Cara Mengobati Ambeien

Dipublish tanggal: Mar 2, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mengobati Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang sering terjadi pada anus di mana pembengkakan yang sangat menyakitkan dangt;pendarahan terjadi pada anus. 

Faktor keturunan, Terlalu banyak duduk, Hubungan seks yang tidak lazim, kehamilan merupakan salah satu hal yang menyebabkan terjadinya ambeien, selain itu, Sembelit menahun, pembuluh darah yang terjepit juga bisa menjadi penyebab lain terjadinya ambeien.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Banyak cara yanggt;dapat Anda temukan di internet, yang mengklaim bisa menyembuhkan ambeien dengan cepat. Tetapi, untuk dapat mengatasi gejala yang disebabkan oleh ambeien, Anda harus mengerti dan mengetahui gejala ambeien apa yang Anda miliki untuk lebih jelasnya, yuk disimak artikel yang satu ini. 

Klasifikasi Ambeien

Ambeien diklasifikasikan menjadi 2 kelompok, yaitu ambeien eksternal dimana tonjolan yang merupakan pembuluh darah yang membengkak terdapat di anus. Sedangkan ambeien internal yang mana tonjolan pembuluh darah yang membengkak terdapat di rektum, sehingga umumnya pada ambeien internal tonjolan tidak dapat dilihat, tetapi nyeri dan buang air besar berdarah dapat ditemukan.

Mengetahui klasifikasi ambeien dapat membantu Anda untuk menentukan pengobatan apa yang tepat dilakukan untuk mengobati penyakit ambeien Anda.

Mengobati Ambeien Sendiri di Rumah

Perubahan Gaya Hidup dan Pengobatan di rumah Seseorang dapat meringankan rasa sakit ringan, pembengkakan dan peradangan ambeien ringan dengan perawatan di rumah. Antara lain yang dapat dilakukan yaitu: 

  • Obat oles ambeien atau wasir. Pakailah krim atau supositoria (obat yang dimasukkan ke anus, berbentuk seperti peluru) untuk ambeien yang mengandung hidrokortison, atau yang juga mengandung witch hazel (agen mati rasa atau bius). 
  • Obat tradisional ambeien yang dapat dibeli di pasaran juga dapat digunakan. Obat ini bekerja dengan cara mengecilkan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah yang menyebabkan wasir. Tetapi pada ambeien dengan ukuran benjolan yang besarm mungkin obat ini tidak bekerja dengan optimal. Rendam air hangat. 
  • Rendamlah daerah anus dengan air hangat selama 10 sampai 15 menit dua sampai tiga kali sehari. \
  • Jaga kebersihan daerah anus. Mandi setiap hari untuk membersihkan kulit di sekitar anus dengan lembut menggunakan air hangat. Sabun tidak diperlukan dan malah dapat memperburuk ambeien. 
  • Jangan gunakan tisu kering. Untuk membantu menjaga area anus agar tetap bersih setelah buang air besar, gunakanlah tisu basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol. 
  • Kompres dingin. Gunakanlah kompres es atau kompres dingin pada anus untuk meringankan pembengkakan.  
  • Minum obat anti nyeri. Anda dapat menggunakan acetaminophen (parasetamol), aspirin atau ibuprofen untuk membantu meringankan rasa sakit pada wasir.

Mengobati Ambeien di Dokter

Jika gejala ambeien tidak membaik dengan penanganan yang dilakukaan di rumah, segera pergi ke dokter, dokter dapat membuang gumpalan yang menyebabkan nyeri pada ambeien yang Anda derita dengan melakukan sayatan sederhana. 

Jika terjadi perdarahan yang terus-menerus atau ambeien terasa menyakitkan, dokter dapat merekomendasikan prosedur invasif minimal lainnya, seperti: 

  • Ligasi. Dokter akan menempatkan satu atau dua pita seperti karet di sekitar dasar hemoroid interna untuk memotong peredarannya. Prosedur ini dapat membuat tidak nyaman dan dapat menyebabkan pendarahan, yang mungkin diaalami selama 2-4 hari setelah prosedur tetapi biasanya tidak parah. 
  • Suntikan ( sclerotherapy ). Pada prosedur ini, dokter akan menyuntikkan larutan kimia ke dalam jaringan wasir yang bertujuan agar ambeien menyusut. Suntikan mungkin dapat menyebabkan rasa sedikit nyeri dan itu mungkin kurang efektif dibanding tehnik ligasi. Koagulasi ( inframerah, laser atau bipolar ). 
  • Teknik koagulasi menggunakan laser atau cahaya inframerah atau panas ini dapat membuat ambeien menjadi kecil dan menyusut.

Mengobati Ambeien dengan Operasi

Pada beberapa kasus yang parah, gejala ambeien tidak akan sembuh walaupun sudah diobati dengan berbagai cara. Oleh karena itu, jika hal ini terjadi, operasi untuk mengobati ambeien, mungkin dapat dilakukan. Tentu saja untuk melakukan operasi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Dokter akan memutuskan apakah kondisi Anda perlu diobati dengan operasi atau tidak.

Mencegah terjadinya Ambeien

  1. Untuk menghindari penyebab ambeien atau menghindari terkena penyakit ambeien, berikut akan diuraikan beberapa cara yang dapat dilakukan.
    Pastikan untuk mengonsumsi cukup banyak serat dalam pola makan sehari-hari 
  2. Mengurangi minuman yang mengandung alcohol, minuman yang mengandung terlalu banyak kafein, dan berbagai jenis minuman yang mengandung soda karena tidak baik bagi sistem pencernaan secara keseluruhan
  3. Minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari
  4. Cara menghindari penyebab ambeien yang ke empat adalah rajinlah berolah raga. Melakukan olah raga minimal tiga puluh menit setiap hari dapat membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga tubuh bisa membuang racun lebih efektif
  5. Pantangan wasir yang satu ini pasti sudah tahu bahwa penderita wasir tidak boleh terlalu lama duduk ataupun berdiri
  6. Tidak boleh terlalu sering mengangkat beban yang berat, apalagi beban di luar kemampuan kita karena itu bisa menjadi pemicu utama wasir untuk kambuh lagi

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Best and Worst Home Remedies for Your Hemorrhoids. Health Essentials from Cleveland Clinic. (Accessed via: https://health.clevelandclinic.org/7-best-and-worst-home-remedies-for-your-hemorrhoids/)
How long do hemorrhoids last? Treatment and recovery. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322976)
Hemorrhoid Treatment for Internal, External, or Bleeding Hemorrhoids. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-treatment-medref)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app