Kebiasaan Sehat

Cara Melindungi Kulit Dari Kerusakan

Untuk mencegah dan melindungi dari kerusakan, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini:
Update terakhir: Jan 20, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sedikit saja kerusakan yang terjadi pada kulit Anda, rasa khawatir dan panik akan langsung menyerang Anda. Berbagai cara dan perawatan untuk melindungi kulit dari kerusakan pastinya akan Anda lakukan. 

Memiliki kulit yang sehat dan halus merupakan hal yang penting. Meskipun demikian, terkadang perawatan dan beberapa cara merawat kulit agar tetap terlindungi masih kurang ampuh. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Oleh karena itu, Anda dapat melindungi kulit dengan beberapa cara yang tertulis dalam ulasan berikut ini. 

Melakukan berbagai cara untuk melindungi kulit dari kerusakan merupakan hal yang wajah. Ada pepatah yang berkata, mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Hal tersebut mungkin terdengar biasa saja, akan tetapi menjaga dan melindungi kulit sebelum untuk mencegah kerusakan yang bisa saja terjadi adalah hal yang penting. 

Biasanya orang akan menyesal ketika kulit sudah terlanjur rusak, kemudian berupaya untuk menjaga agar kulit tidak lagi mengalami kerusakan. 

Oleh karena itu, Untuk mencegah dan melindungi dari kerusakan, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini: 

  1. Hindari penggunaan air yang terlalu dingin maupun terlalu panas untuk memberihkan kulit Anda. Suhu air yang terlalu panas dan dingin justru akan membuat kulit Anda rusak. 
  2. Jangan berendam dalam air terlalu lama sampai kulit Anda mulai keriput. Hal tersebut membuat kulit Anda rentan terhadap kerusakan. 
  3. Stop penggunaan scrub yang terlalu kasar karena dapat melukai permukaan kulit Anda. 
  4. Jangan memakai pembesih wajah yang dapat mengakibatkan kulit kering dan menghilangkan kelembapan alami dari kulit Anda. 
  5. Hentikan penggunaan produk perawatan wajah yang menyebabkan iritasi. Selalu perhatikan kandungan yang ada dalam produk tersebut, hindarilah kandungan yang dapat merusak kulit Anda. 
  6. Jangan menggunakan AHA, BHA, retinol, atau produk untk mengobati jerawat secara berlebihan agar tidak menyebabkan iritasi. 
  7. Hindari paparan sinar matahri langsung yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada kulit. Gunakanlah tabir surya untuk mencegah kerusakan kulit kaibta sinar matahari. 

Cara mengembalikan kulit yang sudah terlanjur rusak 

Terkadang Anda baru akan melakukan berbagai cara untuk merawat dan melindungi kulit ketika kulit sudah mengalami kerusakan. Nah, dibawah ini terdapat beberapa cara untuk memperbaiki kulit yang terlanjur rusak. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Gunakan produk wajah yang sesuai 

Jika kulit Anda sudah terlanjur mengalami kerusakan, pilihlah produk perwatan kulit yang sifatnya menyembuhkan. Produk tersebut biasanya mengandung asam lemak, kolesterol, ceramides, asam hyaluronic, dan gliserin. 

2. Jangan menggunakan produk dengan wangi yang menyengat 

Produk perawatan kulit yang wangi memang sangat menarik perhatian. Terkadang banyak orang berpikir bahwa produk dengan wangi seperti itu dapat membantu menjaga dan melindungi kulit dari kerusakan. 

Namun, apabila wanginya terlalu menyengat, sebaiknya dihindari karena hanya akan membawa masalah bagi kulit. 

Pelembap dengan aroma lavender maupun produk perawatan kulit lainnya dengan aroma lavender, jeruk dan minta meningkatkan risiko kerusakan kulit. 

3. Pakai tabir surya 

Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung sangat berpotensi untuk mengalami kerusakan. Panas matahari mengakibatkan kulit kemerahan, terasa gatal, dan juga perubahan tekstur permukaan kulit. 

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kerusakan, gunakanlah tabir surya yang kaya akan antioksidan dan mengandung SPF 30 atau lebih. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apabila Anda tidak terbiasa menggunakannya, lihatlah petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk tabir surya yang Anda gunakan. 

4. Pakai retinol saat berjerawat 

Menggunakan AHA, BHA, dan retinol memang ada aturannya. Ketiga produk asam ini akan meyebabkan iritasi kulit apabila digunakan secara bersamaan, bahkan tidak memiliki manfaat bagi kulit. 

Untuk itu, Anda dapat menggunakan produk-produk perawatan kulit Anda pada saat yang berbeda agar terhindar dari pengelupasan maupun kemerahan pada kulit. 

Beberapa langkah diatas akan membantu Anda mencegah kulit dari kerusakan, membuat kulit menjadi lebih halus, lembut, dan tampak lebih mudah. 

Jangan malas untuk melakukan perawatan yang dapat mencegah dan melindungi kulit dari keruskan. Kulit merupakan hal pertama yang seringkali dilihat orang pada tubuh Anda. 

Oleh karena itu, kulit Anda yang sehat dan terawat akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit