Krim Wajah Berubah Kecoklatan, Apakah Masih Aman Digunakan ?

Dipublish tanggal: Jul 14, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Krim Wajah Berubah Kecoklatan, Apakah Masih Aman Digunakan ?

Merawat kulih adalah hal yang lazim dilakukan oleh semua orang khususnya wanita. Para wanita biasanya menggunakan beberapa produk perawatan wajah, salah satunya adalah krim wajah. Krim wajah memiliki fungsi utama seperti melembapkan, menutrisi, dan meremajakan kulit wajah. 

Sebagian krim wajah mengandung vitamin C. Namun pernahkah Anda mengalami krim wajah Anda tersebut mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan ?

Iklan dari HonestDocs
Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 16

Vitamin C pada produk perawatan kulit memang rentan dan sering.berubah warna dari putih menjadi kuning hingga kecoklatan. Anda pun mulai berpikir apakah krim wajah tersebut palsu atau sudah kadaluwarsa ? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa penyebab krim wajah berubah menjadi kecoklatan ?

Penjelasannya sebenarnya sederhana, yaitu oksidasi. Krim wajah Anda yang mengandung vitamin C, apabila terpapar udara, cahaya, dan panas bisa mengalami perubahan warna menjadi kuning bahkan kecoklatan akibat terjadinya proses oksidasi. Hal ini karena kandungan asam di dalam vitamin C sulit untuk distabilkan.

Berdasarkan penelitian dalam Journal of the American Academy of Dermatology pada 2003, mengungkapkan apabila vitamin C mengalami oksidasi yang menyebabkan krim wajah mengalami perubahan warna. 

Oksidasi ini terjadi, sehingga terjadi perubahan pH atau tingkat keasaman pada vitamin C dalam krim wajah tersebut. Akibatnya, khasiat dari kandungan di dalam krim wajah tersebut pun akan berkurang.

Krim wajah sudah berubah kecoklatan, masih bisa dipakai ?

Perubahan warna yang terjadi pada krim wajah Anda menunjukkan tingkat kandungan di dalamnya. Apabila warna krim semakin cerah, maka kandungan vitamin C dalam krim tersebut semakin tinggi. 

Sehingga, apabila krim wajah Anda berubah menjadi sangat gelap sebaiknya hentikan pemakaian karena khasiat krim sudah berkurang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 16

Apabila Anda masih menggunakan krim wajah yang sudah berubah kecoklatan, tidak perlu cemas. Krim wajah tersebut tidak akan merusak kulit wajah Anda, hanya saja fungsi dan khasiatnya sudah berkurang. 

Vitamin C dipercaya mampu menangkal radikal benas pada sel kulit, karena krim wajah tersebut sudah berkurang kandungan vitamin C nya, maka fungsi menangkal radikal bebas berkurang. Yang tadinya diserap vitamin C menjadi terlepas dan menyebar di sel kulit.

Jadi, meskipun krim wajah Anda sudah berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan, Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari kandungan vitamin C nya walaupun lebih sedikit mungkin hanya sekitar 50% manfaat. 

Sehingga, masih bisa menangkal dan menyerap radikal bebas dari makanan, zat beracun atau polusi di sekitar Anda. Radikal bebas yang sudah terserap dalam vitamin C yang mati di sel kulit, tidak akan lepas dan tersebar, namun juga ikut mati. 

Sampai saat ini, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa memakai krim wajah yang berubah kecoklatan berbahaya bagi kulit wajah Anda selain khasiatnya saja yang berkurang

Tips memilih dan menyimpan serum vitamin C

Supaya krim wajah Anda tidak cepat mengalami oksidasi, simak tips berikut ini :

  • Pilihlah yang dalam kemasan kecil, sehingga tidak terlalu lama disimpan dan terpaoar udara atau cahaya. Kemasan serum vitamin C yang besar.membutuhkan waktu lebih lama untuk menghabiskannya, sehingga akan lebih lama disimpan.
  • Jauhkanlah krim atau serum vitamin C Anda dari paparan sinar matahari langsung. Simpan di tempat yang tidak dekat jendela atau pantulan sinar matahari. Karena apabila terkena panas bahkan terus-menerus, proses oksidasi krim dan serum wajah Anda akan lebih cepat terjadi.
  • Jangan biarkan krim atau serum wajah Anda terbuka terlalu lama, tutuplah segera setelah memakainya agar tidak terkontaminasi dengan udara di sekitar yang dapat mengakibatkan oksidasi. Begitu mengoleskan krim wajah ke kulit wajah Anda, segeralah tutup rapat kemasannya.
  • Simpanlah krim wajah dan serum wajah Anda yang mengandung vitamin C di tempat yang sejuk atau suhu normal ruangan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, panas akan mempercepat proses oksidasi dan mengakibatkan berkurangnya khasiat kandungan vitamin C dalam krim wajah atau serum wajah Ansa tersebut.

Jadi, kesimpulannya adalah Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan krim wajah atau serum wajah Anda yang berubah kecoklatan karena masih aman, hanya khasiatnya saja yang berkurang.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
McGregor D. (2007). Hydroquinone: An evaluation of the human risks from its carcinogenic and mutagenic properties [Abstract]. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18027166)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app