Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah

Tidak perlu khawatir apabila Anda mengalami bau badan. Terdapat beberapa cara yang dapat membantu Anda menghilangkan bau badan dengan mudahm antara lain:
Dipublish tanggal: Sep 11, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Apr 1, 2020 Waktu baca: 4 menit
Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah

Berkeringat merupakan hal yang sangat wajar untuk dialami oleh setiap orang. Umumnya, keringat yang muncul tidak menimbulkan bau, namun terkadang ada orang yang mengalami badan dan juga bau ketiak. Bau badan yang Anda alami hendaknya tidak perlu dikhawatirkan karena dapat dengan mudah dihilangkan. 

Penggunaan sabun antibakteri, rajin mandi, memakai pakaian yang sesuai dengan aktivitas, berhenti mengonsumsi makanan dan minuman dengan bau menyengat, seperti kafein dan bawang putih merupakan cara yang terbukti ampuh untuk menghilangkan bau badan

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Bau badan yang dikenal sebagai bromhidrosis biasanya muncul akibat bakteri yang berdiam di dalam tubuh bertemu dengan keringat dan berkembang. 

Bau yang Anda rasakan merupakan hasil pemecahan protein keratin oleh bakteri di permukaan kulit Anda. Bau badan biasanya terjadi ketika Anda berada dalam masa pubertas karena hormon androgen meningkat. 

Usir bau ketiak dengan deodoran 

Berkeringat merupakan hal yang normal karena hal tersebut menandakan bahwa fungsi tubuh Anda bekerja dengan baik untuk mengatur suhu tubuh. 

Meskipun menjadi kondisi yang normal, berkeringat secara berlebihan atau tidak berkerinagat sama sekali dapat menjadi pertanda bahwa tubuh Anda mengalami masalah medis tertentu. 

Bau ketiak pasti pernah dialami oleh semua orang, tapi mengapa ketiak dapat mengeluarkan bau? Kondisi ini terjadi karena ketiak merupakan salah satu area tubuh yang paling sering mengeluarkan keringat. Selain ketiak, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki juga menjadi area yang kerap berkeringat. 

Kelenjar keringat dalam tubuh dibagi menjadi dua, yaitu kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Bagian ketiak menjadi salah satu area tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat karena terdapat banyak kelenjar keringat yang menetap di sana. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Kelenjar keringat yang berlokasi di area ketiak adalah kelenjar keringat jenis apokrin. 

Kelenjar apokrin melepaskan keringat yang lebih berat dan mengandung lemak yang membawa bau yang beragam. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami bau ketiak. 

Bau ketika yang timbul bisa Anda atasi dengan menggunakan deodoran atau antiperspiran sesudah mandi. Tidak hanya mengurangi bau ketiak, deodoran juga dapat mengontrol keringat yang keluar. 

Selain itu, mencukur bulu ketiak secara teratur agar keringat lebih cepat menguap dan bakteri memiliki waktu yang lebih sedikit untuk memecah protein sehingga tidak menimbulkan bau badan. 

Begini cara menghilangkan bau badan 

Memiliki bau badan dan bau ketiak merupakan hal yang sangat diwaspadai karena dapat membuat Anda malu saat harus duduk di sebelah atau berada di tengah orang banyak dalam pertemuan penting. Selain itu, rasa percaya diri juga kerap menurun akibat kondisi tersebut. 

Semua orang dapat mengalami bau badan, entah tua maupun muda. Namun, orang yang sudah mengalami pubertas cenderung lebih berisiko mengalami bau badan. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Selain itu, bau badan juga rentan terjadi pada pria karena berkeringat lebih banyak daripada perempuan, orang yang menderita obesitas, orang yang mengonsumsi makanan pedas atau minuman tertentu yang menimbulkan aroma seperti bawang putih atau alkohol, dan orang yang memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes atau gagal ginjal

Tidak perlu khawatir apabila Anda mengalami bau badan. Terdapat beberapa cara yang dapat membantu Anda menghilangkan bau badan dengan mudah antara lain: 

1. Menjaga kebersihan 

Menghilangkan bau badan dapat dilakukan dengan mandi secara teratur, setidaknya satu kali sehari atau lebih saat cuaca sedang panas. Mandi dapat membasuh keringat dan mengurangi jumlah bakteri yang menempel di kulit. 

Membersihkan seluruh tubuh, terutama pada daerah yang sering mengeluarkan keringat dapat membantu Anda mengilangkan atau mengurangi badan. 

2. Menggunakan sabun antibakteri 

Untuk menghilangkan bau badan, Anda dapat menggunakan sabun antibakteri untuk memberishkan tubuh dan ketiak. Saat membeli sabun, carilah sabun yang pada kemasannya tertulis kata ‘antibakteri’.

3. Mengeringkan badan dengan benar 

Pastikan bahwa tubuh Anda benar-benar kering setelah mandi, terutama daerah yang berkeringat. Cara ini merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan bau badan yang penting untuk diketahui. Kulit yang sudah kering menyebabkan bakteri penyebab bau badan tidak dapat berkembang biak dengan baik. 

4. Memakai pakaian yang bersih 

Mencuci pakaian secara teratur dan menggunakan baju yang sesuai dengan aktivitas juga merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan. Gunakanlah pakaian dengan bahan alami, seperti katun, wol, dan sutra untuk aktivitas sehari-hari. 

Kulit dapat bernapas dengan mudah jika Anda memakai bahan tersebut. Saat berolahraga, disarankan untuk menggunakan bahan sistesis agar kelembapan kulit tetap terjaga. 

5. Batasi asupan makanan tertentu 

Anda perlu membatasi konsumsi makanan atau minuman yang berisiko menimbulkan bau badan, seperti kari dan bawang putih. Kedua makanan tersebut dapat menyebabkan keringat yang keluar dari tubuh Anda menjadi bau. 

6. Mencoba mengontrol stres 

Tanpa Anda sadari, kondisi stres ternyata mampu memicu munculnya keringat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mencoba beberapa teknik relasasi berikut untuk mengontrol emosi, seperti yoga, meditasi, atau terapi biofeedback (teknik untuk mengontrol detak jantung, tekanan darah, suhu kulit,dan fungsi alami tubuh yang lain). 

Selain itu, Anda juga dapat menghilangkan badan dengan beberapa cara alami berikut, yakni: 

  • Baking soda, bisa Anda gunakan sebagai pengganti deodoran karena mampu mentralkan asam dan basa, sehingga bau badan dapat dihilangkan secara alami. Baking soda juga tidak seperti antiperspirant lain yang akan meninggalkan noda pada pakaian. 
  • Cuka sari apel, menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Selain itu, cuka sari apel juga dapat digunakan untuk kondisi kolesterol tinggi, diabetes, dan jerawat. 
  • Minyak pohon teh, mampu menghilangkan bau badan secara alami. Tidak hanya itu, minyak ini juga dapat menghilangkan bau mulut, alergi kulit, jerawat, jamur kuku, dan kondisi medis lainnya. 

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Body odour (BO). NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/body-odour-bo/)
Why You Have Body Odor and How to Smell Sweeter. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/what-causes-body-odor-4154534)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app