Penanganan Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penanganan Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Ada banyak macam jenis kulit manusia, ada kulit normal, kulit kering, kulit sensitif dan kulit berminyak. Perawatan tiap kulit pun akan berbeda-beda tergantung pada jenis kulitnya. 

Untuk kulit normal mungkin tidak perlu perawatan yang terlalu ribet, berbeda dengan kulit yang sensitive dan kulit yang berminyak yang mungkin memerlukan perawatan khusus untuk mengatasinya. Inilah pentingnya mengetahui jenis kulit Anda agar Anda tahu perawatan apa yang terbaik untuk kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Siapa sih yang senang dengan kulit wajah yang berminyak dan berjerawat? Kulit yang berminyak dan berjerawat selain membuat risih dan membuat wajah terlihat kusam, keadaan ini juga akan mengurangi rasa percaya diri dan menggangu penampilan seseorang. 

Pada awalnya kulit yang berminyak jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan munculnya komedo bahkan jerawat. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kulit berminyak dan berjerawat seperti, pengaruh hormon, stress yang berlebihan, salah dalam pemilihan kosmetik atau produk kecantikan, pola hidup yang tidak sehat, cuaca, keturunan dan lain-lain.

Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting untuk dilakukan. Tidak hanya baik untuk tubuh, perawatan kulit yang baik juga dapat memperindah penampilan seseorang. 

Perawatan kulit yang baik, memilih kosmetik atau produk yang sesuai jenis kulit dan menjaga pola hidup sehat sangat dianjurkan bagi setiap orang. Khususnya untuk perawatan kulit berminyak dan kulit berjerawat. 

Penanganan Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

1. Bersihkan wajah Anda secara rutin

Cara merawat muka berjerawat paling penting adalah dengan rutin mencuci muka. Karena debu, polusi, sel kulit mati, dan sisa make up dapat menyumbat pori-pori kulit yang akan membuat kulit berminyak dan jerawat Anda sulit hilang. 

Jadi, setelah membersihkan make up menggunakan krim dan penyegar, lalu bersihkan muka Anda lagi dengan menggunakan sabun wajah agar kulit wajah Anda benar-benar terbebas dari sisa make up. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

2. Pastikan tangan Anda selalu bersih

Biasakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan ritual mempercantik kulit wajah, agar kuman dan bakteri yang terdapat di tangan terutama di sela kuku tidak akan berpindah ke kulit wajah Anda. Kuman yang terdapat pada tangan Anda dapat memperparah kulit yang berminyak dan jerawat. 

Jangan sekali-kali Anda menyentuh kulit wajah terutama bagian yang sedang berjerawat jika tangan Anda dalam kondisi kotor. Maka dari itu, ingatlah untuk mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan pastikan kuku Anda juga dibersihkan.

3. Pilihlah produk perawatan kulit atau wajah yang tepat

Pada saat membersihkan wajah, bagi Anda yang memakai sabun pembersih wajah, jangan menggunakan pembersih yang terlalu banyak busa. Carilah produk pembersih wajah yang dikhususkan untuk wajah berminyak dan berjerawat.

4. Bersihkan wajah dengan air hangat

Membersihkan wajah berminyak menggunakan air hangat akan membuka pori-pori wajah sehingga akan membuat minyak pada kulit berkurang secara signifikan. Selain dapat mengurangi minyak pada kulit hal ini juga dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit.

5. Terapkan pola hidup sehat

Gaya hidup sehat dapat Anda mulai dari minum air putih minimal 1 liter sehari, lebih banyak lebih bagus lagi. Lalu makanlah makanan yang sehat seperti sayur-mayur, biji-bijian, buah-buahan, dan ikan yang memiliki serat dan protein tinggi. 

Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang berminyak. Anda juga sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman yang manis apalagi jika mengandung soda. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin dan hindari hal apapun yang dapat memicu stress. Semua hal yang telah disebutkan ini dapat membantu mengurangi masalah pada kulit berminyak dan berjerawat.

6. Gunakan masker putih telur

Putih telur merupakan cara alami yang sangat ampuh untuk menghilangkan minyak diwajah secara permanen, putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo dan jerawat pada wajah dengan cepat.

7. Oleskan perasan air lemon

Jeruk lemon merupakan buah yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam air lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah dan kulit Anda, maka minyak di wajah akan berkurang.

8. Terapi es batu

Ada banyak manfaat es batu untuk kulit dan wajah. Selain bermanfaat untuk menghaluskan kulit, terapi es batu juga bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit dan dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Masih ada banyak lagi cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. Jagalah selalu kebersihan kulit Anda agar selalu terlihat menarik dan awet muda dan terhindar dari masalah kulit berminyak dan berjerawat. Dan mulailah menjalani pola hidup sehat. 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Viuda-Martos M, et al. (2008). Antibacterial activity of lemon (citrus lemon L.), mandarin (citrus reticulata L.), grapefruit (citrus paradise L.) and orange (citrus sinensis L.) essential oils [Abstract]. (http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1745-4565.2008.00131.x/abstract)
Oily skin: What causes it and what can you do about it? (n.d.). (http://www.acne.org/oily-skin.html)
Oakley A, et al. (2014). Sebum. (http://www.dermnetnz.org/topics/sebum/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Inilah Cara Memutihkan Wajah Anda di Dokter Kulit
Inilah Cara Memutihkan Wajah Anda di Dokter Kulit

Krim pemutih tidak sepenuhnya efektif dalam memutihkan wajah, namun Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini dengan konsultasi dahulu pada dokter kulit Anda.

Buka di app