Daktarin Diaper: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 24, 2020 Waktu baca: 2 menit

Daktarin diaper adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi pada kulit bayi, misalnya ruam popok. Daktarin diaper mengandung zat aktif miconazole yang termasuk obat anti jamur golongan imidazole, dikombinasikan dengan Zn oxide, senyawa anorganik yang bisa digunakan sebagai penghilang bau dan mempunyai sifat anti bakteri.Berikut ini adalah informasi lengkap daktarin diaper yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik

johnson & johnson

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

golongan

Bisa diperoleh tanpa resep dokter

kemasan

Daktarin diaper dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Tube 10 gram salep

kandungan

tiap gram daktarin diaper mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Miconazole adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi jamur pada kulit seperti (panu, kurap, dan kaki atlet), dan infeksi jamur pada mulut dan vagina. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai obat sariawan pada bayi. Obat ini termasuk golongan imidazole yang bekerja dengan cara mengubah permeabilitas dinding sel jamur. Miconazole mengikat fosfolipid dalam membran sel dan menghambat biosintesis ergosterol dan sterol lain yang diperlukan untuk produksi membran sel. Hal ini menyebabkan kematian sel melalui hilangnya unsur intraseluler.Miconazole juga biasa dikombinasikan dengan dexamethasone atau betamethasone sebagai cream topikal untuk mengobati tinea corporis (kurap), tinea cruris (jock itch/gatal atlet), atau tinea pedis (athlete’s foot/kaki atlet).Zn oxide adalah senyawa anorganik yang bisa digunakan sebagai penghilang bau dan mempunyai sifat anti bakteri. Zn oxide juga banyak digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi kulit, dalam produk-produk bedak, cream atau salep. senyawa ini bisa digunakan untuk mengobati ruam popok bayi, sebagai cream calamine, shampo anti ketombe, salep anti septik, dan cream tabir surya.

Indikasi

Berikut ini adalah beberapa kegunaan daktarin diaper :

  • Daktarin diaper digunakan untuk mengobati infeksi kering atau basah pada kulit bayi dan anak-anak akibat terlalu lama kontak dengan urin dan tinja saat menggunakan popok.

Kontra indikasi

  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada miconazole atau obat golongan imidazole lainnya, serta komponen lain obat ini.

Efek samping diaper

Berikut adalah beberapa efek samping daktarin diaper :

  • Sediaan topical yang digunakan pada kulit umumnya mempunyai efek samping seperti rasa panas, eritema, edema, gatal, rasa seperti terbakar, pedih, urtikaria, dan kejadian iritasi umum lain.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan daktarin diaper adalah sebagai berikut :

  • Pemakaian harus dihentikan jika muncul ruam kulit atau tanda lain yang menunjukkan reaksi alergi.

interaksi obat

Tidak ada interaksi obat yang signifikan untuk sediaan topikal. Namun, untuk sediaan oral ada beberapa interaksi dengan obat lain :

  • miconazole dapat meningkatkan konsentrasi serum phenytoin dan fosphenytoin.
  • Dapat mengurangi efek terapi Saccharomyces boulardii. Kombinasi kedua obat ini sebaiknya tidak dilakukan.
  • Dapat meningkatkan efek hipoglikemik obat-obat golongan sulfonilurea.
  • meningkatkan konsentrasi antikoagulan warfarin.

Dosis daktarin diaper

Daktarin diaper diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • bersihkan dan keringkan area kulit yang terinfeksi sebelum menggunakan obat.
  • oleskan obat pada seluruh area kulit yang terinfeksi.
  • obat dioleskan 2 x sehari selama setidaknya 10 hari setelah lesi sembuh.

Terkait

  • merk-merk obat dengan kandungan zat aktif miconazole
  • merk-merk obat dengan kandungan zat aktif miconazole dan zn oxide
  • Obat yang termasuk anti jamur golongan imidazole
  • Baca beberapa artikel penyakit kulit berikut : kutu air, panu

Dalam pemilihan obat, manfaat yang diperoleh harus dipastikan lebih besar daripada risiko yang mungkin dialami pasien. Oleh karena itu, penggunaan Daktarin diaper harus sesuai dengan yang dianjurkan.


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Miconazole. World Health Organization (WHO). (https://apps.who.int/medicinedocs/en/d/Jh2918e/24.10.html)
Lawrence Eichenfield. Comparative absorption of 0.25% and 2% miconazole nitrate preparations in infants with diaper dermatitis. Journal of the American Academy of Dermatology, Volume 56, Issue 2, AB80. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaad.2006.10.384. Journal of the American Academy of Dermatology. (https://www.jaad.org/article/S0190-9622(06)03236-1/fulltext)
Daktarin 2% w/w cream - Summary of Product Characteristics. electronic medicines compendium (emc). (https://www.medicines.org.uk/emc/product/1435/smpc)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app