Gatal di Malam Hari

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Gatal di Malam Hari

Kondisi kulit yang terasa gatal di malam hari biasanya terjadi karena adanya kondisi kulit sistemis yang memang akan memburuk di malam hari. Hal ini dapat sangat mengganggu istirahat Anda di malam hari dan tidak ada penjelasan akurat mengenai apa yang menyebabkan terjadinya kondisi ini. 

Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan kondisi ini antara lain adanya beberapa penyakit tertentu yang memang diderita oleh orang yang mengalaminya. Untuk mengatasinya, diperlukan adanya pengobatan langsung pada kondisi yang diderita tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Penyebab Gatal di Malam Hari

Kondisi kulit seperti atopic dermatitis dan psoriasis biasanya akan menimbulkan rasa gatal di malam hari yang disebut sebagai kondisi nocturnal pruritis. Adanya kondisi gagal ginjal juga dapat menyebabkan terjadinya rasa gatal sebagai salah satu efek samping penyakit. 

Selain berbagai penyakit yang sudah disebutkan di atas, rasa gatal dapat pula terjadi karena adanya perubahan pada ritme circadian, atau jam alami tubuh. Adanya proses biologis yang berbeda yang terjadi dan terkorelasi dalam waktu 24 jam sehari-harinya dapat menyebabkan peningkatan hormon dan perubahan yang dipengaruhi oleh adanya kegiatan makan dan minum. 

Berikut ini kondisi yang berhubungan dengan perubahan pada ritme circadian yang menyebabkan juga adanya rasa gatal di malam hari:

  • Kenaikan suhu kulit yang cenderung berlangsung di malam hari sehingga adanya peningkatan level pada perantara gatal pada kulit.
  • Hilangnya asupan air dalam kulit atau kondisi yang dikenal sebagai trans-epidermal water loss atau TEWL yang meningkat di malam hari.  
  • Adanya peningkatan pada agen penghilang rasa sakit alami pada kulit di malam hari jika ritme circadian terganggu. Penurunan pada rasa sakit tersebut berhubungan dengan adanya peningkatan persepsi akan rasa gatal yang terjadi.
  • Berkurangnya level corticosteroid di malam hari sehingga adanya efek antiradang yang mengalami penurunan untuk sementara, sehingga timbul rasa gatal pada penderita kondisi radang kulit.
  • Adanya aktivitas parasympathetic yang bertambah di malam hari sementara aktivitas sympathetic yang meningkat di pagi hari. Akibatnya, system saraf autonomic menyebabkan timbulnya rasa gatal. 
  • Adanya perubahan pada cytokine dan prostaglandin akibat terganggunya ritme circadian dan bahan seperti interleukin atau IL-2, IL-8, dan IL-31 yang memicu rasa gatal.

Untuk mengatasi kondisi gatal di malamhari, penyesuaian harus mulai dilakukan dari penggantian seprai dan alas tidur lainnya. Bisa jadi, rasa gatal timbul akibat adanya infestasi kuman dan kutu pada alas tidur yang tidak terdeteksi langsung oleh mata telanjang. 

Ganti bahan wol yang mungkin Anda gunakan dan membuat kulit Anda alergi, dan seringlah melakukan penggantian alas tidur karena tanpa Anda sadari, Anda mungkin menderita alergi dust mite atau tukak debu.

Pengobatan Gatal di Malam Hari

Pengobatan dan penyesuaian gaya hidup yang dapat dilakukan untuk kondisi gatal di malam hari meliputi:

  • Hindari penggunaan sabun antibakteri serta sabun yang ditambahi pewangi serta losion di malam hari.
  • Gunakan pelembab yang konsistensinya lebih tebal, terutama untuk kulit kering dan penyakit kulit lainnya.
  • Mandilah sesaat sebelum tidur untuk menghilangkan berbagai kotoran yang mungkin masih menempel pada kulit termasuk telinga.
  • Pasang pendingin ruangan atau buka ruangan untuk menyediakan ventilasi.
  • Seringlah mengganti sprai, bahkan jika diperlukan setiap hari.
  • Kenakan pakaian tidur yang berbahan linen yang tipis dan nyaman.
  • Konsumsi antihistamin untuk mengurangi level histamine penyebab rasa gatal.
  • Konsumsi atau kenakan salep corticosteroid untuk mengurangi peradangan pada kulit karena rasa gatal.
  • Gunakan calcineurin inhibitors yang memiliki sifat serupa dengan corticosteroids yang menekan aktivitas imun tubuh.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dry Skin (Xerosis) in Adults: Condition, Treatments, and Pictures - Overview - skinsight (https://www.skinsight.com/skin-conditions/adult/xerosis)
Itchy Skin at Night: Causes and Treatments (http://www.healthline.com/health/itchy-skin-at-night#causes1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app