Atasi Pegal-Pegal di Kantor dengan Gerakan Olahraga ini

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Atasi Pegal-Pegal di Kantor dengan Gerakan Olahraga ini

Bekerja di balik komputer dan hanya duduk dari jam 8 sampai jam 5 sore tentu membuat pergerakan tubuh Anda sama sekali tidak maksimal. Pekerja kantoran yang selalu duduk dari waktu ke waktu disinyalir terancam berbagai penyakit, seperti jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan juga kanker

Risiko tidak akan terasa langsung, namun bisa dirasakan betul ketika lima sampai sepuluh tahun mendatang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika Anda pernah mengalami nyeri pada tulang belakang dan sakit pada bagian leher, bisa jadi ini salah satu indikasi gejala penyakit yang akan datang 5 sampai 10 tahun mendatang. Kondisi tubuh yang demikian disebabkan oleh tubuh tidak nyaman ketika dalam kondisi duduk terus-menerus. 

Akibatnya terjadi tegang pada sepanjang otot leher, tengkuk, bahkan sampai ke tulang belakang atau punggung.

Berolahraga secara teratur untuk pegawai kantor memang sedikit sulit, apalagi jika kelelahan bekerja selama lima hari membuat hari libur inginnya bermalas-malasan di rumah. Namun, Anda tetap bisa menjalankan olahraga ringan di kantor melalui berbagai gerakan di bawah ini.

Duduk-Berdiri

Trik meregangkan otot yang pertama adalah melakukan gerakan duduk-berdiri secara bergantian. Anda bisa melatih otot kaki dengan cara melakukan posisi duduk tanpa bantuan bangku. Anda bisa menempatkan posisi duduk dalam kondisi tegak demi menjaga kondisi tulang agar tidak tegang.

Gerakkan Bahu

Sambil duduk, Anda tetap bisa berolahraga dengan cara menggerakkan bahu naik dan turun, setara dengan kuping selama 10 detik dan turunkan kembali. Lakukan terus seraya setelahnya anggukkan dan gelengkan kepala perlahan dengan hitungan di tangan supaya otot leher tidak menjadi tegang.

Putar Badan

Anda juga bisa memutar badan ke kanan dan ke kiri sambil duduk, tapi tetap dalam kondisi tegak dan pandangan mengarah ke depan. Lakukan hal ini selama beberapa kali untuk juga mencatat sejauh mana jarak pandang Anda bisa memantau. Hal ini kerap dilakukan oleh para pegawai kantor yang pegal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Regangkan Punggung

Regangkan punggung dengan cara duduk di pinggir kursi dan luruskan kaki Anda ke depan. Condongkan tubuh ke depan untuk bisa menyentuh bagian telapak kaki selama beberapa kali. Pastikan Anda menahan posisi tersebut dalam beberapa detik waktu. Hati-hati jika ada roda di kursi kerja Anda.

Regangkan Kaki

Regangkan kaki dengan cara duduk tegak di kursi dan bergantian tarik satu per satu kaki ke dekat dada. Tahan posisi tersebut dalam waktu beberapa detik sampai terasa cukup regang otot-ototnya. Lakukan ini secara hati-hati karena ditakutkan malah Anda menyenggol arsip-arsip penting di atas meja Anda.

Push Up Meja

Anda bisa melakukan push up di meja dengan cara meregangkan kedua tangan di ujung meja dan membentuk kaki sekuat mungkin di atas lantai. Lakukan gerakan maju mundur seperti pada posisi push up dengan kekuatan yang tertumpu pada kaki dan juga tangan. Gerakan ini harus dilakukan di ruangan luas.

Regangkan Badan Atas

Regangkan badan atas dengan cara menarik kepala dari atas oleh tangan ke arah kanan dan ke arah kiri. Lakukan gerakan ini secara mendetail sampai Anda rasa cukup rileks. Gerakan satu ini bisa tetap Anda lakukan sambil duduk tegak di kursi kerja.

Demikian berbagai gerakan yang bisa Anda lakukan untuk peregangan otot di kantor. Meskipun sudah bekerja dengan penuh kesibukan, namun pastikan Anda tidak mengabaikan kesehatan untuk tubuh. 

Sebab Anda bekerja bukan untuk menjadi sakit, melainkan supaya hidup bisa tertopang dengan baik. Untuk itulah salah satu tanggung jawab setelah bekerja keras adalah menjaga kesehatan tubuh Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama
Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama

Sedangkan posisi duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri punggung, postur tubuh yang buruk dan juga penyakit lain seperti diabetes, jantung dan obesitas.

Buka di app