Cara Mencerahkan Kulit

Walaupun bersifat alami, Anda harus memastikan dulu jika Anda tidak alergi dengan bahan-bahan tersebut. Berikut bahan-bahan alami yang dipercaya dapat menjaga kecerahan kulit Anda.
Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mencerahkan Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang akan langsung terkena paparan sinar matahari dan debu. Oleh sebab itu kulit sangat rentan mengalami perubahan warna. 

Banyak langkah yang digunakan untuk tetap menjaga kelembapan dan kecerahan warna kulit alami. Yang paling sering digunakan adalah dengan mengoleskan tabir surya di bagian kulit yang terkena paparan langsung sinar matahari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Kandungan radiasi UVA dan UVB pada sinar matahari dapat menyebabkan berkurangnya kecerahan kulit. 

Selain itu, Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan saat siang hari hendaknya menggunakan topi, baju lengan panjang dan kacamata hitam untuk mengurangi efek sinar matahari pada kulit. 

Namun, tahukah Anda? Banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kecerahan kulit Anda. 

Mencerahkan kulit dengan bahan-bahan alami

Mencerahkan kulit tak selalu dengan obat-obatan kimia dan bahan yang harus dibeli dengan harga yang mahal. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang biasa dijumpai di sekitar dengan mudah. 

Selain lebih aman karena bersifat alami, bahan-bahan alami tersebut juga tak sulit ditemukan. Walaupun bersifat alami, Anda harus memastikan dulu jika Anda tidak alergi dengan bahan-bahan tersebut. 

Berikut bahan-bahan alami yang dipercaya dapat menjaga kecerahan kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

1. Yogurt

Yogurt ternyata tak hanya memiliki manfaat untuk tubuh. Yogurt juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit Anda. Yogurt mengandung asam laktat yang memiliki sifat mencerahkan. 

Oleh sebab itu, yogurt dapat digunakan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit. Yogurt juga memiliki sifat yang mudah diterima dan cocok untuk semua jenis kulit

Penggunaan yogurt untuk mencerahkan kulit sangatlah mudah. Anda cukup mengoleskan yogurt pada kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung. 

Gosok perlahan saat mengoleskan yogurt pada kulit kemudian diamkan selama beberapa saat. Jika sudah cukup, basuh dengan air hangat hingga bersih. Anda dapat melakukan langkah mudah ini sehari sekali selama beberapa minggu. 

Anda pun dapat merasakan perubahannya setelah menggunakannya secara teratur. 

Langkah lain penggunaan yogurt untuk mencerahkan kulit adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan yogurt segar dengan setengah sendok makan madu. 

Iklan dari HonestDocs
Korean Whitening Infusion di Reface Clinic

Korean Whitening Infusion merupakan perawatan yang berguna untuk menjadikan kulit wajah dan tubuh menjadi lebih putih dan cerah

Korean whitening infusion di reface clinic

Kemudian oleskan adonan tersebut pada bagian wajah dan leher. Tunggu sampai 10 hingga 15 menit agar meresap, kemudian bilas dengan air hingga bersih. 

Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Madu

Madu merupakan bahan alami yang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Selain mencerahkan, madu juga dapat melembabkan kulit, terutama bagi jenis kulit kering

Kandungan antibakteri pada madu dapat membantu menyamarkan tanda penuaan dan luka bekas jerawat

Untuk membantu mencerahkan kulit, Anda cukup mengoleskan madu murni di wajah. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan madu meresap pada kulit wajah. 

Jika dirasa sudah cukup, bersihkan muka dari madu dengan air hangat. Masker madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati agar kulit terlihat lebih cerah dan segar. Perawatan ini baik dilakukan setiap hari saat menjelang tidur. 

3. Lemon

Bahan alami pencerah kulit lainnya adalah lemion. Lemon memiliki kandungan zat asam yang dapat mencerahkan kulit dan memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi membantu pertumbuhan sel baru. 

Lemon juga berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Mencerahkan kulit dengan lemon tidaklah sulit. Anda cukup memeras lemon dan celupkan kapas pada cairan lemon yang sudah diperas. Oleskan kapas tersebut pada wajah dan diamkan kurang lebih 1 jam. 

Anda juga bisa menggunakan irisan lemon pada bagian wajah yang terinfeksi atau luka, dan diamkan beberapa saat agar cairan lemon dapat merasuk ke dalam pori-pori kulit wajah. 

Jika sudah, basuh muka dengan menggunakan air hingga bersih. Anda bisa melakukannya sehari sekali. Perawatan ini selain untuk mencerahkan kulit juga untuk mencegah perkembangan luka di wajah.  

4. Timun 

Timun memiliki kandungan yang dapat mengikat kolagen agar kulit Anda tetap kencang dan kenyal. Timun juga memberikan efek dingin pada kulit sehingga sangat cocok pada semua jenis kulit. 

Penggunaan timun untuk mencerahkan kulit sangat mudah. Anda cukup mengiris timun menjadi beberapa bagian tipis, kemudian tempelkan pada bagian wajah yang gelap. 

Setelah beberapa saat, bersihkan kulit dengan air hangat. Langkah sederhana ini dapat dilakukan dua kali sehari. 


Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app