Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Daftar Pilihan Olahraga Mudah untuk Wanita di Rumah

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.010.449 orang

Berolahraga rutin setiap hari sangat penting untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Sayangnya, tidak semua orang dapat berolahraga rutin setiap hari. 

Beberapa faktor menghalangi seseorang untuk berolahraga misalnya kesibukan pekerjaan dan sebagainya. Bagi Anda para wanita, jangan jadikan kesibukan pekerjaan menghalangi Anda untuk tetap bugar. 

Di bawah ini adalah beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan dari rumah. Simak ulasannya.

Sit up

Olahraga sit up merupakan olahraga yang sangat dianjurkan terutama untuk mengecilkan ukuran perut yang besar. Bagi Anda para wanita yang sering duduk di kantor, tentu mengeluhkan ukuran perut yang sedikit membuncit akibat jarang berolahraga. 

Oleh sebab itu, sit up menjadi olahraga yang sebaiknya Anda pilih untuk mengecilkan perut. Cara melakukannya juga sangat mudah dan tanpa biaya.

Cara melakukan sit up juga mudah, Anda hanya cukup berbaring terlentang di permukaan yang datar dan halus. Kemudian tekuk kedua kaki hingga ke bagian lutut sampai telapak kaki Anda menempel di lantai. 

Letakkan kedua tangan di belakang kepala lalu angkat kepala hingga menyentuh lutut kaki yang ditekuk. Jika Anda sudah mampu mengangkat kepala tanpa menyebabkan kaki bergeser, maka Anda tidak memerlukan bantuan orang lain untuk memegangi kaki Anda. 

Namun, jika belum mampu sebaiknya minta tolong seseorang untuk memegangi kaki Anda. Lakukan gerakan sit up sekurang-kurangnya 30 kali setiap hari.

Jogging

Jogging menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan dari rumah. Kebanyakan orang melakukan jogging dari rumah dengan bantuan alat treadmill. 

Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa melakukan jogging tanpa bantuan alat treadmill? Jika Anda tidak memiliki pekarangan yang cukup luas, Anda bisa jogging mengitari ruangan di rumah Anda. Lakukan jogging selama kurang lebih 30 menit sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berjalan cepat

Selain jogging, olahraga berjalan cepat merupakan jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk dilakukan dari rumah. Cara melakukannya yaitu Anda hanya cukup berjalan seperti biasa namun dengan tempo yang lebih cepat atau langkah yang lebih banyak dalam satu menitnya. 

Anda bisa melakukan olahraga berjalan cepat di ruangan rumah maupun di pekarangan rumah Anda.

Posisi plank crawl

Melakukan posisi plank crawl merupakan jenis olahraga berikutnya yang sangat baik dilakukan oleh setiap wanita. Olahraga plank crawl mengandalkan ketahanan tubuh untuk mempertahankan posisi tersebut selama beberapa saat. 

Selama menahan posisi tubuh inilah kalori akan terbakar hingga menghasilkan banyak keringat. Cara melakukannya Anda cukup meluruskan badan dengan posisi kepala menghadap ke bawah. 

Selanjutnya letakkan lengan bawah di karpet dengan ujung kaki menahan tubuh keseluruhan. Lalu angkat tangan bergantian dan tahan selama 5 sampai 10 menit. Ulangi gerakan ini hingga 15 kali setiap latihan.

Push up

Olahraga push up merupakan olahraga murah berikutnya yang bisa dilakukan dari rumah. Meski begitu, banyak wanita yang mengaku kesulitan melakukan push up. 

Padahal, push up sangat baik untuk membantu kekuatan perut, paha dan tangan Anda. Cara melakukannya yaitu luruskan tubuh dengan posisi kepala menghadap ke bawah. Posisikan kedua telapak tangan dan ujung kaki di bawah untuk menopang bobot tubuh.

Selanjutnya naik dan turunkan seluruh badan hingga setengah ketinggian Anda dari lantai. Lakukan sekurang-kurangnya 30 kali setiap hari. Jika merasa kesulitan, Anda bisa meletakkan kedua lutut di lantai agar lebih ringan.  

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit