orang

Memiliki tubuh yang lentur diperlukan oleh semua orang. Tubuh yang lentur bahkan menjadi salah satu pilar tubuh bugar setelah latihan kekuatan otot serta latihan kardio. 

Tubuh yang lentur membuat reflek tubuh menjadi lebih tinggi, mengurangi kemungkinan tubuh keseleo dan cedera, mencegah penyakit arthritis dan sebagainya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih fleksibel adalah dengan latihan stretching. Hal ini disebabkan latihan stretching dapat membuat jangkauan tendon semakin lebar sehingga ukuran otot dapat lebih meningkat ketika latihan kekuatan. 

Tendon sendiri merupakan serat otot yang menghubungkan otot pada tulang. Lantas, latihan seperti apakah yang dibutuhkan untuk membuat tubuh menjadi lebih lentur.

Foldover Stretch

Foldover Stretch mula-mula dilakukan dengan posisi berdiri dimana kaki dibuka hingga selebar pinggul. Lekukkan kedua lutut dan posisikan kedua tangan di samping tubuh. 

Bungkukkan punggung ke depan dan buang napas sambil terus menurunkan posisi kepala sampai ke lantai. Ketika melakukan ini buatlah bahu, leher dan kepala tetap rileks. 

Kemudian cium lutut serta peluk belakang kaki. Tahan posisi ini dalam waktu 45 detik sampai 2 menit. Latihan Foldover Stretch dapat membantu meregangkan punggung, leher, paha belakang, betis dan bokong.

Yoga

Yoga merupakan latihan yang mengkombinasikan antara meditasi, pengaturan pernapasan hingga pembentukan postur tubuh. Latihan fisik yang diutamakan dalam yoga adalah melatih kekuatan otot hingga kelenturan tubuh. 

Yoga juga bermanfaat tidak hanya untuk melatih kekuatan otot, namun juga memberikan perasaan yang positif karena mengurangi perasaan negatif pada pikiran.

Menari

Menari merupakan latihan menyenangkan yang memiliki manfaat untuk melenturkan otot dan persendian tubuh. Ketika menari, otot dan sendi tubuh terus bergerak sehingga tubuh menjadi lebih fleksibel. 

Bahkan berdasarkan penelitian terhadap orang yang gagal jantung yang pernah dilakukan, ditemukan bahwa mereka yang rutin melakukan tarian Waltz memperoleh perbaikan terhadap fungsi pembuluh darah dan kualitas hidupnya.

Butterfly stretch

Memiliki fungsi yang sama dengan Foldover Stretch, Butterfly stretch memiliki manfaat untuk meregangkan punggung, leher, bokong, paha belakang serta paha. 

Cara melakukan Butterfly stretch adalah dengan duduk seperti bersila di atas lantai. Temukan kedua telapak kaki di bagian tengah. Pegang bagian telapak kaki dengan tangan Anda dan kunci bagian perut. 

Sembari melakukan hal ini, turunkan kepala ke bagian telapak kaki hingga bagian terendah yang dapat dilakukan. Tahan posisi ini dalam waktu 45 detik sampai 2 menit.

Apabila Anda tidak mampu menurunkan kepala hingga ke telapak kaki, tempatkan bantal pada bagian kaki agar posisi kaki menjadi lebih tinggi.

Seated trunk twist

Seated trunk twist dilakukan dengan duduk tegak di atas lantai dengan mengunci perut. Kemudian panjangkan kaki ke bagian depan dalam posisi rapa. 

Putar badan ke arah kanan namun posisikan hidung tetap sejajar dengan tulang dada. Pastikan perut tetap dalam posisi terkunci. Kemudian tulang rusuk diangkat lebih tinggi agar tubuh dapat memutar semakin ke kanan. 

Putar hingga sejauh yang dapat dicapai. Setelah posisi maksimal, kembalikan posisi tubuh ke bagian tengah dan ulangi ke sisi kiri tubuh. Ulangi gerakan hingga 10 kali masing-masing kanan dan kiri. 

Setiap bagian tahan selama 30 detik. Seated trunk twist memiliki manfaat untuk meregangkan otot dan persendian perut, pinggang serta punggung.

Sebaiknya rutin melakukan latihan peregangan setiap hari agar tubuh tetap lentur. Anda bisa memilih dari lima latihan di atas mana yang paling cocok untuk Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit