HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Merawat Gigi Agar Putih

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Merawat Gigi Agar Putih

Tidak hanya gigi yang bebas dari plak, gigi yang putih menjadi dambaan setiap orang. Penampilan gigi yang sempurna sangat dibutuhkan, terlebih lagi bagi mereka yang mempunyai pekerja yang senantiasa berkaitan dengan menjaga penampilan. 

Banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk memutihkan gigi agar terlihat lebih menawan, salah satunya dengan proses whitening. Walaupun, proses ini di lakukan di dokter, prosedur whitening tidak dapat memberikan hasil yang permanen. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Gigi di Brillo Dental Care (Buy 1 Get 1)

Pembersihan gigi rutin dilakukan untuk menghilangkan kotoran, plak, dan karang gigi agar lebih sehat dan kuat, menghilangkan noda, mengurangi bau mulut, dan mengurangi radang gusi. Paket ini tidak termasuk obat dan berlaku untuk 1x pemakaian.

Pembersihan gigi di brillo dental care %28pay 1 get 2%29

Waktu maksimal agar gigi akan tetap putih setelah whitening adalah sekitar tiga tahun. Namun, waktu bertahannya berbeda-beda pada tiap orang. 

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan prosedur whitening tidaklah sedikit, akan sangat disayangkan apabila uang tersebut keluar dengan sia-sia. Anda melakukan hal yang percuma apabila tidak merawat gigi agar tetap putih setelah proses whitening berlangsung. 

Cara Menjaga Gigi Tetap Putih

Oleh karena itu, untuk menjaga gigi tetap putih setelah proses whitening, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Menghindari makanan dan minuman yang menodai gigi 

Dengan mengonsumsi produk yang dapat menodai gigi, Anda sama saja melakukan prosedur whitening dengan sia-sia. 

Berdasarkan WebMD, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menodai gigi Anda, diantaranya adalah kopi, teh, saus tomat, kol, jus angggur dan anggur merah. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare

Oleh karena itu, ada baiknya untuk membatasi mengonsumsi jenis makanan dan minuman diatas agar proses whitening yang sudah Anda lakukan tidak percuma begitu saja. 

Tetapi, Anda tetap saja tidak bisa menghindari makanan dan minuman diatas, gunakanlah sedotan apabila ingin mencicipi semuanya. Sedotan yang Anda gunakan bertujuan agar cairan yang masuk tidak mengenai gigi depan Anda. 

Berkumur dan menyikat gigi setelah mengonsumsi beberapa makanan tersebut juga dapat dilakukan untuk menghilangkan noda yang ada.

2. Menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap waktu 

Setelah melakukan proses whitening, Anda harus menjaga kebersihan gigi dan mulut secara teratur, seperti dengan menyikat gigi dua kali sehari, pagi hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih satu kali dalam seminggu. 

Hal ini bertujuan agar noda di permukaan gigi menghilang dan mencegah terjadinya perubahan warna pada gigi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Gigi di Brillo Dental Care (Buy 1 Get 1)

Pembersihan gigi rutin dilakukan untuk menghilangkan kotoran, plak, dan karang gigi agar lebih sehat dan kuat, menghilangkan noda, mengurangi bau mulut, dan mengurangi radang gusi. Paket ini tidak termasuk obat dan berlaku untuk 1x pemakaian.

Pembersihan gigi di brillo dental care %28pay 1 get 2%29

Disamping menyikat gigi, jangan lupakan flossing untuk menjaga kebersihan sela-sela gigi. Flossing tidak hanya bertujuan untuk membersihkan sela-sela gigi, tetapi juga untuk mengangkat plak serta sisa makanan yang tidak dapat dilakukan dengan hanya menyikat gigi saja. 

Setelah melakukan flossing, berkumurlah agar sisa-sisa kotoran dalam mulut bisa terangkat sempurna.

3. Stop merokok

Merokok dapat merubah warna gigi Anda menjadi kuning karena mengandung nikotin dan tar. Dua kandungan tersebut akan merubah warna gigi dalam waktu singkat. Tidak hanya menguning, terdapat bercak berwarna coklat yang akan muncul pada permukaan gigi Anda. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok agar gigi putih tetap terawat. Selain memperburuk kondisi gigi, merokok juga dapat merusak kesehatan mulut dan tubuh anda.

4. Mengunjungi dokter gigi secara rutin 

Setelah melakukan prosedur whitening, Anda harus tetap melakukan konsultasi dengan dokter gigi secara ruitn. Hal ini bertujuan agar kondisi gigi Anda tetap dipantau oleh dokter. 

Mulai dari memeriksa rongga dan pembusukan, karang gigi dan warna yang berubah akibat adanya plak yang menempel. 

Selain itu, dokter juga akan mengecek apakah Anda perlu melakukan proses whitening secara berkala atau menunggu waktu maksimal. 

Ketika pemeriksaan berlangsung, jangan ragu untuk bertanya tentang apa saja yang harus Anda konsumsi serta yang perlu Anda hindari untuk merawat agar gigi tetap putih. 

Beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mempertahankan warna gigi adalah makan yang mengandung kalsium seperti susu dan keju. 

Asam laktat yang terkandung dalam makanan berkalsium akan membantu mencegah kerusakan gigi serta menghilangkan plak yang menempel pada gigi Anda. 

Selain itu, buah-buahan juga dapat membantu Anda merawat gigi agar tetap putih. Beberapa buah-buahan dapat menjadi sikat gigi alami yang dapat membantu membersihkan gigi saat dikunyah, seperti wortel dan apel. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Taking Care of Your Teeth (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/teeth.html)
Taking Care of Your Teeth (for Kids). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/kids/teeth-care.html)
Tips for Keeping Teeth White. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/tips-keep-teeth-white)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app