Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Garis Telapak Tangan Simian - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 674.885 orang

Telapak tangan Anda memiliki tiga garis utama:

"Distal" berarti "jauh dari tubuh." garis tangan yang paling distal membentang di atas telapak tangan Anda. garis tersebut mulai dekat dengan jari kelingking Anda dan berakhir di pangkal jari tengah atau jari telunjuk Anda, atau di antara keduanya.

“Proximal” berarti “menuju tubuh.” garis tangan transversal proximal berada di bawah garis tangan distal dan membentang agak sejajar dengan garis tangan distal, berjalan dari satu ujung tangan Anda ke ujung lainnya. "Thenar" berarti "bola ibu jari." Garis tangan tenar melintang secara vertikal di sekitar pangkal ibu jari Anda.

Jika Anda memiliki suatu kondisi yang disebut Garis telapak tangan melintang tunggal / Single Transverse Palmar Crease (STPC), garis tangan distal dan garis tangan proksimal bergabung membentuk satu garis tangan yang membentang dari satu ujung telapak tangan hingga ujung satunya.Sedangkan pada orang yang memiliki kondisi STPC, garis tangan thenar tetap melintang pada arah yang sama seperti orang normal.

STPC juga disebut garis tangan simian atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “simian crease", tetapi istilah itu tidak lagi dianggap tepat. STPC dapat berguna dalam mendeteksi gangguan seperti sindrom Down atau masalah perkembangan lainnya. Namun, keberadaan STPC tidak selalu berarti Anda memiliki suatu kondisi medis.

Penyebab garis telapak tangan melintang tunggal

STPC berkembang selama 12 minggu pertama perkembangan janin, atau trimester pertama. STPC tidak diketahui secara penyebabnya. Kondisi ini biasa ditemukan pada masyarakat dan tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi kebanyakan orang.

Gangguan yang terkait dengan garis telapak tangan melintang tunggal

STPC dapat membantu dokter Anda untuk mengidentifikasi sejumlah gangguan yang mungkin Anda alami. Gangguan paling terkenal yang berkaitan dengan ditemukannya STPC adalah sindrom Down, menurut National Institute of Health .

Pola STPC atau pola garis telapak tangan yang serupa dapat membantu mengidentifikasi beberapa jenis penyakit diantaranya termasuk:

Sindrom Down

Sindrom Down adalah penyakit genetik yang juga dikenal dengan penyakit trisomi 21. Pada kromosom manusia normal, terdapat 23 pasang kromoson. Saat Anda mengalami gangguan ini, Anda memiliki salinan tambahan pada kromosom nomor 21. 

Yang mana seharusnya kromosom 21 berjumlah 2 buah, tetapi pada orang dengan sindrom Down, mereka memiliki kromosom 21 berjumlah 3 buah. Kondisi ini menyebabkan kelainan genetik yang mengakibatkan cacat intelektual, penampilan wajah yang khas, postur tubuh yang relatif pendek dan peningkatan risiko terjadinya kelainan jantung bawaan dan masalah pencernaan.

Sindrom alkohol janin

Sindrom ini muncul pada anak-anak yang ibunya minum alkohol selama masa kehamilan. Kerusakan akibat alkohol dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan dan pertumbuhan terhambat, dan anak-anak dengan gangguan ini juga mungkin mengalami:

  • masalah jantung
  • masalah sistem saraf
  • masalah sosial
  • masalah perilaku

Sindrom Aarskog
Sindrom ini adalah kondisi genetik bawaan yang berhubungan dengan kromosom X Anda. Sindrom ini memengaruhi fitur wajah, kerangka, dan perkembangan otot Anda.

Komplikasi yang terkait dengan garis telapak tangan melintang tunggal

Garis telapak tangan melintang tunggal biasanya tidak menyebabkan komplikasi. Dalam satu kasus yang dilaporkan ,Garis telapak tangan melintang tunggal dikaitkan dengan tulang karpal tangan yang menyatu. 

Tulang karpal yang menyatu dapat disebabkan oleh berbagai macam kelainan dan dapat menimbulkan nyeri pada tangan, tulang karpal yang menyatu meningkatkan kemungkinan terjadinya patah tulang tangan yang lebih besar, dan meningkatkan terjadinya artritis (peradangan pada persendian tangan).

Prospek untuk orang-orang dengan lipatan palmer melintang tunggal

Garis telapak tangan melintang tunggal dengan sendirinya tidak menyebabkan masalah kesehatan dan sering ditemukan di antara orang sehat tanpa mengalami gangguan apapun. 

Jika Anda memiliki kondisi ini, dokter Anda dapat menggunakannya untuk mencari karakteristik fisik lain dari berbagai kondisi. Dokter juga mungkin akan melakukan beberapa tes untuk memastikan tidak Ada yang salah dengan diri Anda, tentu saja jika Anda membutuhkannya.

Ditinjau secara medis oleh Karen Richardson Gill, MD pada 4 April 2016 - Ditulis oleh Lydia Krause

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit