Cara Menghilangkan Pusing Kepala Dengan Tuntas

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jun 11, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 8 menit
Cara Menghilangkan Pusing Kepala Dengan Tuntas

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pusing berbeda dengan sakit kepala, sebab pusing sering menyebabkan pandangan tampak berputar, mual, muntah, hingga hilang keseimbangan.
  • Penyebab pusing bisa karena tekanan darah rendah, hipoglikemia, dehidrasi, gangguan telinga bagian dalam, hingga efek obat-obatan tertentu.
  • Jika penyebab pusing karena kepanasan, segeralah berteduh dan minum air putih atau cairan lainnya. Bila perlu, masuklah ke ruangan ber-AC agar lebih nyaman.
  • Kunci paling penting untuk menghilangkan pusing kepala adalah hindari melakukan gerakan secara tiba-tiba, misalnya saat bangun tidur di pagi hari.
  • Obat pusing alami yang bisa Anda coba antara lain konsumsi jahe, campuran madu dan cuka apel, atau memperbanyak asupan vitamin C, E, B6, hingga zat besi.
  • Klik untuk mendapatkan obat anti nyeri ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Alami pusing kepala sampai lingkungan sekitar tampak bergerak atau berputar? Cobalah duduk sejenak. Jangan biarkan kondisi ini sampai mengganggu aktivitas Anda hari ini. Sebelum ke dokter, tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara sederhana yang dapat menghilangkan pusing kepala dengan cepat seperti berikut ini. 

Apa penyebab pusing kepala?

Pusing berbeda dengan sakit kepala. Rasa pusing menyebabkan penderitanya mengalami kelimbungan atau hilang keseimbangan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Saat pusing mendera, penderita biasanya merasa seperti akan pingsan dan lingkungan sekitar juga tampak bergerak atau berputar. Bukan cuma itu, sensasi ini sering kali disertai dengan mual bahkan muntah.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa pusing itu bukanlah penyakit yang berdiri sendiri, melainkan gejala dari gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab pusing kepala antara lain:

Maka dari itu, cara menghilangkan pusing akan lebih efektif jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Bila Anda masih ragu dengan penyebab pusing kepala, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Cara menghilangkan pusing kepala yang ampuh

Pusing kepala ringan mungkin membuat Anda enggan ke dokter karena ingin mengobatinya di rumah saja. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pusing kepala, yaitu:

1. Berbaring atau duduk

Ketika pusing melanda, duduk atau berbaringlah sesegera mungkin untuk meringankannya. Kalau tak mungkin berbaring, maka pada saat duduk posisikan kepala di antara kedua tungkai agar sirkulasi darah ke otak lebih lancar.

Tahan posisi ini selama 1-2 menit atau sampai pusingnya hilang. Jika Anda mengalami vertigo akut, pejamkan mata saat berbaring dan beristirahatlah sejenak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Minum air

Jika penyebab pusing kepala karena Anda dehidrasi, maka segeralah minum air putih yang banyak. Selain kurang minum, dehidrasi juga dapat disebabkan oleh keringat berlebih setelah olahraga, diare atau demam, atau habis muntah sehingga tubuh kehilangan cairan. 

Mengatasi dehidrasi tidak melulu harus dengan air putih. Anda juga dapat mengonsumsi cairan lainnya seperti teh hangat, sup, air kaldu, atau jus buah.

3. Berteduh

Suhu udara yang terlalu lanas sering kali bikin pusing kepala. Jika ini penyebabnya, minumlah air putih atau minuman segar lainnya dan berteduhlah. Bila perlu, maksuklah ke dalam ruangan ber-AC agar tubuh terasa lebih nyaman dan menghilangkan pusing kepala dengan cepat.

4. Fokus pada 1 titik

Fokus pada retakan di dinding atau noda di lantai juga dapat membantu menghilangkan pusing kepala. Setidaknya, inilah yang biasa dilakukan seseorang ketika mereka harus berputar-putar saat menari. Fokus pada obyek tertentu membuat tubuh berpikir bahwa Anda tidak sedang berputar.

5. Tarik napas dalam

Rasa gelisah kadang bikin kepala menjadi pusing dan napas pun ikut terasa tidak nyaman. Jika ini yang Anda rasakan, cobalah tarik napas dalam-dalam dan bernapaslah lebih lambat. Duduk dan rilekskan diri Anda sampai merasa lebih tenang supaya pusingnya mereda.

6. Hindari cahaya yang terlalu terang

Matikan sumber cahaya yang terlalu terang, termasuk TV atau laptop, karena itu bisa membuat pusing semakin memburuk. Duduklah atau berbaringlah dalam ruangan gelap atau tutup mata selama 1-2 menit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

7. Manuver Epley

Manuver Epley merupakan olahraga rumahan yang cukup ampuh mengatasi pusing, khususnya yang disebabkan oleh vertigo posisional paroksismal benigna (BPPV). Gerakan demi gerakannya mampu mengeluarkan 'kristal' di telinga bagian dalam yang mengganggu keseimbangan.

Melansir Johns Hopkins Medicine, begini cara melakukan manuver Epley untuk mengatasi pusing:

  • Duduklah di atas ranjang, lalu putar kepala sedikit ke arah kanan.
  • Berbaringlah terlentang sambil menjaga posisi kepala seperti tadi. Pada saat itu, letakkan bantal di bawah bahu sehingga kepala sedikit menggantung. 
  • Tahan posisi ini selama 30 detik.
  • Putar kepala tanpa mengangkatnya sehingga sekarang mengarah ke kiri. Biarkan selama 30 detik.
  • Sambil mempertahankan posisi kepala seperti ini, balikkan badan ke kiri sehingga sekarang Anda berbaring menyamping ke kiri. Diamkan selama 30 detik.
  • Lalu bangun dan duduklah menghadap ke kiri.

Lebih jelasnya lihat video ini:

8. Bergerak perlahan

Kunci paling penting untuk menghilangkan pusing kepala adalah hindari melakukan gerakan secara tiba-tiba. Pasalnya, kegiatan ini bisa membuat tekanan darah Anda menurun drastis secara tiba-tiba.

Salah satu yang paling umum adalah saat bangun tidur. Sebaiknya jangan langsung bangun apalagi berdiri, ya. Duduklah perlahan di atas ranjang, baru turunkan kaki ke lantai. 

Rilekskan tubuh Anda dan atur napas pelan-pelan sebelum mulai berdiri. Begitu juga jika ingin berdiri dari posisi duduk, lenturkan otot kaki lebih dulu agar sirkulasinya lancar.

Baca selengkapnya: Ternyata Ini Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Makanan untuk mengatasi pusing kepala

Meski kepala rasanya masih pusing, usahakan untuk tetap makan agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Nah, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengatasi pusing kepala, antara lain:

1. Jahe

Sudah bukan rahasia lagi kalau jahe merupakan rempah-rempah dengan segudang manfaat. Salah satunya dalam meredakan pusing kepala.

Jahe dapat membantu meringankan gejala pusing seperti mual dan muntah. Bahan herbal ini bekerja dengan cara merangsang aliran darah ke otak sehingga membantu meringankan sensasi pusing. 

Anda bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk. Bisa dengan menyisipkan potongan jahe dalam makanan, minum teh jahe, mengisap permen jahe, atau dalam bentuk suplemen.

Akan tetapi, sebelum mengonsumsi suplemen jahe, sebaiknya berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter. Obat maupun suplemen dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain sehingga dengan berkonsultasi, risiko interaksi ini bisa dicegah sedini mungkin.

Baca selengkapnya: Obat Pusing Tradisional Yang Ampuh dan Alami

2. Madu dan cuka apel

Madu dan cuka apel mungkin sudah ada di dapur Anda. Nah, kedua bahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan pusing kepala di rumah, terutama yang disebabkan oleh tekanan darah tak stabil.

Cara meraciknya mudah, kok. Campurkan masing-masing 2 sendok teh cuka apel dan madu ke dalam segelas air, lalu minum 3 kali sehari. Ramuan alami ini bisa membantu tekanan darah Anda menjadi lebih stabil dan meringankan pusing.

Baca juga: 

3. Vitamin C

Menurut Meniere’s Society, mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi vertigo pada penderita Meniere. Penyakit Meniere adalah kondisi yang menyebabkan penimbunan cairan di telinga bagian dalam. Oleh karena itu, perbanyaklah asupan makanan sumber vitamin C seperti jeruk, jeruk bali, stroberi, dan paprika.

4. Vitamin E

Vitamin E dapat mempertahankan elastisitas pembuluh darah sehingga mencegah gangguan sirkulasi. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu meringankan rasa pusing yang melanda. 

Beberapa contoh makanan sumber vitamin E adalah biji-bijian, kacang-kacangan, kiwi, dan bayam.

5. Vitamin B6

Makanan yang sarat vitamin B6 juga dapat meredakan pusing kepala dan anemia. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplemen vitamin B6 dapat membantu mengurangi gejala vertigo akibat pengaruh obat-obatan tertentu. Namun, memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Selain dari suplemen, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin B6 secara alami dari kacang pistachio, ikan tuna, dan aprikot.

6. Zat besi

Jika penyebab pusing kepala yang Anda rasakan ternyata karena anemia, dokter biasanya menyarankan Anda untuk memperbanyak asupan zat besi. Ya, zat besi diperlukan untuk mengatasi masalah kurang darah alias anemia yang disebabkan oleh defisiensi besi.

Selain pusing, gejala anemia juga ditandai dengan mudah lelah dan napas pendek. Untuk mengatasi pusing kepala karena anemia, tambahkan asupan zat besi harian Anda dengan mengonsumsi lebih banyak daging, unggas, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

7. Gingko biloba

Salah satu penyebab pusing adalah adanya gangguan pada pengatur keseimbangan di telinga bagian dalam (vertisbuli). Kabar baiknya, ginkgo biloba bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke telinga bagian dalam. Tanaman herbal yang satu ini cocok untuk menghilangkan pusing kepala.

8. Sumber karbohidrat atau gula

Bila pusing disebabkan karena turunnya kadar gula darah, biasanya pada penderita diabetes, maka untuk menghilangkan pusing seperti ini Anda dianjurkan untuk makan camilan yang tinggi kandungan karbohidrat atau gula seperti coklat atau pisang. Teh manis juga dapat membantu, terutama bagi penderita yang sebelumnya lupa sarapan atau melewatkan jadwal makannya.

Obat untuk menghilangkan pusing kepala

Jika Anda sudah mencoba obat pusing alami tapi gejalanya tak juga berkurang, mungkin sudah saatnya Anda minum obat medis. Ada banyak jenis obat pusing yang disesuaikan dengan penyebab pusingnya.

Obat pencegah migrain, misalnya, sering kali diresepkan pada pasien penderita vertigo atau pusing karena migrain. Obat anti-depresi juga kerap diberikan pada mereka yang mudah gelisah dan stres.

Jenis obat lain yang umumnya dipakai untuk menghilangkan pusing kepala adalah:

  • Pil air atau diuretik: Untuk mengobati pusing karena penyakit Meniere.
  • Antihistamin dan antikolinergik: Sering digunakan untuk menghilangkan pusing, tetapi hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.
  • Antihistamin yang dijual di apotek: Biasanya dapat menyebabkan kantuk.
  • Dimenhydrinate (Dramamine): Obat antiemetik dan antimual ini tersedia dalam bentuk tablet, cair, dan suppositoria.
  • Meclizine (Bonine): Tidak untuk anak di bawah 12 tahun.

Meski ada beberapa obat pusing yang bisa didapatkan dengan bebas di apotek, lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan meresepkan obat pusing kepala yang sesuai dengan penyebabnya sehingga hasilnya jadi lebih efektif dan manjur.

Baca selengkapnya: Obat Pusing dari Dokter yang Ada di Apotik

Selalu terapkan gaya hidup sehat!

Sembari minum obat dan mengonsumsi makanan sehat setiap hari, jangan lupa seimbangkan juga dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Tidak hanya membantu meringankan pusing, pola hidup sehat juga akan membuat tubuh Anda jadi lebih fit dan tidak mudah sakit di kemudian hari.

Lakukan cara-cara sehat ini untuk mencegah pusing kepala kambuh lagi:

  1. Kurangi stres.
  2. Minum banyak air atau minuman yang mengandung elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  3. Cukup istirahat, apalagi bila terserang pilek, flu, dan demam.
  4. Kurang asupan garam, alkohol, kafein, dan tembakau karena menurut Mayo Clinic, substansi ini bisa meningkatkan risiko pusing.
  5. Tuliskan hal apa saja yang sering kali menjadi penyebab pusing dan belajarlah untuk menghindarinya. Entah itu karena faktor lapar, berdiri terlalu cepat, atau akibat mandi dengan air yang terlalu panas. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda akan lebih mudah mencegah pusing di kemudian hari.
  6. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi, terutama bagi wanita yang gampang pusing. Gunakanlah flat shoes yang lebih nyaman dan secara tidak langsung bisa membantu otak membaca postur tubuh. Selain itu, flat shoes juga menghindarkan Anda dari risiko cedera kaki bila sewaktu-waktu Anda terjatuh karena pusing. 
  7. Atur penataan ruangan sekitar. Jauhkan alat atau kabel listrik dari jangkauan (jaga-jaga kalau pusing membuat Anda jatuh).
  8. Redupkan lampu secara bertahap, jangan langsung matikan. Hal ini bertujuan supaya otak tak terdisorientasi dalam kegelapan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan pusing kepala dengan cepat. Yang terpenting, cari tahu dulu penyebabnya supaya penanganannya tepat. Bila pusing tak kunjung mereda meski sudah minum obat atau menerapkan gaya hidup sehat, segera periksakan diri ke dokter.

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app