HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Memilih Masker Sesuai Jenis Kulit Anda

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 5, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Memilih Masker Sesuai Jenis Kulit Anda

Masker merupakan salah satu produk yang menjadi andalan bagi rutinitas perawatan wanita. 

Jika jaman dahulu masker hanya menggunakan bahan alami seperti putih telur atau lidah buaya, sekarang masker menggunakan berbagai bahan lainnya untuk memenuhi kebutuhan dan jenis kulit Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Biasanya dokter kecantikan akan menyarankan melakukan masker wajah minimal satu atau dua kali dalam seminggu. 

Sekarang Anda semakin mudah mendapatkan produk masker wajah, lantaran produk ini sudah banyak dijual di pasaran. Lalu bagaimana cara memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit? Yuk baca selengkapnya di bawah ini.

Perhatikan jenis kulit Anda ketika memilih masker wajah

Kulit wajah kusam

Kulit wajah kusam biasanya disebabkan karena munculnya komedo dan jerawat. Anda bisa menggunakan jenis masker exfoliate atau radiance mask untuk merawat kulit Anda. 

Exfoliator yang terkandung dalam masker berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sedangkan radiance mask berfungsi untuk mencerahkan wajah.

Anda juga bisa menggunakan peel off mask, karena masker tersebut juga berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati, komedo, dan minyak berlebih. 

Jika Anda mempunyai kulit kusam yang cenderung berminyak, memilih jenis masker berbahan lemon atau vitamin C adalah pilihan yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Kulit wajah kombinasi/berminyak dan berjerawat

Kulit wajah yang berjerawat biasanya lebih sensitif, sehingga Anda harus memilih jenis masker yang tidak mengandung bahan yang mampu menyumbat pori-pori kulit. 

Anda bisa mencoba menggunakan clay mask atau charcoal mask jika mempunyai jenis kulit berminyak dan berjerawat. Pasalnya clay mask mampu membersihkan dan menarik segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan masker bubuk, gel, peel off mask, atau sheet mask. Karena sheet mask berbahan dasar air sehingga dapat melembabkan kulit. 

Anda juga bisa mencoba masker yang mengandung jeruk nipis, karena jeruk nipis bersifat antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Kulit kering

Apabila Anda mempunyai jenis kulit kering, pilihlah masker yang berfungsi melembabkan. Beberapa jenis masker yang bisa Anda gunakan seperti, masker peel off mask, sheet mask, firming mask, masker minyak hangat, atau racikan masker sendiri dengan bahan buah-buahan. 

Hindari penggunaan jenis masker clay mask, karena masker tersebut dapat menyerap minyak alami tubuh yang akan membuat kulit Anda semakin kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

Peel off mask cocok digunakan untuk kulit kering karena jenis masker tersebut dapat mengencangkan kulit dan menstimulasi peredaran darah supaya lebih lancar. 

Sedangkan sheet mask mempunyai kandungan hyaluronic dan kafein yang berfungsi menghilangkan stres dan jerawat pada kulit. 

Kulit sensitif

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan masker. Kulit sensitif lebih mudah mengalami iritasi atau kemerahan pada kulit jika Anda salah menggunakan produk kecantikan kertenu. 

Sebaiknya gunakan masker krim yang mengandung mineral alami supaya mengurangi efek iritasi kulit

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker berbahan dasar teh seperti masker teh hijau, kombucha, atau purifying mask yang berguna sebagai pembersih alami dan mencegah iritasi pada kulit.

Kulit normal

Anda yang mempunyai jenis kulit normal tentunya lebih leluasa dalam memilih jenis masker. Pasalnya jenis kulit normal cocok menggunakan jenis masker apa saja, mulai dari sheet mask, clay mask, atau masker krim. 

Anda bisa mencoba semua jenis masker tersebut dan memilih jenis mana yang paling membuat Anda nyaman.

Dokter kecantikan akan menyarankan Anda untuk menggunakan masker krim. Masker jenis krim mempunyai kandungan emolien yang berguna menghaluskan kulit. Masker krim juga cocok jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang lembab dan terlihat awet muda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Homemade Face Masks for 6 Different Skin Conditions: Recipes & Use. Healthline. (https://www.healthline.com/health/homemade-face-masks)
Egg white face mask: Benefits and how to make one. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323602.php)
Expert Answers to Your Questions About Peels and Masks. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/peels-and-masks)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app