Kesehatan Mulut dan Gigi

Apakah Odol Pemutih Benar Memutihkan Gigi?

Dipublish tanggal: Feb 23, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apakah Odol Pemutih Benar Memutihkan Gigi?

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang putih cemerlang? Bayangkan apa yang terjadi jika seseorang yang berwajah cantik tetapi memiliki gigi yang berwarna kuning pekat? Tentu kecantikannya akan berkurang bukan? Banyak solusi yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi, salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi pemutih. 

Tentu Anda sering melihat iklan di TV tentang bagaimana penggunaan suatu produk secara rutin dapat mengubah warna gigi Anda. Hal ini kurang begitu tepat. Mengapa? Jika Anda penasaran, mari di simak artikel yang satu ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana pasta gigi pemutih bekerja?

Pasta gigi pemutih memang efektif untuk menghilangkan noda dari permukaan gigi, tetapi mereka tidak dapat mengubah warna gigi alami menjadi warna gigi putih seperti yang Anda lihat di televisi. 

Noda yang berasal dari soda, kopi, atau rokok mungkin dapat dibersihkan dengan penggunaan pasta gigi pemutih yang berkualitas secara teratur. Namun, jika perubahan warna yang Anda harapkan lebih dari warna alami gigi Anda, mungkin pasta gigi pemutih bukan lah jawabannya.

Memahami bahan aktif yang digunakan untuk memutihkan gigi serta perbedaan antara berbagai produk akan membantu Anda memilih perawatan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berapa lama pasta gigi pemutih akan memperlihatkan hasil?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pasta gigi pemutih akan memperlihatkan hasil Jika noda pada gigi Anda berasal dari minuman atau kebiasaan gaya hidup lainnya. Untuk kasus-kasus seperti ini, pasta gigi pemutih dapat membantu Anda menghapus perubahan warna yang terjadi akibat gaya hidup tersebut sebelum menjadi bagian permanen dari senyuman Anda. 

Namun,hal ini pun biasanya membutuhkan waktu antara dua hingga enam minggu dengan penggunaan reguler. Jika Anda menginginkan tampilan lebih putih pada pemakaian pertama, hal ini mustahil dilakukan dengan penggunaan pasta gigi pemutih.

Carilah pasta gigi pemutih yang mengandung covarine biru. Bahan kimia ini mengurangi penampilan kuning pada permukaan gigi. Hasilnya segera terasa, meskipun tidak tahan lama seperti metode pemutihan gigi lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hasil pemutihan jangka panjang

Pasta gigi dirancang untuk aplikasi reguler setidaknya dua kali sehari. Untuk hasil terbaik, pengguna harus menyikat setiap hari dengan produk ini selama beberapa minggu. 

Produk yang tidak mengandung covarine biru masih dapat menghasilkan hasil yang mengesankan. Namun, penting bagi pengguna untuk memahami bahwa gigi tidak akan putih seketika setelah penyikatan pertama.

Pasta gigi pemutih akan bekerja dengan optimal jika dikombinasikan dengan abrasive yang memoles gigi dan bahan kimia yang memecah noda. Abrasive umum yang ditemukan dalam pasta gigi pemutih meliputi:

Pasta gigi pemutih juga dapat mengandung karbamid peroksida atau hidrogen peroksida yang dapat membantu memutihkan gigi. Karbamid peroksida bekerja lebih cepat, tetapi bahan-bahan ini akan menghasilkan perubahan warna keseluruhan yang sama selama dua minggu.

Saat Anda membeli pasta gigi pemutih, penting untuk memastikan Anda memilih produk yang aman. Belilah produk-produk yang sudah bermerk dan diakui sejak lama. Produk-produk yang sudah terpercaya sudah dievaluasi secara menyeluruh, menunjukkan keamanan dan keampuhan mereka.

Tetapi walaupun Anda menggunakan produk-produk bermerk yang sudah dipercaya masyarakat, penting untuk memahami bahwa tidak ada pemutihan atau produk pemutih tanpa risiko. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Masalah yang paling umum dengan pasta gigi pemutih dan produk sejenis lainnya adalah iritasi ringan pada gusi dan mulut. Anda mungkin juga mengalami peningkatan sensitivitas gigi.

Penting untuk dicatat bahwa pasta gigi pemutih bekerja dengan mengikis lapisan gigi untuk memberikan hasil yang optimal, oleh karena itu, mekanisme ini selain efektif menggosok noda permukaan, mereka juga dapat membuat lapisan gigi yang disebut enamel menjadi tipis. 

Saat enamel hilang, Anda akan melihat lebih banyak dentin di bawahnya, yang sering mengalami perubahan warna. Sehingga warna gigi yang Anda harapkan menjadi putih, malah akan lebih menguning dan lebih sulit untuk dibersihkan.

Jika Anda tidak puas dengan efek pasta gigi pemutih, tanyakan dokter gigi atau ahli kesehatan gigi Anda tentang pilihan pemutihan gigi lainnya - seperti produk pemutih gigi yang dijual bebas atau menggunakan jasa profesional untuk memutihkan gigi Anda.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How do whitening toothpastes work?. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/qa/how-do-whitening-toothpastes-work)
Toothpaste Options: Fluoride Toothpaste, Whitening Toothpaste, Tartar Control Toothpaste, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/weighing-your-toothpaste-options#1)
The 5 Best Whitening Toothpastes 2019. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/best-whitening-toothpaste)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Berapa Lama Efek Memutihkan Gigi di Dokter Bisa Bertahan?
Berapa Lama Efek Memutihkan Gigi di Dokter Bisa Bertahan?

Efek pemutihan diperkirakan berlangsung hingga tiga tahun. Namun, efeknya akan berbeda dari orang ke orang. Efeknya cenderung akan menghilang lebih cepat jika Anda merokok, makan atau minum produk yang dapat menodai gigi. Mintalah pendapat dokter gigi Anda sebelum Anda memulai perawatan.

Buka di app