Kesehatan Anak

Gastroschisis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali Gastroschisis lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 5 menit
Gastroschisis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Gastroschisis terjadi ketika otot dan kulit yang menutupi perut bayi tidak terbentuk sepenuhnya sebelum kelahiran. Akibatnya, usus bayi menyembul melalui celah di perut mereka, dan bayi dilahirkan dengan usus mereka di luar tubuh mereka. 

Kadang-kadang bayi juga dilahirkan dengan bagian perut di luar tubuh mereka. Meskipun ini terdengar menakutkan, sebagian besar bayi yang lahir dengan gastroschisis dapat menjalani hidup dengan baik selama mereka mendapatkan perawatan medis yang mereka butuhkan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Gastroschisis terkadang sulit dibedakan dengan kondisi yang lebih serius yang disebut omphalocele. Anak-anak dengan omphalocele dilahirkan dengan beberapa organ di dalam kantung di luar perut mereka. Biasanya mereka juga memiliki cacat lahir lainnya.

Apa yang menyebabkan gastroschisis?

Saat bayi tumbuh di dalam rahim, beberapa organ bayi bergerak melalui lubang di dinding tubuh, keluar dari perut dan masuk ke tali pusat. Ini normal. 

Kemudian dalam perkembangan normal, organ-organ ini bergerak kembali ke dalam perut bayi dan lubang di dinding tubuh menutup. Pada gastroschisis, organ-organ tidak bergerak kembali ke dalam perut bayi. 

Sebaliknya, mereka tetap berada di luar perut, dan lubang di dinding tubuh tetap terbuka.

Dokter tidak tahu mengapa ini bisa terjadi.

Gejala gastroschisis

Anda tidak akan melihat tanda atau gejala apa pun saat hamil. Kondisi ini sering didiagnosis selama USG rutin.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Setelah lahir, bayi mungkin memiliki gejala yang berhubungan dengan gastroschisis, terutama jika ada organ yang rusak ketika melewati lubang di perut bayi Anda. dokter akan mencari masalah ini ketika bayi lahir.

Sekitar 10% bayi dengan gastroschisis mengalami atresia usus. Usus mereka belum terbentuk sepenuhnya. Beberapa bayi dengan gastroschisis lahir lebih kecil dari bayi tanpa kondisi in

Mendiagnosis gastroschisis

Dalam kebanyakan kasus, dokter menemukan gastroschisis selama USG sebelum bayi lahir. Tes darah untuk wanita hamil juga dapat menunjukkan tingkat tinggi protein yang disebut alpha-fetoprotein (AFP).

Program Diagnosis dan Perawatan Prenatal rumah sakit dapat bekerja sama dengan Anda dan dokter untuk merencanakan perawatan prenatal dan perawatan bayi Anda. 

Pakar prenatal rumah sakit akan berdiskusi dengan Anda tentang melakukan tes genetik untuk memeriksa masalah lain. Sebagian besar bayi dengan kondisi ini tidak memiliki masalah genetik.

Mengobati gastroschisis

Semua bayi dengan gastroschisis membutuhkan pembedahan segera setelah lahir untuk mengembalikan isi perutnya. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jenis operasi yang dibutuhkan bayi tergantung pada kesehatan dan ukuran usus mereka dibandingkan dengan seberapa banyak ruang yang ada di perut mereka. Dokter bedah Anda akan berdiskusi dengan Anda tentang rencana perawatan terbaik untuk bayi.

Karena perawatan khusus akan dibutuhkan bayi, pilihan yang terbaik bagi mereka adalah Anda melahirkannya di rumah sakit yang memiliki unit perawatan intensif neonatal (NICU). 

Operasi sesar jarang diperlukan untuk bayi dengan gastroschisis. setelah melahirkan, kantong plastik khusus diletakkan di atas perut bayi, untuk menutupi semuanya mulai dari kaki hingga ketiak. 

Ini dapat melindungi usus dan membuatnya hangat serta lembab sampai operasi.

Operasi tunggal dengan jahitan

Kadang-kadang gastroschisis disembuhkan dengan "penutupan bedah primer." Ini adalah ketika ahli bedah menempatkan usus ke dalam perut dan menjahit perut serta menutupnya dalam 1 operasi. Bayi mungkin memerlukan ini jika:

  • Ada bukaan di dinding perut besar.
  • Sulit untuk mengembalikan isi perut ke perut.

Menggerakkan usus perlahan-lahan

Pada sepertiga hingga setengah bayi dengan gastroschisis, perutnya tidak cukup besar untuk segera mengembalikan semua isi perut. Ahli bedah akan menggantung "silo" bahan plastik di atas tempat tidur bayi dan menempelkannya ke dinding perut bayi. 

