Witch Hazel: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Witch hazel adalah tanaman yang dimanfaatkan untuk membuat air Hamamelis. Daun, kulit kayu, dan ranting tanaman witch hazel digunakan untuk membuat obat. Biasanya tanaman ini dijual sebagai produk yang disebut witch hazel water, yang merupakan cairan yang disuling dari daun kering, kulit kayu, dan ranting witch hazel.

Witch hazel digunakan dengan cara diminum untuk mengatasi diare, peradangan usus berlendir, muntah darah, batuk darah, TBC, pilek, demam, tumor, dan kanker.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa orang menerapkan witch hazel secara langsung ke kulit untuk mengatasi gatal, nyeri dan bengkak (akibat peradangan), peradangan mata, cedera kulit, radang selaput lendir, varises, wasir, memar, gigitan serangga, luka bakar ringan, jerawat, kulit kepala sensitif, dan iritasi kulit lainnya.

Witch hazel water digunakan sebagai astringent untuk mengencangkan kulit. Witch hazel water juga termasuk ke dalam kelompok obat-obatan yang memiliki kemampuan untuk memperlambat atau menghentikan pendarahan. Obat-obatan tersebut dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga, sengatan lebah, gigitan hewan, wasir, gatal, iritasi, dan sakit ringan.

Mengenai Witch Hazel

Golongan
Herbal

Kemasan
creams, gels, and salep

Kandungan
calcium oxalate
Gallotannins
Safrole
Carvacrol
Eugenol

Manfaat Witch Hazel
Witch hazel mengandung bahan kimia yang disebut tanin. Ketika dioleskan langsung ke kulit, witch hazel dapat membantu mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kulit yang rusak, dan melawan bakteri.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Berikut beberapa manfaat witch hazel water :

Wasir
Menerapkan air witch hazel ke kulit dapat membantu meredakan gatal, ketidaknyamanan, iritasi, dan sensasi terbakar akibat wasir dan gangguan pada anus lainnya.

Pendarahan
Menerapkan air witch hazel ke kulit dapat mengurangi pendarahan kecil.

Iritasi kulit
Mengoleskan krim witch hazel tampaknya dapat meredakan iritasi kulit ringan, tetapi tidak sebaik hidrokortison. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengoleskan salep hazel witch (Hametum) pada kulit tampaknya dapat meningkatkan gejala cedera kulit atau kulit yang teriritasi seefektif salep dexpanthenol pada anak-anak.

Mengurangi Sensitivitas Kulit Kepala
Sensitivitas kulit kepala dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari perawatan rambut yang tidak baik, kosmetik hingga kondisi dermatologis, seperti psoriasis atau dermatitis seboroik.

Mengoleskan sedikit witch hazel ke kulit kepala sebelum mencuci rambut dapat membantu mengatasi kulit kepala yang terlalu sensitif dengan meredakan gejala, seperti gatal dan nyeri tekan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengatasi Sakit Tenggorokan
Karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan, witch hazel kadang-kadang dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Penggunaan witch hazel diyakini dapat membantu mengurangi pembengkakan, mengurangi rasa sakit dan mengurangi produksi lendir yang disebabkan oleh sakit tenggorokan.

Melindungi Kulit Terhadap Kerusakan
Witch hazel kaya akan tanin, senyawa tanaman alami yang memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan saat dioleskan.

Menangkal Infeksi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa witch hazel mungkin bermanfaat dalam mengatasi beberapa jenis infeksi virus. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat efek witch hazel dan dampak potensial infeksi virus pada orang dewasa.

Dosis Witch Hazel

Dosis dewasa
Diterapkan pada kulit :
Untuk iritasi kulit: Lotion yang mengandung 10% air witch hazel.

Diterapkan pada anus:
Untuk mengatasi gatal dan ketidaknyamanan akibat wasir dan gangguan pada anus lainnya: Witch hazel water dapat diterapkan hingga 6 kali per hari atau setelah setiap buang air besar. Penggunaan suppositoria dapat diberikan pada anus 1-3 kali per hari.

Dosis Anak-anak
Diterapkan pada kulit :
Untuk mengatasi iritasi kulit: Salep yang mengandung witch hazel dapat diterapkan beberapa kali sehari pada anak usia 2-11 tahun.

Efek Samping Witch Hazel

Witch hazel aman digunakan bagi kebanyakan orang dewasa ketika dioleskan langsung ke kulit. Pada beberapa orang, penggunaan witch hazel dapat menyebabkan iritasi kulit ringan. Witch hazel aman digunakan bagi kebanyakan orang dewasa ketika digunakan sesuai dengan dosis kecil. Pada beberapa orang, witch hazel dapat menyebabkan sakit perut ketika diminum. Sedangkan jika dikonsumsi dalam dosis besar, witch hazel dapat menyebabkan masalah hati.

Witch hazel mengandung bahan kimia penyebab kanker (safrole), tetapi kandungan safrole dalam witch hazel hanya dalam jumlah yang terlalu kecil.

Interaksi Witch Hazel

Hingga saat ini belum ada informasi ataupun laporan apapun mengenai interaksi witch hazel dalam bentuk apapun dengan penggunaannya bersama dengan obat-obatan lain. Untuk memastikan keamanan penggunaannya, konsultasikan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya jika Anda berencana untuk mengkonsumsi obat-obatan bersamaan dengan produk ini

Perhatian

Anak-anak: Witch hazel aman bagi anak-anak untuk diaplikasikan langsung ke kulit.

Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup mengenai keamanan dalam menggunakan witch hazel jika Anda sedang hamil atau menyusui. Hindari penggunaan produk-produk kesehatan apapun tanpa indikasi yang jelas.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Witch Hazel: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/witch_hazel/supplements.htm)
Witch Hazel Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/witch-hazel.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app