HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Fraktur Garis Rambut - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 19, 2019 Update terakhir: Jun 11, 2020 Waktu baca: 3 menit

Fraktur adalah patah tulang, fraktur dapat berkisar dari retakan tulang hingga tulang yang patah menjadi dua bagian. Fraktur garis rambut adalah salah satu fraktur retakan kecil pada tulang yang sering terjadi pada kaki atau tungkai bawah.

Fraktur garis rambut sering disebabkan oleh olahraga yang melibatkan lompatan berulang atau berlari. Fraktur garis rambut juga dapat terjadi pada lengan dan seringkali berhubungan dengan jatuh atau kecelakaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Fraktur garis rambut biasanya berkembang secara bertahap sebagai akibat dari penggunaan tulang yang berlebihan. Siapapun dapat menderita fraktur garis rambut, terutama jika sering melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan berulang yang memberi tekanan pada tulang atau persendian. Fraktur garis rambut dapat sembuh dengan istirahat yang cukup.

Apa yang menyebabkan fraktur garis rambut?

Tulang memiliki struktur yang kaku. Ketika tulang terus menerus mendapatkan tekanan, baik itu dari luar maupun tekanan dari dalam berupa berat badan tubuh dalam jangka waktu yang lama, tulang akan mengalami retakan mikroskopis, yang dikenal sebagai fraktur garis rambut atau fraktur stres.

Olahraga yang memiliki intensitas yang tinggi memiliki risiko menyebabkan fraktur garis rambut yang paling signifikan, contohnya:

  • bola basket
  • tenis
  • balet
  • sepak bola atau rugby
  • olahraga trek dan lapangan
  • sepak bola
  • hoki

Fraktur garis rambut juga dapat disebabkan akibat perubahan mendadak atau tidak proporsional dengan intensitas, durasi, frekuensi, atau jenis aktivitas fisik. Penting untuk diingat bahwa cedera ini dapat terjadi walaupun Anda memiliki kondisi tulang yang sehat.

Faktor-faktor tertentu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya fraktur patah rambut, contohnya:

  • Jenis Kelamin: Fraktur garis rambut lebih sering terjadi pada wanita, terutama mereka yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Kelainan anatomi: Beberapa kelainan dapat mengintensifkan ketegangan pada tulang tertentu, seperti memiliki kaki datar
  • Masalah tulang: Kondisi yang melemahkan tulang, seperti osteoporosis
  • Riwayat menderita fraktur garis rambut sebelumnya: Fraktur garis rambut menyebabkan tulang menjadi lebih rentan terhadap fraktur yang berulang
  • Ketidakseimbangan diet: Tulang yang lemah dapat disebabkan oleh pola makan yang kekurangan nutrisi penting untuk kesehatan tulang, seperti kalsium atau vitamin D, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya fraktur garis rambut terjadi.

Gejala fraktur garis rambut

Gejala dari fraktur garis rambut dapat bervariasi. Rasa sakit akibat fraktur garis rambut dapat meningkat ketika orang tersebut melakukan kegiatan yang menyebabkan ketegangan pada tulang yang retak. Fraktur garis rambut dapat menghambat mobilitas seseorang. Gejala lain yang mungkin disebabkan oleh fraktur garis rambut, meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bagaimana cara mencegah terjadinya fraktur garis rambut?

Terkadang, fraktur garis rambut sulit dicegah. Namun ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya fraktur, diantaranya:

  • menggunakan peralatan olahraga berkualitas tinggi
  • tidak berhenti secara tiba-tiba dalam keadaan berlari kencang
  • beristirahat yang cukup setelah berolahraga
  • makan makanan yang sehat dan seimbang, yang mencakup jumlah kalsium dan vitamin D yang tepat
  • tidak mengabaikan rasa sakit yang disebabkan oleh berolahraga, dan segera mencari pertolongan medis untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Bagaimana penanganan fraktur garis rambut yang tepat?

Diagnosa

Seorang dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu, di mana dokter akan menilai reaksi orang tersebut terhadap tekanan pada daerah yang mengalami cedera. Seorang dokter dapat mengkonfirmasi diagnosis melalui pemeriksaan radiologi yang meliputi:

  • magnetic resonance imaging (MRI)
  • X-ray
  • bone scan

Fraktur garis rambut mudah ditangani, tetapi untuk mendapatkan perawatan yang optimal, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda menemukan gejala-gejala yang mengarah terjadinya fraktur garis rambut. Mengabaikan fraktur garis rambut dapat menyebabkan fraktur yang lebih serius atau patah, sehingga lebih sulit untuk diobati.

Pengobatan

Sebagian besar fraktur garis rambut dapat sembuh sendiri jika seseorang yang mengalami cedera tidak memberikan beban pada tungkai yang mengalami cedera. Selama 24 hingga 48 jam pertama, Anda dapat mengurangi pembengkakan dengan memberikan kompres es dan memposisikan tulang Anda yang mengalami cedera lebih tinggi dari jantung Anda.

Anda dapat memberikan beban pada tulang yang mengalami cedera setelah istirahat selama minimal 2 minggu. Selama masa pemulihan, Anda juga dapat melakukan aktivitas ringan untuk memacu proses penyembuhan yang lebih cepat. Pemulihan total biasanya membutuhkan waktu antara 6 hingga 8 minggu.

Dalam beberapa kasus, dokter akan merekomendasikan penggunaan gips, atau deker untuk meminimalkan ketegangan pada kaki atau tangan yang mengalami cedera.

Pada beberapa kasus fraktur garis rambut yang parah dan terjadi komplikasi, mungkin diperlukan operasi untuk menangani fraktur garis rambut. Tetapi hal ini sulit dilakukan.


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
William Morrison, M.D., Hairline (Stress) Fracture (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319822.php), 26 October 2017.
William Morrison, MD, Hairline (Stress) Fracture (https://www.healthline.com/health/hairline-fracture), 19 September 2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app