Silo adalah tas yang melindungi isi perut. Seringkali ini dapat dilakukan di samping tempat tidur dan bayi tidak perlu anestesi umum.

Selama 5 hingga 10 hari, usus perlahan bergerak ke perut bayi, kadang-kadang dokter akan membantunya dengan dorongan lembut. Ini memungkinkan perut meregang dan mencegah kerusakan pada organ lain.

Ketika semuanya kembali ke dalam, ahli bedah akan melepas silo. Biasanya bayi-bayi ini membutuhkan obat untuk tidur tanpa rasa sakit sementara ahli bedah menutup lubang di perut dengan jahitan. 

Tetapi terkadang ahli bedah dapat menggunakan tali pusar bayi untuk menutup lubang tanpa jahitan. Ini disebut penutupan bertahap.

Perawatan setelah operasi

Rumah sakit memberikan obat pengurang rasa sakit pada bayi sesuai kebutuhan untuk kenyamanan mereka. Ketika bayi stabil dan tidak membutuhkan mesin pernapasan, mereka akan pindah ke kamar biasa. 

Biasanya ini terjadi beberapa hari setelah isi perut dipindahkan kembali ke perut.

Meskipun Anda mungkin tidak bisa menggendong bayi pada awalnya, Anda bisa berada di samping tempat tidur mereka. rumah sakit ingin Anda menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk menyentuh dan berbicara dengan bayi.

Membantu bayi menyusu dengan baik

Diperlukan waktu 1 minggu hingga beberapa bulan untuk perut bayi mulai bekerja dengan baik. Bayi mungkin perlu diberi makan melalui pipa yang masuk ke pembuluh darah besar. 

Beberapa bayi memerlukan tabung yang masuk ke lambung melalui hidung (tabung nasogastrik atau tabung NG) atau mulut (tabung orogastrik atau tabung OG).

Ketika isi perut mereka sudah pulih, rumah sakit mulai memberi susu formula untuk bayi jika perut mereka bisa menerimanya. Ahli gizi rumah sakit terus memeriksa bayi untuk memastikan mereka tumbuh dengan baik.

Perawat dan spesialis laktasi rumah sakit akan melakukan semua yang rumah sakit bisa untuk membantu Anda dalam memberikan ASI kepada bayi. rumah sakit akan membantu Anda memompa payudara dan menyimpan ASI Anda. 

Ini akan membuat ASI Anda mengalir dan membuat persediaan susu untuk bayi. Ketika bayi sudah siap, perawat dan terapis menyusui rumah sakit akan membantu transisi untuk menyusui dengan botol atau payudara.

Bayi akan tinggal di rumah sakit sampai mereka dapat menyusu dengan baik, buang air besar secara normal dan berat badan yang cukup. Kebanyakan bayi membutuhkan waktu sekitar 6 minggu.

Jika bayi kehilangan sebagian isi perutnya (atresia usus), bayi mungkin perlu tinggal lebih lama.

Ketika bayi siap untuk pulang, mereka mungkin memerlukan obat atau selang makanan di hidung mereka (tabung NG) untuk bagian dari nutrisi mereka. Perawat rumah sakit akan membantu mengatur persediaan dan peralatan yang Anda butuhkan. 

Anda akan memiliki banyak waktu untuk mempraktikkan semua perawatan bayi sebelum pulang.

Perawatan tindak lanjut

Sebelum bayi pulang, rumah sakit menyarankan Anda untuk memilih dokter untuk bayi sehingga rumah sakit dapat menjelaskan kondisi anak dan perawatan lanjutan yang mungkin mereka butuhkan. Seperti bayi lainnya, anak akan memerlukan kunjungan yang teratur.

rumah sakit akan memeriksa bayi selama kunjungan tindak lanjut untuk memeriksa apakah mereka menyusu dengan baik dan berat badannya bertambah berat badan. anak kemungkinan akan melakukan kunjungan:

  • 2 minggu setelah meninggalkan rumah sakit
  • 1 atau 2 bulan setelah meninggalkan rumah sakit
  • Saat mereka berusia 6 bulan
  • Pada usia 1 tahun
  • Setahun sekali setelahnya

Jika ada masalah dengan pertumbuhan atau penyembuhan, rumah sakit akan memeriksa anak lebih sering. Tahun pertama Anda akan dipenuhi dengan kunjungan ke klinik, rumah sakit akan melacak pertumbuhan dan gizi anak. 

Tetapi sebagian besar anak-anak dengan gastroschisis dapat melanjutkan hidup sehat.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pediatric Omphalocele and Gastroschisis (Abdominal Wall Defects): Background, Pathophysiology, Etiology. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/975583-overview)
Gastroschisis (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/gastroschisis.html)
Facts about Gastroschisis. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/ncbddd/birthdefects/gastroschisis.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app