Cara Efektif Memutihkan Kulit dengan Perawatan Dokter

Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Efektif Memutihkan Kulit dengan Perawatan Dokter

Pemutihan kulit, atau skin bleaching, adalah prosedur kosmetik yang dilakukan untuk memutihkan kulit yang lebih gelap atau mendapatkan warna kulit yang lebih putih.

Pemutihan kulit umum dilakukan untuk memperbaiki kekurangan penampilan seperti tanda lahir atau melasma (daerah yang gelap pada kulit).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Prosedur pemutihan kulit dilakukan dengan mengurangi konsentrasi atau produksi melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit dan membantu untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Teknik yang dilakukan untuk memutihkan kulit antara lain:

  • Chemical peels
  • Skin-lightening creams
  • Laser treatment

Mencoba prosedur pemutihan kulit adalah keputusan yang besar. Pemutihan kulit akan mahal, memakan waktu, dan hasilnya tidak bisa dipastikan.

Jika Anda masih bersikeras untuk melakukannya, pastikan Anda yakin dengan alasan melakukan prosedur ini dan jangan tergesa-gesa.

Merupakan ide yang bagus untuk mendiskusikan dengan dokter keluarga Anda. Dokter mungin ingin membicarakan apa alasan Anda ingin memutihkan kulit Anda, dan mungkin ada alasan medis kenapa prosedur pemutihan kulit ini tidak cocok untuk Anda.

Teknik pemutihan kulit bisa menyebabkan efek samping yang serius dan menyebabkan komplikasi. Orang-orang yang memiliki warna kulit yang lebih gelap biasanya memiliki risiko dan komplikasi ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Skin-lightening creams

Krim pemutih kulit yang kuat tersedia dengan resep dokter. Krim pemutih kulit ini biasanya mengandung satu atau kedua bahan medis berikut ini:

Produk yang mengandung kedua bahan tersebut tetapi tidak diresepkan oleh dokter telah dilarang di beberapa negara, karena kedua produk tersebut bisa menyebabkan efek samping yang serius bila digunakan secara sembarangan.

Produk yang mengandung bahan yang berpotensi berbahaya seperti merkuri juga dilarang.

Pastikan Anda mengecek bahan baku produk apapun sebelum Anda membelinya. Hindari produk tersebut jika mengandung hydroquinone, kortikosteroid, atau merkuri pada bahannya, atau jika tidak terdapat daftar bahan bakunya.

Banyak pemutih kulit lainnya yang mengandung bahan alami yang tersedia di toko online atau toko-toko lainnya tanpa resep. Produk ini biasanya sesuai hukum dan tidak memiliki potensi menjadi berbahaya bagi kulit, tetapi tidak ada kepastian apakah produk benar-benar bekerja atau tidak.

  • Cara menggunakan krim pemutihan kulit

Dokter Anda biasanya akan memberi petunjuk kepada Anda mengenai bagainama cara untuk menggunakan krim pemutihan kulit ini, caranya yaitu

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12
  • Gunakan secara rutin dua kali atau sekali sehari pada daerah kulit yang menghitam
  • Jangan biarkan krim mengenai kulit disekitar yang tidak ingin diputihkan atau terkena mata, mulut dan hidung.
  • Aplikasikan krim dengan cotton bud, atau cucilah tangan Anda sampai bersih sebelum dan sesudah mengaplikasikan krim.
  • Hindarkan dari menyentuhkan daerah yang diberi krim dengan kulit orang lain setidaknya selama beberapa jam setelah mengaplikasikan krim.
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sengatan sinar matahari.

Laser skin lightening

Laser juga bisa digunakan untuk mencerahkan daerah yang gelap atau sebagian bercak gelap pada kulit Anda. Laser bekerja dengan menghilangkan lapisan terluar kulit atau menghancurkan sel yang menghasilkan melanin.

Hasil dari pemutihan menggunakan laser cenderung menghasilkan hasil yang cukup bervariasi. Pemutihan ini mungkin berhasil untuk beberapa orang, sedangkan untuk orang lainnya tidak memberikan efek apapun, atau tercapai kulit putih yang hanya sementara.

Harga tiap sesi pemutihan dengan laser akan bervariasi untuk tiap dokter dan bergantung pada ukuran kulit yang ingin diputihkan, tingkat pemutihan yang diinginkan, dan peralatan yang digunakan. Beberapa sesi biasanya diperlukan untuk meningkatkan kemungkinan prosedur yang dilakukan agar efektif.

Dalam satu sesi:

  • Dokter akan memberikan kacamata khusus untuk melindungi mata Anda dari laser.
  • Alat laser kecil yang dioperasikan dengan tangan akan disinarkan ke kulit Anda, dan Anda akan merasa seperti terjepret oleh karet.
  • Udara dingin yang kencang akan dihembuskan ke kulit Anda agar kulit Anda tetap merasa dingin setelah proses laser.

Penyembuhan akan memakan waktu satu hingga dua minggu sejak pemutihan menggunakan laser. Anda mungkin perlu untuk izin dari pekerjaan Anda hingga penampilan kulit Anda bisa membaik.

Kulit Anda secara normal akan menjadi kemerahan dan bengkak untuk beberapa hari, dan akan memar atau keras selama seminggu atau dua minggu.

Dalam beberapa minggu, kulit Anda akan menjadi lebih cerah warnanya. Kulit Anda juga akan menjadi sensitif terhadap cahaya matahari selama enam bulan.

41 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hyperpigmentation: Treatment, types, and causes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323808.php)
Removing Sunspots on Face: Treatment and At-Home Remedies. Healthline. (https://www.healthline.com/health/sunspots-on-face)
How to Get Rid of Dark Spots on the Face. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Berapa Lama Efek Memutihkan Gigi di Dokter Bisa Bertahan?
Berapa Lama Efek Memutihkan Gigi di Dokter Bisa Bertahan?

Efek pemutihan diperkirakan berlangsung hingga tiga tahun. Namun, efeknya akan berbeda dari orang ke orang. Efeknya cenderung akan menghilang lebih cepat jika Anda merokok, makan atau minum produk yang dapat menodai gigi. Mintalah pendapat dokter gigi Anda sebelum Anda memulai perawatan.

Inilah Cara Memutihkan Wajah Anda di Dokter Kulit
Inilah Cara Memutihkan Wajah Anda di Dokter Kulit

Krim pemutih tidak sepenuhnya efektif dalam memutihkan wajah, namun Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini dengan konsultasi dahulu pada dokter kulit Anda.

Buka di app