Efek Samping Penggunaan KB bagi Wanita sesuai Jenisnya

Setiap jenis KB memiliki kelebihannya sendiri yang reaksinya berbeda-beda pada tubuh wanita. Jangan menggunakan KB yang membuat Anda merasa tidak nyaman.
Dipublish tanggal: Jun 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Efek Samping Penggunaan KB bagi Wanita sesuai Jenisnya

KB merupakan sebuah alat kontrasepsi yang digunakan agar tidak terjadi proses pembuahan dan kehamilan. Ada banyak sekali jenis KB yang bisa digunakan sesuai dengan pilihan Anda. Hanya saja untuk setiap KB yang digunakan memiliki efek samping yang hampir sama pada umumnya.

1. Pembekuan darah

Pada KB jenis hormonal Anda bisa mengalami pembekuan darah yang meningkat karena jenis KB ini berisi estrogen. Ada juga beberapa jenis KB hormonal yang mengandung progesteron seperti drospirenone. KB hormonal ini contohnya adalah KB pil, NuvaRing, dan patch KB. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Pembekuan darah ini akan mempengaruhi bagian pembuluh darah di kaki bawah atau pun paha.

Ada akan mengalami gejala dengan kulit yang merah, bengkak, terasa nyeri, dan hangat.   Bahkan bisa mengalami sesak napas saat sedang terjadi pembekuan darah. Jika sudah mengalami masalah ini jangan didiamkan ini menunjukkan KB tersebut tidak cocok. 

Anda bisa kembali melakukan konsultasi ke bidan untuk memilih jenis KB yang lainnya.

2. Masalah menstruasi

Risiko lain yang akan dialami adalah masalah menstruasi. Anda bisa mengalami siklus menstruasi yang lebih lama atau bisa juga tidak mengalami menstruasi. Siklus menjadi tidak teratur setiap bulannya. Risiko ini membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil.

3. Sulit hamil

Anda yang sudah lama menggunakan KB saat dilepaskan dan ingin hamil akan kesulitan untuk bisa hamil. Butuh waktu yang lama untuk membuat Anda kembali mendapatkan kesuburan.  Selama menunggu itu perlu mempersiapkan diri dengan mengonsumsi makanan sehat dan pendukung kesuburan.

4. Kepadatan tulang

Risiko dari pemakaian KB Anda bisa terkena masalah kepadatan tulang yang berkurang. Masalah ini rentan terjadi pada wanita yang usianya di bawah 18 tahun atau wanita yang usianya sudah mendekati menopause

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ketika sudah mengalami masalah kepadatan tulang ini akan susah untuk kembali pulih. Anda harus mengkonsumsi banyak suplemen vitamin D untuk pengobatan.

5. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan risiko sepele yang berlangsung lama akibat penggunaan KB. Anda akan mengalaminya secara terus menerus untuk semua bagian kepala. Bahkan semakin hari bisa semakin memperburuk kondisi kepala. Akibatnya Anda akan menjadi ketergantungan dengan obat sakit kepala.

6. Perut kembung

Perut kembung bisa jadi petanda Anda mengalami masalah pada pencernaan. Jadi KB juga berisiko membuat Anda mengalami perut kembung bahkan kram pada bagian perut. 

Masalah ini terjadi karena kandungan progesteron yang ada di dalam KB memperlambat pencernaan di usus. Hanya saja tidak semua jenis KB membuat Anda mengalami masalah ini.

7. Berat badan naik atau turun

Risiko selanjutnya yang bisa terjadi adalah berat badan yang naik atau pun turun. Banyak wanita yang saat menggunakan KB berat badannya akan naik dengan begitu cepat. Ada pula wanita semakin kurus saat menggunakan KB. Ini biasanya karena masalah cocok atau tidaknya KB tersebut dengan tubuh.

8. Kanker selaput otak

Risiko terburuk dari penggunaan KB bisa menyebabkan Anda mengalami masalah kanker selaput otak. Kondisi ini terjadi karena efek samping KB yang membuat penumpukan cairan di bagian otak. 

Anda akan mengalami gejala sakit kepala yang parah, gangguan penglihatan, bahkan komplikasi penyakit lainnya.

Anda yang paling tahu mana jenis KB dengan efek samping paling minim atau hampir tidak dirasakan. Setiap jenis KB memiliki kelebihannya sendiri yang reaksinya berbeda-beda pada tubuh wanita. Jangan menggunakan KB yang membuat Anda merasa tidak nyaman.  


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Birth Control Pills Side Effects, Types & Brands. eMedicineHealth. (Accessed via: https://www.emedicinehealth.com/birth_control_medications_contraceptives/article_em.htm)
Birth control pills - overview. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/article/007460.htm)
Birth Control Pill. Cleveland Clinic. (Accessed via: https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/3977-birth-control-the-pill)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app