Diet Luka Bakar untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Diet Luka Bakar untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Luka bakar menjadi salah satu jenis luka serius yang bisa menimpa siapa saja, terutama anak-anak. World Health Organization mengutarakan bahwa luka bakar menjadi sebab ke-11 dari kemungkinan kematian anak usia 1 sampai dengan 9 tahun di seluruh dunia. 

Luka bakar juga menempati posisi kelima yang menyebabkan terjadinya kecacatan fisik terhadap anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penyebab luka bakar karena adanya paparan zat panas mengenai kulit sehingga dampaknya membuat kulit melepuh dan meninggalkan luka memerah. Luka bakar yang menjadi masalah kesehatan semua orang di dunia ini diperkirakan sudah menjangkit sebanyak 265 ribu orang dan berujung pada kematian. 

Saking parahnya dampak yang diakibatkan luka bakar, kondisi buruk tertinggi adalah menyebabkan kematian.

Tingkatan Luka Bakar

Luka bakar menyebabkan rasa panas pada tubuh, di samping menampakkan warna luka memerah, melepuh, dan tidak nyaman dipandang mata. Luka bakar ini memiliki beberapa tingkatan, di mana tingkatan tersebut dibedakan berdasarkan jenis lukanya. 

Berikut penjelasan beberapa tingkatan luka bakar yang mesti Anda ketahui:

  •  Luka Bakar tingkat 1

Membayangkan luka bakar tidak selamanya langsung disebabkan oleh api yang menyala-nyala. Luka bakar juga bisa salah satunya disebabkan dari paparan sinar matahari berlebihan pada kulit. Salah satu luka bakar tingkat 1 merupakan luka bakar luar yang terjadi pada bagian epidermis kulit. Luka bakar ini ditandai dengan kulit kemerahan, kering, perih, dan juga munculnya sensasi gatal terhadap kulit.

Luka bakar tingkat 2 berbeda lagi dengan luka bakar tingkat 1. Sebab pada luka bakar tingkat 2 ini sudah masuk ke kategori luka tapi tidak berdarah. Hal yang dimaksudkan adalah posisi luka tersebut berada tepat di bawah kulit, bukan di atas kulit. Luka bakar ini ditandai dengan gejala kemerahan pada kulit, munculnya bengkak yang disertai dengan rasa sakit, serta adanya cairan di dalam bagian bengkak tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Luka Bakar tingkat 3

Luka bakar tingkat 3 ini bisa dikatakan sudah parah, namun belum mencapai klimaks dari keseluruhan pembagian jenis luka bakar. Pun demikian pada tingkatan ini kondisi tubuh yang terkena luka sudah mengalami kerusakan pada keseluruhan sel kulit, otot, dan juga pembengkakan di pembuluh darah. Tanda-tanda seperti ini disebabkan oleh terjadinya luka yang sangat dalam melebihi lapisan dermis.

  • Luka Bakar tingkat 4

Terakhir, tingkatan luka bakar yang keempat adalah jenis luka bakar di mana penderita tidak akan merasakan rasa sakit sama sekali sebab sel sarafnya sudah tidak berfungsi dengan baik. Adapun berbagai organ yang diserang adalah otot, tendon, dan juga tulang.

Asupan penting untuk diet Luka Bakar

Dari berbagai tingkatan luka bakar, sebenarnya Anda bisa melakukan diet untuk menstabilkan kondisi tubuh sebab luka bakar. Ada beberapa asupan makanan yang mesti diperhatikan supaya tubuh tetap dalam kondisi baik-baik saja. Berbagai asupan itu seperti:

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi protein sesuai dengan porsi yang dianjurkan adalah cara alami mengatasi masalah luka bakar pada tubuh Anda. Asupan protein ini diperlukan guna memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.
  • Pengaruh dari luka bakar bisa mengganggu kekuatan tubuh karena banyak sekali energy yang terbuang. Untuk itu, mengonsumsi karbohidrat cukup adalah solusi terbaik supaya asupan sumber energy tubuh bisa dipenuhi sebaik mungkin.
  • Mengonsumsi makanan kaya lemak memang bagus untuk proses penyembuhan luka bakar. Dengan catatan asalkan kandungan lemak dalam makanan adalah lemak jenuh, misal lemak pada kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, dan juga ikan.
  • Terakhir, pastikan asupan vitamin dan mineral juga cukup ketika Anda menjalani diet luka bakar.

Menelisik sedemikian parahnya akibat dari luka bakar, penting untuk kita mencegah sebelum mengobatinya.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Overview of nutrition support in burn patients. UpToDate. (https://www.uptodate.com/contents/overview-of-nutrition-support-in-burn-patients)
WHAT, HOW, AND HOW MUCH SHOULD BURN PATIENTS BE FED?. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3255093/)
Nutrition in Burns: Galveston Contributions. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3778650/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Menangani Luka Bakar Agar Tidak Infeksi
Cara Menangani Luka Bakar Agar Tidak Infeksi

Biasanya dokter akan meresepkan salep khusus luka bakar seperti kolagenase, larutan salin, dan obat pereda nyeri agar rasa sakit yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi. Untuk menghindari terjadinya infeksi, perlu dilakukan penanganan pertama untuk luka bakar Anda.

Buka di app