Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Perawatan Tubuh

Penyebab Dan Cara Alami Untuk Menghilangkan Bau Badan

Update terakhir: NOV 12, 2019 Tinjau pada NOV 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 933.180 orang

Penyebab Dan Cara Alami Untuk Menghilangkan Bau Badan

Siapa sih yang suka dengan bau badan? Tentunya semua dari kamu pasti tidak suka mempunyai atau mencium bau badan bukan? 

Ya, masalah satu ini memang sangat mengganggu aktifitas kamu dan akan membuat kamu dan sekitarmu merasa tidak nyaman. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Walau sekarang banyak sekali merek-merek deodoran dan parfume (minyak wangi )yang katanya bisa meredakan bau badanmu, namun cara ini hanya mampu meredakan dan ‘mengalihkan’ saja, bukannya menghilangkan akar masalahnya yaitu bau badan itu sendiri. 

Disini khusus untuk kamu akan dibahas apa yang menyebabkan bau badan dan bagaimana cara-cara alami yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau badanmu dan mendapatkan kepercayaan dirimu kembali.

Penyebab bau badan

Bau badan dalam bahasa medisnya disebut juga Bromhidrosis. Bau badan ini sebenarnya ialah bau bakteri yang ada pada tubuh. Penyebab bau badan umunya adalah kelenjar keringat. Semua orang tentu memiliki kelenjar keringat. 

Biasanya keringat tidak memiliki bau. Tapi jika melekat terlalu lama pada kulit bahkan sampai berjam-jam akan menimbulkan masalah bau badan. 

Selama keringat menempel pada tubuh, bakteri-bakteri yang secara alamiah ada di kulit akan berkembang biak dengan cepat sehingga bau badan menjadi tidak sedap. 

Keringat sebenarnya dihasilkan oleh dua kelenjar penting yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine ialah tempat dimana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan semenjak kamu masih bayi, serta berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu terterntu dan umumnya beradai di tangan, punggung dan dahu. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sedangkan bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin dimana letaknya yang jauh di dalam kulit dan umumnya berada di bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak karena memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat. 

Kelenjar apokrin akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan dan ini menyebabkan bau badan timbul tidak sedap. 

Kelenjar apokrin sendiri baru akan aktif setelah kamu mencapai tahap pubertas sehingga tidak heran apabila bayi dan anak-anak umumnya tidak mengalami masalah bau badan.

Cara alami menghilangkan bau badan

Ternyata disekitar kita banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan loh. Mau tahu apa saja? Yuk langsung baca artikel dibawah ini

  • Daun Sirih
    Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih dipercaja sejak dahulu ampuh dalam membasmi masalah bau dan kesehatan.

    Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya yang kaya akan Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten.

    Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat baik dan bisa dipakai untuk ketiak dan organ intim kewanitaan.

    Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya ialah, merebus beberapa lembar daun sirih (3-5lembar) dengan 2 gelas air, lalu kamu bisa mencampurnya dengan air pada bak mandi kamu.

    Lakukanlah hal ini secara rutin atau satu minggu dua kali untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Daun Kemangi
    Daun yang identik dengan wanginya ini ternyata juga bisa menghilangkan bau badan di tubuhmu loh. Caranya pun mudah, kamu bisa memakan daun ini langsung sebagai lalapan, atau bila kamu tidak suka lalapan, kamu bisa menjadikannya sebagai teh.

    Caranya mudah, jemur daun kemangi sampai kering, tumbuk sampai halus lalu seduh dengan air panas dan jadilah teh kemangi homemade buatanmu. Mengkonsumsi daun kemangi secara rutin akan membantu bau badanmu menghilang selamanya.

  • Temulawak
    Ya bahan yang sering digunakan sebagai jamu-jamuan di Indonesia ini juga ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan bau badan tubuh kamu loh.

    Ini dikarenakan karena temulawak menganduk minyak aksirin dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dipercaya dapat mengatasi masalah bau badan.

    Caranya mudah hanya dengan memarut temulawak, berikan air sambil diperas lalu aplikasikan kepada bagian tubuh yang mudah berkeringat seperti ketiak.

    Selain itu, kamu juga dapat merebus temulawak, tambahkan dengan madu dan meminum airnya untuk hasil yang lebih maksimal. 

Nah untuk kamu yang mengalami masalah bau badan, yuk segera coba beberapa tips diatas dengan rutin dan teratur. Dijamin bau badanmu akan menghilang secara cepat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit