Epikondilitis medial : Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Update terakhir: Apr 22, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 656.356 orang

Epikondilitis medial (siku pegolf) adalah sejenis peradangan tendon yang menyerang bagian dalam siku. epikondilitis medial terjadi pada tendon di otot lengan atas yang terhubung ke bagian tulang di bagian dalam siku.

Tendon bertugas untuk menempelkan otot ke tulang. Karena cedera atau iritasi, tendon bisa mengalami peradangan, pembengkakan dan menimbulkan nyeri. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Meskipun epikondilitis medial disebut sebagai siku pegolf,  tetapi epikondilitis medial tidak hanya mempengaruhi pegolf. Kondisi ini dapat terjadi akibat aktivitas apapun yang melibatkan penggunaan lengan atau pergelangan tangan, termasuk tenis dan baseball.

Apa yang menyebabkan terjadinya Epikondilitis Medial?

Epikondilitis medial disebabkan oleh iritasi otot atau tendon pada daerah siku bagian dalam akibat penggunaan otot-otot tangan secara berulang. Hal ini bisa terjadi ketika mengayunkan tongkat golf atau melempar bola baseball. Kemungkinan penyebab lain dari epikondilitis medial meliputi:

  • Melakukan servis tenis menggunakan kekuatan yang cukup besar
  • Otot bahu dan otot pergelangan tangan yang lemah
  • Menggunakan raket tenis yang terlalu pendek, atau terlalu berat
  • Melempar lembing
  • Membawa koper yang berat
  • Memotong kayu dengan kapak
  • Mengoperasikan gergaji mesin
  • Sering menggunakan perkakas tangan lainnya secara terus menerus

Gejala Epikondilitis Medial

Gejala epikondilitis medial yang paling umum adalah nyeri di sepanjang sisi telapak tangan, dari siku ke pergelangan tangan, di sisi yang sama dengan jari kelingking. Rasa sakit dapat dirasakan saat menekuk pergelangan tangan ke arah telapak tangan (volar) , atau saat meremas bola karet.

Gejala epikondilitis medial lainnya yang dapat Anda temukan meliputi :

  • rasa sakit di bagian dalam siku Anda
  • kekakuan siku
  • kelemahan tangan dan pergelangan tangan
  • kesulitan menggerakkan siku

Bagaimana mencegah terjadinya Epikondilitis Media?

Epikondilitis medial dapat terjadi pada siapa saja, tetapi ada cara untuk mengurangi risiko Anda mengalami kondisi ini.

  • Melakukan peregangan sebelum melakukan aktivitas fisik. Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan atau peregangan untuk mencegah terjadinya cedera. Peregangan dapat dilakukan dengan berjalan santai atau jogging.
  • Melakukan teknik atau gerakan yang benar. Teknik atau gerakan yang tidak tepat dapat memberi tekanan ekstra pada siku dan pergelangan tangan Anda sehingga dapat menyebabkan tendinitis. Anda dapat bertanya kepada pelatih olahraga atau personal trainer Anda untuk mempelajari teknik yang benar saat berolahraga dan latihan.
  • Istirahatkan lengan Anda. epikondilitis medial dapat terjadi jika Anda melanjutkan aktivitas atau olahraga tertentu saat mengalami cedera pada lengan. Hentikan aktivitas apa pun yang menyebabkan rasa sakit untuk menghindari terjadinya komplikasi lebih lanjut.
  • Tingkatkan kekuatan otot lengan. Meningkatkan kekuatan otot lengan Anda juga bisa mencegah munculnya epikondilitis medial. Meningkatkan kekuatan otot dapat dilakukan dengan latihan mengangkat beban ringan atau meremas bola tenis.

Bagaimana penanganan Epikondilitis Medial yang tepat?

Diagnosa

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Diagnosa epikondilitis medial biasanya dapat dibuat berdasarkan pemeriksaan fisik. Dokter akan meminta Anda untuk meletakkan lengan di atas meja, telapak tangan menghadap ke atas, dan meminta Anda untuk mengangkat tangan dengan menekuk pergelangan tangan melawan resistensi. 

Jika seseorang memiliki epikondilitis medial, biasanya bagian dalam siku akan terasa sakit.

Pemeriksaan X-ray juga dapat dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain yang dapat menimbulkan gejala yang sama dan menegakan diagnosa epikondilitis.

Pengobatan Epikondilitis Medial

Nyeri, kekakuan, dan kelemahan yang disebabkan oleh epikondilitis medial dapat membaik dengan pengobatan sederhana di rumah.

  • Istirahatkan lengan. Menggunakan lengan yang sakit berulang kali dapat memperpanjang waktu penyembuhan dan memperburuk gejala Anda. Hentikan aktivitas yang melibatkan gerakan berulang pada lengan yang mengalami cedera hingga rasa sakitnya hilang. Setelah rasa sakit hilang, Anda dapat mencoba kembali beraktivitas secara perlahan untuk menghindari terjadinya komplikasi.
  • Kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan, rasa sakit, dan peradangan. Bungkus es dengan menggunakan handuk dan letakan kompres pada siku Anda hingga 20 menit, 3 atau 4 kali sehari.
  • Menggunakan obat yang dijual bebas (OTC). Ibuprofen dan acetaminophen dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Minum obat sesuai petunjuk. Tergantung pada tingkat keparahan nyeri, dokter Anda dapat merekomendasikan suntikan steroid.
  • Lakukan latihan peregangan. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai latihan yang aman untuk meregangkan dan memperkuat tendon Anda. Jika Anda mengalami kelemahan atau mati rasa, Anda mungkin dapat menjalani terapi fisik.
  • Kenakan penyangga. Mengenakan penyangga dapat mengurangi tendinitis dan ketegangan otot. Pilihan lain adalah melilitkan perban elastis di sekitar siku Anda.

Sebagian besar kasus akan membaik dengan obat OTC dan pengobatan rumahan. Jika gejala Anda tidak membaik, dokter mungkin menyarankan operasi sebagai upaya terakhir. 

Operasi ini dikenal sebagai pelepasan epicondylar medial terbuka. Selama prosedur, seorang ahli bedah membuat sayatan di lengan Anda, memotong tendon, menghilangkan jaringan yang rusak di sekitar tendon, dan kemudian menempelkan kembali tendon.

Epikondilitis medial bisa terasa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas, tetapi kondisi ini tidak menyebabkan cedera dalam jangka waktu yang panjang. Semakin cepat Anda mengistirahatkan lengan Anda dan memulai perawatan, semakin cepat Anda dapat pulih dan melanjutkan aktivitas fisik.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit