HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Cara Efektif Untuk Mengatasi Sakit Pada Tumit Anda

Dipublish tanggal: Mar 5, 2019 Update terakhir: Mar 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Efektif Untuk Mengatasi Sakit Pada Tumit Anda

Bila bicara soal tumit tentunya tulang satu ini merupakan tulang yang sangat penting dan salah satu tulang yang menunjang fungsi kaki setiap manusia baik untuk berjalan, berdiri, melompat, bergerak dan sebagainya. 

Tulang tumit memang merupakan tulang terbesar pada kaki karena fungsinya pun merupakan fungsi tulang terberat di kaki manusia yakni dalam menopang kegiatan kaki manusia. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lalu apakah kamu pernah merasakan sakit pada bagian tumitmu? Bila iya, mungkin karena kamu memakai sepatu yang tidak pas, atau karena kamu berjalan terlalu sering. 

Ya memang banyak faktor yang dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian tumit. Untuk itu disini kita akan sharing bagaimana caranya dalam mengatasi rasa sakit pada bagian tumitmu.

Faktor yang menyebabkan rasa sakit pada tumit

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi tumit yang sakit, ada baiknya kamu terlebih dahulu tahu mengenai apa apa saja yang menyebabkan rasa sakit pada tumitmu. 

Biasanya sakit pada tumit dapat terjadi adanya pengencangan atau sesuatu yang kurang beres pada bagian tulang, otot dan tendon kaki. Namun selain itu ada beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan sakit pada bagian tumit mu antara lain :

1. Plantar Fasciitis

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya peradangan pada jaringan tendon yang menghubungkan pangkal jari kaki dan tumit. Umunya kondisi plantar fasciitis ini lebih banyak terjadi pada para atlet dan individu yang menyukai kegiatan jogging dan berjalan kaki. 

Selain itu plantar fasciitis pun dapat terjadi ketika kamu memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukuranmu dan terlalu bermodel aneh sehingga mengganggu fungsi kerja tumitmu. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Taji Tulang Tumit

Keadaan taji tulang tumit merupakan keadaan dimana lapisan terluar pada tulang tumit terus tumbuh dengan permukaan yang kasar sehingga dapat melukai jaringan lainnya yang lebih lunak.

Biasanya taji tulang tumit lebih banyak terjadi pada orang dengan penyakit obesitas atau kelebihan kerat badan, pada atlet dang orang yang suka jogging maupun berjalan kaki. 

3. Peradangan Tendo Achilles

Peradangan ini dapat terjadi karena adanya peradangan pada jaringan ikat yang ada pada sepanjang bagian belakang tumit yang menghubungkan tumit dengan otot betis.

Kondisi satu ini biasa disebut juga dengan Achilles Tendinitis. Peradangan tendo achilles juga banyak terjadi pada atlet maupun penari yang banyak menggunakan tumitnya.

4. Pronasi Berlebihan

Ini merupakan suatu keadaan dimana kaki seseorang cenderung melengkung ke arah dalam dan menyebabkan ligamen dan tendon bagian belakang tumit akan mengalami peregangan yang terlalu banyak.

Bila kondisi ini tdak segera diobati maka dikhawatirkan akan membawa dampak pada bagian pinggul, lutut, tulang belakang dan mengganggu aktivitas orang tersebut dalam menggunakan kakinya seperti untuk berjalan.

5. Faktor Lainnya

Di faktor ini, banyak hal yang dapat menyebabkan rasa sakit pada tumit dan biasanya disebabkan oleh kerja tumit yang melebihin standardnya dimana kaki dipaksa untuk bergerak baik itu untuk berjalan, menari, berlari dan sebagainya tanpa diberikan waktu atau jeda istirahat yang cukup sehingga tumit kaki diforsir bekerja melebihi batas kemampuannya. Ini tentunya akan membuat tumit cepat atau lambat terasa sakit dan ngilu ketika digerakan. 

Bagaimana cara mengatasi rasa sakit pada tumit ?

Sebelum kamu memeriksakan dirimu ke dokter, bila terjadi rasa sakit atau ngilu pada bagian tumitmu, kamu bisa mencoba beberapa cara mudah dibawah ini seperti :

  • Mengisitirahatkan bagian tumitmu sebanyak mungkin dimana kamu menghentikan dulu beberapa aktifitas mu yang menggunakan kaki seperti berlari, menari, jogging dan sebagainya. Perbanyak selonjorkan kakimu sehingga kaki dapat bersantai.
  • Mengkompres air es atau es batu ke bagian tumitmu. Ini berfungsi untuk memberikan efek dingin sehingga mampu mengurangi rasa sakit di bagian tumit dan mengurangi pembengkakan pada tumit akibat terjadinya peradangan.
  • Menggunakan obat pereda rasa nyeri atau rasa sakit seperti obat Ibuprofen atau Aspirin
  • Menggunakan sandal atau sepatu yang memang cocok dengan ukuran kaki dan memiliki standard kesehatan yang baik. Perlu kamu ketahui sekarang ini cukup banyak toko sepatu yang menjual sepatu yang sehat dan baik untuk kesehatan tulangmu.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Heel Pain: Causes, Treatments, and Prevention. Healthline. (https://www.healthline.com/health/heel-pain)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app