Cuma 8 Menit! Yoga Pagi untuk Kencangkan Otot Perut

Nah, sebelum Anda melakukan aktivitas lain, Anda bisa menyisihkan sekitar 8 menit setelah bangun tidur untuk melakukan beberapa gerakan yoga. Melakukan gerakan yoga setiap pagi bisa bermanfaat untuk mengencangkan otot perut. Anda bisa melakukan 4 gerakan yoga ini setiap hari setelah bangun tidur.
Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Cuma 8 Menit! Yoga Pagi untuk Kencangkan Otot Perut

Apa yang Anda lakukan pertama kali setelah bangun tidur di pagi hari? Langsung mandi atau stalking akun sosial media? Nah, sebelum Anda melakukan aktivitas lain, Anda bisa menyisihkan sekitar 8 menit setelah bangun tidur untuk melakukan beberapa gerakan yoga. 

Melakukan gerakan yoga setiap pagi bisa bermanfaat untuk mengencangkan otot perut. Anda bisa melakukan 4 gerakan yoga ini setiap hari setelah bangun tidur. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

30 detik – Pose warrior 3 

Pose ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut, memperkuat otot kaki, oto pinggul, pergelangan kaki serta meningkatkan kesimbangan dan fokus. Berikut ini cara melakukan pose warrior 3. 

  • Anda bisa mulai dengan posisi berdiri, kaki, rapat, dan satukan tangan di depan dada.
  • Condongkan tubuh ke arah depan, kemudian angkat satu kaki ke belakang hingga sejajar dengan tubuh.
  • Arahkan pandangan ke satu titik agar membantu menjaga keseimbangan tubuh.
  • Luruskan tangan ke depan dan ambil napas dari hidung. Lakukan gerakan ini selama 30 menit.

30 Detik – Pose high plank

Pose high plank ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut, otot lengan, mengurangi sakit pinggang, serta memperbaiki postur tubuh secara keseliuruhan. Berikut ini cara melakukan pose high plank. 

  • Mulailah dengan posisi warrior 3, namun arahkan telapak tangan hingga menyentuh mat. Kemudian turunkan telapak kaki hingga menyentuh mat. 
  • Arahkan pandangan ke depan, luruskan tangan, dan usahakan pinggul tidak lebih tinggi dari bagian tubuh atas. Kemudian tekan tumit hingga turun kea rah mat. Lakukan pose ini selama 30 detik. 

30 detik – Pose side plank

Pose ini juga sangat baik untuk otot perut, menguatkan otot lengan, pergelangan tangan, hingga menguatkan pinggul/panggul. Berikut ini beberapa cara melakukan gerakan side plank. 

  • Dari posisi high plank, angkat salah satu telapak tangan. Buka tubuh ke arah samping, kanan atau kiri. 
  • Letakkan kaki pada matrasa pada bagian kaki bawah dan kaki atas berada di atas kaki tersebut.
  • Letakkan tangan di pinggang untuk menjaga kestabilan tubuh. Bila sudah stabil angkat tangan ke atas dan arahkan pandangan ke depan. Ambil napas melalui hidung dan lakukan gerakan ini selama 30 detik.

30 detik – pose boat pose

Pose ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, menguatkan tulang punggung, panggu, dan juga otot paha belakang. Selain itu, pose ini juga baik untuk emnstimulasi pencernaan, usus, dan ginjal. 

  • Dari posisi side plank, arahkan tubuh pada posisi duduk. Kemudian tekuk kedua lutut dan dekatkan ke arah dada. 
  • Angkat kedua telapak kaki ke arah depan, tegakan dada dan siapkan otot perut. 
  • Arahka kedua lengan ke depan agar keseimbangan terjaga, lalu luruskan kaki ke atas dengan posisi diagonal secara perlahan. Lakukan pose ini selama 30 detik. 

Hasilnya setelah 45 hari

Total semua gerakan di atas adalah 2 menit. Anda bisa melakukan child pose diantara setiap gerakan untuk beristirahat sebelum melakukan gerakan yang lain. Ulangi semua gerakan sebanyak 4 kali dengan total waktu 8 menit.

Lakukan olahraga ini secara rutin selama 45 hari untuk mendapatkan otot perut kencang dan rata. 

Yang terpenting dalam melakukan yoga adalah lakukan dengan rutin dan terus menerus. Dengan begitu hasil dari latihan akan terlihat lebih nyata daripada bila hanya latihan sesekali. Yuk jangan ragu untuk mulai berlatih sekarang demi perut yang rata. 

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga moves that target lower abs. Well+Good. (https://www.wellandgood.com/yoga-moves-for-lower-abs/)
Yoga For Abs - 17 Yoga Moves That Will Help You Sculpt Abs. Women's Health. (https://www.womenshealthmag.com/fitness/g22729510/yoga-for-abs/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app