Perawatan Wajah

Tips Menggunakan Masker Wajah secara Tepat

Dipublish tanggal: Nov 20, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Menggunakan Masker Wajah secara Tepat

Memiliki wajah yang sehat dan cerah merupakan idaman setiap orang, terutama wanita. Untuk memiliki wajah seperti itu, diperlukan juga perawatan wajah termasuk penggunaan masker wajah. Salah satu jenis skincare tersebut memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah, termasuk mengurangi masalah wajah akibat paparan debu dan polusi penyebab jerawat atau kulit kasam pada wajah.

Apakah Anda menggunakan masker wajah sebagai produk rutin perawatan kulit wajah? Apabila iya, maka Anda perlu mencermati beberapa hal karena tidak semua orang mengaplikasikan masker secara tepat. Apabila masker tidak terpakai secara tepat, maka manfaat dari masker itu sendiri tidak akan bisa maksimal pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Tips Menggunakan Masker Wajah secara Tepat

Ketahui jenis dan tipe kulit wajah

Pemilihan masker wajah juga harus sesuai dengan kebutuhan kulit. Apakah Anda membutuhkan masker yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, masker untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi, atau masker untuk melembabkan kulit wajah. Hal tersebut akan membuat masker bekerja dengan tepat.

Selain itu, ada pula beberapa jenis masker wajah yang digunakan sesuai dengan tipe kulit wajah, misalnya peel off masker, masker untuk exfoliating atau mengangkat sel kulit mati, sheet mask, masker jelly, dan masker yang dioleskan lalu dicuci atau wash off masker. Masker untuk berbagai jenis kulit seperti kulit kering, kulit sensitif, dan kulit berminyak juga memiliki formula yang berbeda-beda.

Baca juga: Jenis Kulit dan Cara Perawatannya

Gunakan masker wajah 1-3 kali seminggu

Menurut seorang skincare expert, masker merupakan produk skincare yang hanya boleh digunakan pada skala mingguan dan bukan termasuk dalam produk perawatan harian. Masker dapat digunakan 1-3 kali dalam seminggu, tergantung dari kondisi kulit wajah yang dimiliki. Apabila Anda membutuhkan nutrisi kulit wajah lebih banyak, Anda bisa menggunakan masker hingga 3 kali seminggu. Hal ini juga akan membantu mencerahkan wajah Anda.

Membersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, Anda harus mencuci dan membersihkan wajah terlebih dahulu. Sebaiknya Anda mencuci muka dengan metode double cleansing atau metode pembersihan berulang sehingga wajah Anda benar-benar bersih. Hal ini bertujuan supaya masker  yang digunakan dapat bekerja secara efektif dalam menutrisi kulit. Apabila kulit wajah Anda kotor maka penggunaan masker akan menjadi kurang optimal.

Baca juga: Manfaat Double Cleansing pada Wajah

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Perhatikan lamanya penggunaan masker pada wajah

Setelah wajah sudah bersih, Anda bisa mulai menempelkan masker ke wajah sesuai petunjuk penggunaan. Biarkan masker menempel hingga mulai mengering dengan sendirinya, tetapi perlu diperhatikan juga waktu lamanya pemakaian dan tidak membiarkan masker terlalu cepat atau terlalu lama menempel pada wajah karena hal ini dapat memberikan efek yang kurang tepat bagi wajah.

Gunakan rangkaian skincare rutin setelah mengaplikasikan masker wajah

Setelah menggunakan masker sebagian bagian dari perawatan wajah, Anda bisa mengangkat atau membersihkan masker dari wajah dan dilanjutkan dengan menggunakan skincare rutin seperti penggunaan toner, serum, dan moisturizer atau pelembab. Khusus untuk sleeping mask, dapat digunakan untuk menggantikan moisturizer atau pelembab. Sleeping mask digunakan setelah Anda mengaplikasikan seluruh rangkaian skincare kemudian dibawa tidur dan dibersihkan pada keesokan harinya. 

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

Pastikan tangan atau kuas aplikator masker bersih

Anda bisa mengaplikasikan masker wajah dengan menggunakan kuas, spatula, maupun langsung dengan tangan. Alat-alat tersebut bisa digunakan, namun yang terpenting alat tersebut harus dalam keadaan bersih. Sebaiknya cuci terlebih dahulu tangan, kuas, maupun spatula sebelum digunakan karena apabila peralatan tersebut kotor maka kotoran dan kuman-kuman tersebut akan menempel dan berpindah ke kulit wajah serta beresiko menimbulkan jerawat pada wajah.

Jangan menggosok wajah dengan handuk

Setelah membilas wajah dengan air bersih, wajah Anda harus dikeringkan. Namun sebaiknya Anda menggunakan tisu untuk mengeringkannya, dan bukan dengan menggunakan handuk. Alasannya karena handuk memiliki tekstur yang keras dan kasar, sehingga jika Anda menggosok wajah terlalu keras menggunakan handuk, maka tekstur kulit wajah dapat menjadi kasar. Selain itu, apabila Anda menggosok wajah terlalu keras dapat menghilangkan khasiat masker yang baru saja digunakan.

Baca juga: Cara Menyimpan Produk Skincare dengan Benar

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Everything You Need To Know About Using Face Masks Properly. Women's Health Magazine Australia. (https://www.womenshealth.com.au/how-to-use-face-masks)
How to Use a Face Mask: Instructions to Apply and Remove. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-apply-a-face-mask-correctly)
Nilforoushzadeh MA, et al. (2018). Skin care and rejuvenation by cosmeceutical facial mask. DOI: (https://doi.org/10.1111/jocd.12730)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Mau Kulit Cerah Seperti Blackpink? Yuk Coba Masker Alami Ini
Mau Kulit Cerah Seperti Blackpink? Yuk Coba Masker Alami Ini

Dapatkan kulit cantik dengan mudah dengan menggunakan resep masker kulit alami

Ini Dia Hebatnya Manfaat Masker Madu Untuk Wajah dan Tubuh
Ini Dia Hebatnya Manfaat Masker Madu Untuk Wajah dan Tubuh

Madu mentah rata-rata masih mengandung bakteri baik sehingga efektif membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan peradangan kulit. Kandungan nutrisi dalam madu membuatnya memiliki banyak manfaat, dan salah satunya adalah ampuh menangkal paparan radikal bebas.

Buka di app