Daftar 8 Manfaat Kafein Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Daftar 8 Manfaat Kafein Bagi Tubuh

Banyak orang yang mengenal bahwa kafein hanya akan memberikan dampak negatif bagi tubuh saja. padahal, hal ini semuanya benar, karena kafein juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Sedangkan kafein memiliki zat adiktif yang dapat menimbulkan kecanduan bagi penikmat nya. Kecanduan yang dialami oleh diri seseorang memang berdampak buruk, namun ternyata kafein juga memiliki juga memiliki dampak positif juga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Mengkonsumsi kafein di pagi hari memang akan membantu tubuh menjadi lebih berenergi karena kandungan kafein dapat menghambat reseptor adenosine. Kafein akan berdampak buruk jika Anda mengkonsumsi nya terlalu banyak. Akan tetapi apabila kafein dikonsumsi secukupnya, maka kafein akan mendapatkan banyak keuntungan seperti berikut ini:

Kafein dapat meredakan gejala sakit otot

Gejala sakit otot sering kali terjadi dan dirasakan hampir semua orang, terutama bagi Anda yang

Setelah melakukan olahraga. Akan tetapi apabila Anda mengkonsumsi kafein secukupnya, maka akan membantu meredakan gejala sakit otot. Dengan demikian, konsumsi kafein secara cukup.

Kafein dapat menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat

Berat badan akan menurun secara cepat jika Anda rutin mengkonsumsi kafein. Akan tetapi bukan berarti Anda mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Seperti yang sudah Anda ketahui, jika kafein dikonsumsi secara berlebihan, maka akan berdampak buruk pada kesehatan, sehingga konsumsi kafein secukupnya saja.

Kafein dapat meningkatkan kemampuan kognitif

Mengkonsumsi kafein secara rutin, yaitu segelas dalam sehari maka akan memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat. Dampak baik ke 3 ini akan dirasakan oleh orang yang mengkonsumsi kopi dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kopi.

Kafein baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh

Ketahanan tubuh dapat dilakukan dengan melalui olahraga. Selain olahraga, tubuh juga membutuhkan asupan kafein untuk meningkatkan ketahanan dalam tubuh. Setelah olahraga, Anda bisa mengkonsumsi kopi dengan karbohidrat, hal ini akan memberikan kemudahan untuk mengembalikan kadar glikogen lebih mudah di dalam otot.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Kafein dapat menurunkan risiko penyakit diabetes dan jantung

Kafein dapat membantu menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes dan serangan penyakit jantung. Namun dengan catatan, kopi yang Anda konsumsi tidak berlebihan. Karena semakin banyaknya kafein yang masuk dalam tubuh, maka akan memunculkan penyakit baru.

Penurunan fungsi otak dapat dicegah

Penurunan dari fungsi otak dapat dicegah melalui kafein yang dikonsumsinya. Selain itu, kafein juga bisa menurunkan serangan risiko dari penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer. Dengan mengkonsumsi kafein secara rutin, maka akan memperlambat proses penurunan pada fungsi otak yang disebabkan karena usia lanjut.

Kafein dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit

Berbagai penyakit dapat diatasi dengan baik melalui kafein yang dikonsumsi.  Selain kopi, the juga memiliki peran yang baik untuk tubuh sebagai antioksidan dalam melindungi tubuh agar terhindarkan dari serangan penyakit, termasuk penyakit kanker.

Kafein menghambat hormon

Kafein yang ada di dalam kopi dapat meningkatkan tekanan darah, menghambat hormon, sehingga membantu untuk relaksasi. Selain itu kafein juga dapat mengeluarkan hormon adrenalin, sehingga hal ini dapat meningkatkan tekanan darah.

Dampak positif dan negatif yang disebabkan oleh kafein masing-masing orang tidaklah sama, karena efek dari kafein tergantung jumlah kafein yang dikonsumsi. Namun yang perlu Anda ketahui kafein tidak hanya berdampak buruk saja, akan tetapi ada banyak pula dampak positif yang akan Anda dapatkan melalui kafein yang Anda konsumsi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Caffeine: Benefits, risks, and effects. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/285194)
What Is Caffeine? Health Benefits, Risks, and Sources. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/caffeine-health-benefits-risks-sources/)
The latest scoop on the health benefits of coffee. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/the-latest-scoop-on-the-health-benefits-of-coffee-2017092512429)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app