9 Cara Menghilangkan Lemak di Paha dalam Waktu Singkat

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Des 30, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
9 Cara Menghilangkan Lemak di Paha dalam Waktu Singkat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Olahraga kardio seperti bersepeda, berlari, atau lompat tali sebanyak 5 kali seminggu bisa membantu menghilangkan lemak di paha;
  • Cobalah bersepeda mendaki ke bukit atau berlari naik-turun tangga untuk membentuk paha, hamstring, dan kaki menjadi lebih kencang;
  • Sarapan membuat sistem metabolisme aktif kembali sehingga dapat membantu mengurangi lemak tubuh;
  • Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang mencatat asupan makanannya selama 6 hari dalam seminggu mengalami penurunan berat badan 2x lebih banyak daripada yang tidak pernah atau hanya mencatat 1 hari saja;
  • Dapatkan paket slimming treatment dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Tampilan paha yang besar bahkan bergelambir memang bikin tidak percaya diri. Anda pun jadi lebih terbatas saat memilih jenis bawahan yang ingin dipakai demi menyamarkan paha. Meski tidak ada cara menghilangkan lemak di paha, setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mengecilkannya. Apa sajakah itu?

Cara menghilangkan lemak di paha

Paha tersusun dari kulit, lapisan lemak, otot-otot, pembuluh darah, getah bening, dan tulang. Dari sekian banyak struktur, yang paling mempengaruhi ukuran paha adalah lemak dan otot. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Jika dipengaruhi oleh pembesaran otot, paha akan telihat bagus dengan strukturnya yang menawan. Namun, jika membesar karena timbunan lemak, paha justru akan terlihat bergelambir dan tidak menarik. 

Oleh sebab itu, cara mengecilkan paha berikut ini bertujuan untuk mengurangi timbunan lemak dan membentuk otot-otot paha. Meski tidak bisa dihilangkan 100%, setidaknya bisa membantu mengurangi timbunan lemak di paha. Jadi, istilah menghilangkan lemak di sini adalah mengurangi timbunan lemak dengan tujuan bisa mengecilkan paha.

Berikut cara menghilangkan timbunan lemak di paha:

1. Olahraga kardio

Membakar kalori merupakan kunci utama bila Anda ingin mengurangi lemak di bagian tubuh mana pun. Caranya adalah dengan melakukan olahraga kardio.

Anda bisa memilih jenis olahraga apa pun yang Anda sukai, bisa dengan bersepeda, berlari, atau lompat tali. Lakukan olahraga kardio selama 60 menit setidaknay 5 kali seminggu. Bukan cuma tampilan paha yang lebih mengecil, kaki Anda pun bakal terlihat lebih slim.

Baca selengkapnya: 7 Olahraga untuk Mengecilkan Paha yang Mudah Dilakukan

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

2. Naik ke tempat yang tinggi

Kalau olahraga yang Anda pilih bersepeda, maka jangan cuma mengayuhnya di lahan yang datar saja, ya. Carilah kawasan yang lebih tinggi dan kayuhlah sepeda mendaki ke area berbukit-bukit tersebut.

Begitu juga jika Anda memilih olahraga lari, Anda bisa menantang diri dengan berlari naik tangga. Tak hanya memacu detak jantung dan membakar kalori lebih banyak, aksi mendaki atau naik ke tempat yang lebih tinggi ini juga dapat membentuk paha, hamstring, dan kaki menjadi lebih kencang.

3. Lakukan olahraga pembentukan

Meski kurus, tentunya Anda ingin mempunyai kaki dan paha yang kuat juga, 'kan? Oleh sebab itu, sambil mengikis lemak melalui kardio, jangan lupa lakukan juga gerakan yang dapat membentuk serta menguatkan otot paha (dalam dan luar), hamstring, serta pantat.

4. Jangan lupa sarapan

Kalau Anda termasuk tipe orang yang jarang sarapan, sebaiknya hindari kebiasaan ini mulai dari sekarang bila ingin memiliki paha yang lebih langsing. Pasalnya, sarapan membuat sistem metabolisme aktif kembali sehingga dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Dalam menentukan menu sarapannya, sebaiknya hindari makanan manis. Lebih baik konsumsi makanan yang kaya protein dan serat, khususnya dari jenis karbohidrat kompleks.

Biarkan protein memasok energi sehingga Anda lebih bersemangat untuk melakukan kardio di pagi hari. Sebagai bonusnya, protein juga dapat membantu membentuk otot tubuh. Sementara karbohidrat kompleksnya akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tetap berenergi.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Slimming via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket slimming hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b08 slimming

5. Sering ngemil

Cara menghilangkan lemak di paha yang mungkin cukup kontras adalah sering-seringlah ngemil. Hal ini tentu aneh, mengingat banyak yang bilang kalau ngemil justru bikin gemuk.

Sebenarnya yang salah bukan kegiatan ngemilnya, namun jenis makanan apa yang kita pilih saat ngemil. Jika Anda makan snack berprotein dan kaya serat yang kalorinya masih di bawah 150 pada setiap beberapa jam sekali, maka itu bagus. Karena pilihan tersebut bisa menghindarkan rasa lapar yang biasanya berujung pada makan berlebihan.

6. Catat apa yang Anda makan

Faktanya, Anda tidak bisa kurus hanya dengan olahraga saja. Penting juga untuk memangkas asupan kalori harian. Agar tak sampai kecolongan, Anda bisa membuat jurnal khusus.

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang mencatat asupan makanannya selama 6 hari dalam seminggu mengalami penurunan berat badan 2x lebih banyak daripada yang tidak pernah atau hanya mencatat 1 hari saja.

Bila ingin menurunkan 1/2 kg saja, maka Anda harus mengurangi 500 kalori per hari. Hal ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu 250 gram lewat olahraga dan 250 gram lagi melalui makanan. Yang terpenting, jangan sampai kalori sehari-hari kurang dari 1200 sebab Anda tetap butuh energi untuk banyak kegiatan.

Selanjutnya, Anda pun bisa melakukan diet, seperti:

7. Minum banyak air

Ketika haus melanda, ada baiknya Anda memilih air putih ketimbang jenis minuman lainnya yang cenderung mengandung kalori tambahan. Air putih tak hanya mengandung nol kalori, namun kandungan H2O-nya bisa membuat tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Jadi, bawalah botol minum kemana-mana dan minumlah sesering mungkin, terutama sebelum makan agar tidak berlebihan.

8. Cukup tidur

Cukup tidur juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan rasa kantuk akibat begadang semalam justru bisa membuat seseorang ingin makan lebih banyak. Kurang tidur juga membuat seseorang merasa terlalu lelah untuk berolahraga.

9. Jangan abaikan faktor genetik

Sudah melakukan berbagai cara menghilangkan lemak di paha tapi tetap tak ada hasilnya? Bisa jadi tumpukan lemak di paha Anda berhubungan dengan faktor genetik.

Bila nenek, ibu, tante, atau saudara kandung Anda memiliki bentuk tubuh mirip buah pear, yakni bagian bawah tubuh lebih besar ketimbang atas, maka besar kemungkinan Anda juga mengalaminya. Dengan kata lain, usaha sekeras apa pun tetap tidak dapat mengubah bentuk tubuh tersebut. 

Baca juga: 5 Gerakan ini Sangat Ampuh Menghilangkan Lemak di Paha

Selain mencoba berbagai cara menghilangkan lemak di paha tersebut, yang tak kalah penting adalah jangan sampai stres. Semakin stres, upaya yang Anda jalani akan semakin terasa berat dan tidak membuahkan hasil. Kunci terpentingnya adalah cara tersebut bisa membuat tubuh Anda lebih sehat dari sebelumnya. 

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Can I Lose Weight in My Thighs in Two Weeks?. Livestrong.com. (https://www.livestrong.com/article/418304-how-can-i-lose-weight-in-my-thighs-in-two-weeks/)
How to Lose Thigh Fat With Medical and Natural Methods. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/how-to-lose-thigh-fat-4145065)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app