Depresi Pada Pria

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Depresi Pada Pria

Sebagai kepala rumah tangga, tentunya seorang pria menanggung beban yang berat. Masalah pekerjaan di kantor atau keuangan keluarga, dapat menambah beban Anda. Tidak jarang, hal-hal tersebut dapat membuat Anda stress dan depresi.

Gejala-gejala Depresi

Kenali gejalanya agar depresi dapat diobati dan Anda bisa beraktivitas kembali dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Kelelahan

Depresi menyebabkan penderitanya mengalami serangkaian perubahan fisik dan emosional. Umumnya, penderita depresi akan kesulitan berpikir, kesulitan menyelesaikan masalah, berbicara, bergerak dengan lambat karena merasa lelah.

2. Pola tidur yang berubah

Misalnya, sulit tidur atau sering terbangun. Sebagian diantaranya, tetap merasa lelah atau mengantuk walaupun sudah tidur lebih dari dua belas jam. Gangguan tidur dan kelelahan adalah gejala utama pada depresi.

3. Gangguan pada perut atau punggung

Misalnya sembelit, diare, sakit kepala atau nyeri punggung. Sayangnya, hal-hal tersebut sering tidak disadari sebagai gejala dari depresi.

4. Mudah marah

Berpikiran negatif. Lebih memilih menyelesaikan persoalan dengan ‘otot’, penderita yang menyadari ada sesuatu yang salah mungkin perlu untuk mengkompensasi dengan menunjukkan bahwa dia masih kuat atau mampu.

5. ‘Mengalihkan’ kemarahan

Tidak hanya pada pria, wanita juga sering ‘melampiaskan’ kemarahannya dengan menggunakan obat-obatan atau alkohol.

6. Disfungsi seksual

Depresi juga seringkali menyebabkan pria kehilangan gairah seksualnya dan disfungsi ereksi. Keduanya dapat memperparah depresi itu sendiri.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Martin LA, Neighbors HW, Griffith DM. The Experience of Symptoms of Depression in Men vs Women: Analysis of the National Comorbidity Survey Replication. JAMA Psychiatry. 2013;70(10):1100–1106. doi:10.1001/jamapsychiatry.2013.1985. JAMA Network. (https://jamanetwork.com/journals/jamapsychiatry/fullarticle/1733742)
Depression in Men - Depression Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/depression/depression-in-men.aspx)
Symptoms Of Depression In Men - Causes and Symptoms of Depression. Men's Health. (https://www.menshealth.com/health/g19545131/symptoms-of-depression-in-men/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app