Cefixime: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 9, 2019 Update terakhir: Okt 24, 2020 Tinjau pada Apr 16, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Cefixime merupakan antibiotik golongan sefalosporin generasi ketiga dan merupakan antibiotik spektrum luas yang digunakan untuk terapi otitis media akut, bronkitis akut, ataupun infeksi saluran kemih oleh kuman yang sensitif.
  • Waspadai risiko efek samping, seperti kulit kemerahan, sensasi gatal, gangguan ginjal dan saluran pencernaan, serta demam.
  • Cefixime sebaiknya jangan diberikan kepada penderita-penderita yang masih dapat diobati dengan antibiotik lain. Pemberian obat ini harus diberikan dengan hati-hati kepada penderita dengan riwayat hipersensitif terhadap penisilin dan personal atau familial terhadap berbagai bentuk alergi seperti asma bronkial, rash, urtikaria, dan penderita dengan gangguan fungsi ginjal berat.
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan Cefixime saat hamil atau menyusui.
  • Klik untuk mendapatkan Cefixime atau obat saluran pernapasan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Cefixime merupakan antibiotik golongan sefalosporin generasi ketiga dan merupakan antibiotik spektrum luas yang digunakan untuk terapi otitis media akut, bronkitis akut, ataupun infeksi saluran kemih oleh kuman yang sensitif.

Cefixime mempunyai aktivitas yang poten terhadap bakteri gram positif seperti streptococcus sp., streptococcus pneumoniae, dan bakteri gram negatif seperti branhamella catarrhalis, escherichia coli, proteus sp., dan haemophilus influenzae.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Cefixime bersifat bakterisida yang berarti antibiotik yang bersifat destruktif terhadap bakteri. Mekanisme kerja cefixime adalah menghambat sintesis dinding sel. Obat ini memiliki afinitas tinggi terhadap “penicillin-binding-protein” (PBP) 1 (1a, 1b, dan 1c) dan 3, dengan tempat aktivitas yang bervariasi tergantung jenis bakterinya. 

Cefixime stabil terhadap beta laktamase yang dihasilkan oleh beberapa bakteri, dan mempunyai aktivitas yang baik terhadap bakteri penghasil beta-laktamase. 

Mengenai Cefixime

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

  • Tablet
  • Sirup

Kandungan:

Antibiotik, golongan sefalosporin

Manfaat Cefixime

 Cefixime adalah obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit sebagai berikut:

- Otitis media disebabkan oleh haemophilus influenzae dan streptococcus pyogenes.
- Bronkitis akut dan bronkitis kronik dengan eksaserbasi akut yang disebabkan oleh streptococcus pneumoniae dan haemophilus influenzae (strain beta-laktamase positif dan negatif).
- Infeksi saluran kemih tanpa komplikasi yang disebabkan oleh escherichia coli dan proteus mirabilis.
- Faringitis dan tonsilitis yang disebabkan oleh streptococcus pyogenes.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Efek samping Cefixime?

Terdapat beberapa efek samping yang biasa muncul pada saat pegobatan dengan Cefixime, sebagai berikut:

- Adanya reaksi hipersensitivitas seperti kulit kemerahan, gatal dll
- Gangguan fungsi ginjal
- Gangguan saluran cerna seperti nyeri perut, diare, mual, muntah, rasa penuh dalam lambung dll
- Demam

Jika terdapat beberapa tanda atau gejala yang menetap seperti perasaan tidak nyaman, rasa tidak enak pada rongga mulut, gangguan pernafasan, sesak, pusing, buang air yang tidak normal, dan hal lainnya yang mengganggu, pemakaian sediaan ini harus dihentikan. Anda harus segera mendatangi dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dosis Cefixime

Terdapat dua cara pemberian obat Cefixime yang biasanya dilihat berdasarkan pada berat badan pasien dan jenis obat yang akan diberikan, yaitu

- Cefixime Kapsul: Dewasa dan anak-anak dengan berat badan ≥30 kg, dosis harian yang direkomendasikan adalah 50-100 mg, diberikan per oral dua kali sehari. 

Dosis sebaiknya disesuaikan dengan usia penderita, berat badan dan keadaan penderita. Untuk infeksi yang berat dosis dapat ditingkatkan sampai 200 mg, diberikan dua kali sehari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Cefixime Syrup: Dosis harian yang lazim untuk ana-anak adalah 1,5-3 mg/kg berat badan diberikan peroral dua kali sehari. 

Dosis sebaiknya disesuaikan dengan keadaan penderita. Untuk infeksi yang berat, dosis dapat ditingkatkan sampai 6 mg/kg berat badan diberikan dua kali sehari.

Interaksi Cefixime

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain termasuk:

Perhatian

Sediaan ini sebaiknya jangan diberikan kepada penderita-penderita yang masih dapat diobati dengan antibiotik lain. Pemberian obat ini harus diberikan dengan hati-hati kepada penderita dengan riwayat sebagai berikut: 

  • Penderita dengan riwayat hipersensitif terhadap penisilin
  • Penderita dengan riwayat personal atau familial terhadap berbagai bentuk alergi seperti asma bronkial, rash, urtikaria, dan penderita dengan gangguan fungsi ginjal berat.

Penggunaan Cefixime selama kehamilan dan menyusui: Belum ada bukti keamanan pemakaian cefixime selama masa kehamilan dan menyusui. Sebaiknya Anda mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan obat ini.

Penggunaaan obat Cefixime sebainya disimpan pada suhu kamar (suhu di bawah 30ºC), dan terlindung dari cahaya matahari. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.


17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Suprax 200 mg Tablets - Summary of Product Characteristics (SmPC). electronic medicines compendium (emc). (https://www.medicines.org.uk/emc/product/5534/smpc)
Cefixime for infection (Suprax). Patient. (https://patient.info/medicine/cefixime-for-infection-suprax)
Cefixime - an overview. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/cefixime)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app