Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Pengobatan

3 Cara Utama Mengobati Kutil Dengan Cepat dan Efektif

Update terakhir: DEC 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 241.376 orang

3 Cara Utama Mengobati Kutil Dengan Cepat dan Efektif

Kehadiran kutil sangat menganggu terutama jika muncul di bagian yang terlihat seperti wajah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kutil sebenarnya bisa hilang sendiri tanpa harus diobati. Tetapi jika Anda ingin sembuh lebih cepat, Anda bisa langsung periksa ke dokter untuk mengobati kutil supaya tidak menganggu penampilan Anda lagi. 

Sekilas tentang kutil

Pada dasarnya, kutil adalah tumor jinak yang disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV). Virus ini dapat menyerang lapisan kulit dan menyebabkan keratin terus menumpuk di atas kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Virus HPV dapat mudah masuk lewat luka pada kulit. Ketika Anda menyentuh luka pada kulit orang yang terinfeksi, maka virus tersebut dapat berpindah dan berpotensi memicu pertumbuhan kutil pada kulit Anda.

Penyebaran virus penyebab kutil juga bisa terjadi saat Anda menggunakan benda-benda pribadi milik orang yang terkena penyakit kulit. Barang pribadi tersebut di antaranya ialah sisir, handuk, dan alat mandi bersama. Maka dari itu, biasakan untuk menggunakan alat mandi sendiri dan tidak tercampur dengan orang lain agar tidak ketularan kutil.

Baca Selengkapnya: Suka Muncul Tiba-Tiba, Apa Penyebab Kutil Bisa Tumbuh di Kulit?

Cara mengobati kutil yang efektif

Meski kadang bisa hilang dengan sendirinya, Anda mungkin ingin cepat-cepat menghilangkan kutil agar bisa tampil lebih percaya diri. Tenang, berikut ini berbagai cara mengobati kutil yang efektif dan patut Anda coba, antara lain:

1. Asam salisilat

Penggunaan asam salisilat dapat dimanfaatkan untuk mengobati kutil. Zat ini dipercaya dapat menghilangkan dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, dermatitis, hingga kutil.

Asam salisilat sangat mudah digunakan, terutama pada kutil yang ada di bagian kaki dan tangan. Produk ini tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari cair, salep, hingga krim.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Cara mengobati kutil dengan asam salisilat adalah sebagai berikut:

  • Gunakan jenis asam salisilat yang sesuai dengan kebutuhan. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mengetahui jenis asam salisilat mana yang cocok untuk Anda.
  • Bersihkan kutil, lalu keringkan sampai benar-benar bersih. Hal ini dilakukan supaya asam salisilat bisa menyerap dengan mudah ke lapisan kulit yang sakit. 
  • Oleskan asam salisilat langsung pada kutil dan lapisi dengan perban. Hati-hati melakukannya agar tidak memicu infeksi. 
  • Oleskan asam salisilat secara rutin sampai 2 hari berturut-turut. Ganti perban yang sudah rusak dengan perban yang baru.
  • Setelah itu, bersihkan asam salisilat dan juga perban hingga benar-benar bersih. 

2. Terapi beku

Kebanyakan jenis kutil bisa dilakukan dengan cara dibekukan. Penelitian menunjukkan bahwa cara ini cukup efektif untuk menghilangkan dan mengobati kutil.

Terapi beku biasanya dilakukan untuk mengatasi kutil yang ada di tangan dan kaki. Biasanya, jenis terapi ini baru dilakukan jika kutil tidak juga hilang setelah menggunakan asam salisilat. 

Perlu diperhatikan bahwa terapi beku ini hanya bisa dilakukan oleh dokter. Sebagai langkah awal, dokter akan memotong kutil dengan pisau kecil yang tajam.

Setelah itu, barulah dokter akan menggunakan zat beku dengan lidi kapas kemudian disemprotkan. Tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan pengobatan ini. 

3. Plester

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan kutil adalah menempelkan kutil dengan plester. Bahkan, beberapa penelitian melaporkan bahwa cara ini cukup efektif dibandingkan dengan terapi air nitrogen.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Anda hanya perlu menempelkan plester pada kutil selama 6 hari. Kemudian, lepas lakban dan rendam bagian tubuh yang terdapat kutil menggunakan air hangat. 

Coba terus cara ini sampai sekitar 2 bulan dan dengan perlahan kutil akan menghilang. Ingat, cara ini harus dilakukan hati-hati agar tidak infeksi. Sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum Anda mencobanya sendiri di rumah.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan mengobati kutil dengan mudah. Dengan berbagai cara diatas, maka Anda bisa kembali percaya diri. Namun agar lebih aman, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan kutil yang tepat.

Baca Juga: Keampuhan Cuka Apel dalam Menghilangkan Kutil

Referensi

Mayo Clinic. (2018). Common Warts.

Harvard Health Publishing. How to Get Rid of Warts.

WebMD. (2018). Skin Conditions and Warts.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit