Cara Memilih Jenis Olahraga yang Paling Cocok untuk Anda

Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Memilih Jenis Olahraga yang Paling Cocok untuk Anda

Olahraga adalah salah satu kebutuhan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan saat berolahraga. Akan tetapi, Anda pasti bertanya olahraga apa yang cocok untuk Anda.

Sementara itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar jadwal olahraga yang Anda lakukan nantinya dapat berjalan lancar dan rutin serta mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut ini ulasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Ketahuilah Tujuan Anda Berolahraga

Sebelum membuat jadwal olahraga, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu apa tujuan Anda berolahraga. Seseorang melakukan olahraga dengan berbagai tujuan, diantaranya untuk kebugaran otot tertentu atau tubuh secara keseluruhan, untuk pemulihan setelah cedera, ataupun untuk menurunkan berat  badan.

Misalnya, Anda merasa sangat mudah lelah, bahkan naik tangga saja membuat Anda terengah-engah berlebihan. Olahraga untuk kondisi seperti itu adalah olahraga kardio seperti berlari, bersepeda, dan berenang. Olahraga kardio dapat meningkatkan kinerja jantung agar semakin kuat memompa darah ke seluruh tubuh.

Akan tetapi, jika Anda merasa sudah cukup kuat untuk kondisi seperti tersebut, namun bermasalah pada postur tubuh yang masih kurang memuaskan. Anda bisa melakukan olahraga yang lebih spesifik dan tujuannya ke pembentukan otot.

Pilih Jenis Olahraga yang Anda Sukai

Anda dapat memilih untuk melakukan aktivitas olahraga yang Anda sukai, yang tidak hanya bagus untuk Anda namun Anda menyukainya. Sebagian masalah terjadi ketika seseorang tidak menyukai olahraga tersebut, lalu dengan mudah mengakhirinya karena tidak dapat menikmatinya. 

Jika hal ini terjadi, maka jadwal olahraga akan berantakan dan banyak yang Anda kosongkan. Pada akhirnya tujuan yang Anda ingin dapatkan dari berolahraga tidak tercapai.

Jika Anda masih merasa kebingungan dalam menentukan olahraga apa yang cocok dengan Anda, cobalah untuk memikirkan ulang olahraga yang sering Anda lakukan dan Anda sukai saat masih kecil. Bisa saja itu adalah bermain basket atau bulu tangkis. Anda dapat mencoba untuk melakukannya kembali.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Pertimbangkan Waktu Olahraga

Waktu untuk berolahraga termasuk salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Kapan Anda bisa melakukannya, misalnya sebelum berangkat kerja atau setelah pulang kerja. dan seberapa lama waktu yang akan Anda habiskan untuk setiap kali melakukan olahraga. Hal tersebut nantinya akan berkaitan dengan lokasi olahraga Anda.

Jika Anda hanya memiliki waktu yang singkat untuk setiap sesi olahraga, sebaiknya untuk memilih tempat olahraga yang tidak jauh. Pilihlah tempat yang terjangkau bagi Anda. 

Kunci agar konsisten berolahraga adalah dengan selalu termotivasi untuk meluangkan waktu berolahraga, dan jadikan olahraga sebagai salah satu prioritas dalam hidup Anda.

Suka Olahraga Sendiri atau Bersama Teman-teman?

Hal ini perlu diperhatikan sebagai salah satu kunci kesuksesan olahraga Anda. Mungkin Anda bisa melakukan olahraga sendiri dengan teratur dan fokus. Maka lakukanlah olahraga sendiri secara teratur. 

Metode ini akan memudahkan Anda untuk mencapai target olahraga yang sudah Anda tentukan. Misalnya, Anda lebih suka bersepeda sendiri di setiap pagi. Maka, lakukanlah hal tersebut secara rutin.

Akan tetapi, bagi Anda yang tidak termotivasi untuk berolahraga secara sendiri, maka Anda dapat menjadwalkan waktu olahraga bersama teman Anda yang memiliki hobi olahraga yang sama. 

Jika Anda hanya ingin berolahraga bersama beberapa teman saja, maka Anda dapat melakukan olahraga tersebut di rumah yaitu dengan mengikuti gerakan senam dari video. 

Perlu diperhatikan untuk tetap  memilih video oleh instruktur senam yang terkualifikasi. Namun, jika Anda lebih menyukai olahraga bersama banyak teman baru, Anda dapat memilih berolahraga di gym atau zumba.

Sebagian orang akan lebih disiplin berolahraga jika memiliki kelas khusus olahraga rutin dengan komunitas. Untuk hal ini, Anda dapat mengikuti kelas-kelas di gym yang ada di sekitar Anda atau mengikuti olahraga rutin bersama komunitas. Jika Anda pecinta olahraga lari, untuk dapat memotivasi Anda untuk berolahraga, Anda dapat bergabung dalam komunitas lari.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
American Council on Exercise. (n.d.). Exercise library. (https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/exercise-library/)
Choosing the Right Sport for You (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/find-sports.html)
5 of the best exercises you can ever do. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/5-of-the-best-exercises-you-can-ever-do)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app